Konsep Negara Maritim

Konsep Negara Maritim - Negara Maritim adalah suatu negara yang berada di dalam teritorial suatu laut yang luas, dan indonesia bisa di katakan sebagai negara maritim. Sedangkan Konsep dari Negara maritim adalah suatu konsep di mana negara dalam hal ini indonesia mampu memanfaatkan semua potesnsi laut baik itu perikanan, kelautan, pertambambangan, wisata bahari bahkan pertahanan negara. semua Pengelolahan tersebut bermuara pada kesejahteraan rakyat dan memakmurkan sebuah bangsa dan negara.

Dalam menjalankan konsep tersebut maka Kementrian kelautan dan perikanan indonesia terus melakukan perbaikan diri guna menuju kemandirian di bidang perikanan. Dengan potensi yang belum tergali semuanya untuk kesejahteraan rakyat maka KKP akan berupaaya dalam mendukung Konsep negara Maritim.


Kebijakan bu menteri sekarang sudah mulai terasa apa lagi kalau diikuti oleh kementrian2 yang lain. Seharusnya semua pembangun yang dibawah pemerintah jokowi, semua untuk membantu dan berorentasi ke sektor kelautan dan perikanan.
Konsep Negara Maritim

Konsep Negara Maritim 

Kita sudah terlalu dibuai dengan istilah negara agraria padahal kita ini adalah negara kemaritiman dan negara kepulauan. Arti dan pengertian negara maritim sangatlah banyak dan di antaranya adalah :
- Negara maritim adalah negara yang terdiri dari pulau pulau
- Negara maritim adalah negara yang terdiri dari masyarakat yang bekerja di laut dan pesisir.
- Negara maritim adalah negara yang dikelilingi oleh laut dan perairan

Di lihat dari arti tentang negara maritim maka indonesia sudah termasuk dalam kesemua arti negara maritim

Untuk menjadikan indonesia sebagai negara yang benar benar marttim maka di perlukan suatu konsep dan rencana besar. Perlu ada perbaikan yang terkonsep untuk menjadikan indoneaia sebagai poros maritim.

Lalu apakah kita sudah menjadi poros maritim dunia. Saya rasa kita belum 20 persen menjadi negara maritim. Kita bisa melihat dari aktifitas perdagangan. Untuk perdagangan lewat pelabuhan masih terkonsentrasi di 3 pelabuhan yang ada di jawa. Belum lagi untuk indek perdagangan dengan negara lain , peranan indonesia dengan kemaritiman masih kalah dengan singapura dan malaysia

Belum lagi yang paling parah adalah sektor industri garam. Bagaimana mungkin sebuah negara dengan garis pantai terpanjang no 4 di dunia harus kekurangan garam dan menjadikan impor sebagai solusinya.

Adapun prinsip-prinsip penataan ruang untuk konsep negara maritim diantanya :

• Penataan ruang wilayah pesisir perlu menetapkan batas-batas daerah pengembangan di lautan dengan prinsip menjamin pemanfaataan yang berkelanjutan.Masyarakat pesisir khususnya nelayan di orientasikan untuk menjadi nelayan yang modern.

• Penetapan batas-batas daerah lautan seyogyanya tidak menutup kemungkinan pemanfaatan sumber daya yang berada dalam batas-batas daerah laut oleh masyarakat yang berasal dari wilayah lain diluar batas daerah laut tersebut.  Masalah perbatasan dengan negaralain pun harus segera di putuskan. Kita harus berani mengusir setiap apapun yang masuk ke indonesia dengan illegal.

• Perlindungan terhadap habitat yang sensitif dari berbagai aktivitas yang merusak, baik sebagai akibat dari interaksi manusia dengan alam maupun interaksi dalam alam itu sendiri. Salah satunya dengan melarang alat tangkap ikan yang merusak, membuang limbah di laut dan hal lain yang bisa menjadikan laut kita rusak dan tercemar.

• Mengakomodasi berbagai kepentingan yang berbeda dalam satu daerah pantai dan pesisir secara bersinergi satu dengan lainnya, tanpa ada satu pihak yang dirugikan.Pemerintah harus hadir sebagai pemberi solusi dan selalu mementingkan masyarakat banyak.

• Memungkinkan dibuatnya zona ‘ sanctuary, khususnya untuk daerah laut yag harus dilindungi, terutama bagi ekosistem yang memiliki dampak luas dan penting bagi ekosistem laut lainnya. Pengawasan pelu di tingkatkan


• Memberi kesempatan pemulihan area yang telah rusak.zona konservasi kembali di kembangkan. Zona ekonomi pun di buat tanpa harus merusak ekosistem dan area perairan.

 Lebih Mengenal Istilah Maritim.

Maritim asal menurut bahasa inggris yaitu maritime, yg berarti navigasi, menurut kata ini lalu lahirlah istilah maritime power  yaitu negara dengan kekuatan maritim atau negara menggunakan kekuatan yg bebasis pada bahari. Masih pada bahasa Inggris, istilah yang dipakai buat menerangkan sifat atau kualitas yg menyatakan penguasaan terhadap laut merupakan seapower. Sementara, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, maritim diartikan menjadi hal yang berkenaan menggunakan bahari, terutama hal yg herbi pelayaran dan perdagangan pada bahari.


Dari istilah seapower tadi, Istilah maritim sering mengandung unsur bermakna ganda. Terdapat 2 versi buat pengertian ini : maritim dalam pengertian sempit yg hanya berhubungan dengan efek & bahari (angkatan bahari) atau maritim pada arti yg seluas-luasnya yg meliputi seluruh aktivitas yang berafiliasi dan berkenaan menggunakan bahari atau lebih acapkali disinggung dengan istilah kelautan.

Jika ditinjau dari sisi rapikan bahasa, kelautan merupakan istilah benda, sedangkan maritim adalah adjektiva. Dengan demikian, bila kita ingin menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang wajib  memanfaatkan potensi lautnya, cita rasanya penggunaan kata maritim akan lebih sempurna. Indonesia terus mengembangkan diri untuk menjadi negara maritim, bukan hanya negara agraria ataupun kelautan. Argumentasi adan alasannya adalah, indopnesia negara maritim merupakan negara yg memiliki sifat memanfaatkan potensi laut buat kemakmuran negaranya, sedangkan negara kelautan lebih menunjukkan syarat fisiknya saja, yaitu negara yg berhubungan, dekat menggunakan atau terdiri dari bahari.sudah saat nya kita berorientasi menuju konsep negara maritim


Konsep Negara Maritim 



Related Posts:

0 Response to " Konsep Negara Maritim "

Posting Komentar