Ciri Ciri Ikan Kakap

ikan kakap jenis ikan yagng populer di indonesia, keberadaan ikan kakap tersebar di seluruh perairan indonesia. Selain hiduop di karang, ikan kakap juga bisa hidup dengan dasar lumpur dan pasir, Ikan kakap merupakan jenis ikan demersal.
ikan kakap
ikan kakap 

Ciri Umum Ikan Kakap

Ciri umum dari Ikan kakap adalah ikan ini Mempunyai Harga ekonomis yang cukup tinggi, dimana untuk perkilo harga ikan kakap mempunyai harga kisaran 60 ribu perkilo sampai 80 ribu perkilo. Dan Ikan kakap Biasanya per ekor miimal mempunyai berat 1,5 kilogram.

Ciri Bentuk Tubuh Ikan Kakap

Ikan Kakap mempunyai bentuk tubuh bulat pipih dan memanjang. Terdapat sirip di perutnya dengan bagian punggung anal.

Tubuh Ikan Kakap juga gepeng atau lonjong, kepala cembung atau sedikit cekung. Jenis ikan iniumumnya bermulut lebar dan agak menjorok ke muka, gigi konikel pada taring taringnya tersusun dalam satu atau dua baris dengan serangkaian gigi canin-nya yang berada pada bagian depan.

Ciri ciri Lainnya Ikan kakap

  • Ikan kakap mengalami pembesaran dengan bentuk segitiga maupun bentuk “V” atau tanpa penambahan pada bagian ujung maupun penajaman.
  • Bagian bawah penutup insang yang bergerigi dengan ujung berbentuk tonjolan yang tajam.
  • Sirip punggung dan sirip dubur ikan kakap terdiri dari jari jari keras dan jari-jari lunak.
  • Sirip punggung ikan kakap umumnya ada yang berlekuk dan berkesinambungan antara bagian yang berduri keras dan bagian yang berduri lunak.
  • Batas belakang ekor ikan kakap agak cekung dengan kedua ujung sedikit tumpul.
  • Ikan kakap merah memiliki bagian bawah penutup insang yang berduri kuat dan bagian atas penutup insang terdapat cuping bergerigi.

Ciri Klasifikasi Ikan Kakap

Menurut Weber dan De Beaufort (1929) serta Saanin (1968), klasifikasi ikan kakap adalah sebagai berikut :

Phylum                 : Chordata
Class                     : Pisces
Ordo                     : Percomorphi
Sub Ordo             : Percoidea
Family                  : Ikan kakap (Lutjanidae)
Sub Family           : Lutjaninae
Genus                   : Lutjanus

Spesies                 : Lutjanus boutton (Lacepede, 1802)

Ciri pertumbuhan Ikan Kakap

Pertumbuhan dari kakap pada awal hidipnya cukup cepat antara 1-2 tahun umurnya, kemudian diatas 2 tahun sudah mulai melambat kembali. Umur maksimum berkisar 30 tahun dan dikategorikan sebagai ikan yang berumur panjang, serta pajang disaat matang gonad adalah 535 mm.

Kebiasaan Makan Ikan Kakap

Kebiasan makan dari ikan kakap aktif pada siang dan malam hari, kakap dikatogorikan sebabagi ikan predator (karnivora) namun pada ukuran juvenile memakan fotoplankton dan tumbuhan mikroskopis.

Pertumbuhan Ikan Kakap

Rekruitmen sering terganggu oleh aktifitas penangkapan, pemangsaan pada saat juvenile, parasit dan kerusakan ekosistem karang sebagai habitatnya.

Pemijahan kakap di daerah tropis terjadi sepanjang tahun puncak maksimum musim panas, sedangkan pada daerah subtropis pemijahan hanya terjadi pada musim panas dan musim semi.

Demikian Ciri ciri Ikan KakapSemoga Informasi yang Sedikit Ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close