Konsep Poros Maritim Dunia

Konsep Poros Maritim Dunia - Alasan tercetusnya Konsep Poros Maritim dunia Karena Indonesia Adalah salah satu negara maritim yang besar dan mempunyai timur memiliki banyak sejarah kemaritiman yang sangat panjang Selain Itu Sumber daya Ikan di Indonesia sangat memungkinkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sumber daya alam yang meliputi keindahan alam. Selain alam yang indah , potensi Indonesia sebagai poros maritim dunia bisa di mulai dari wilayah Indonesia timur.seperti kita  ketahui bersama bahwa di wilayah indonesia timur juga memiliki sumber daya perikanan yang melimpah.

kedua faktor inilah selain faktor perdagangan bahwa indonesia timur siap untuk konsep percontohan poros maritime Poros maritim seharusnya bukan hanya jargon tetapi lebih kepada realitas dan kemauan yang menggebu untuk menjadi Indonesia sebagai sebenar benarnya Negara Maritim.

Apalagi indonesia timur memiliki ribuan pulau kecil. Apabila pulau 2 kecil ini diberi fasilitas pelabuhan2 kecil maka konektivitas antar pulau bisa tersambung. Jalur kemaritiman akan sedikit terbuka.
Konsep Poros Maritim

Kita ambil contoh di ambon maka dengan sendiri nya konektivitas disekitar ambon akan mendukung peranan ambon sebagai objek percontohan.

Konsep Poros Maritim

Dalam hal konsep memang diharapkan setiap pemangku kepentingan ikut terlibat didalamnya. Perananan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan swasta harus selalu sejalan dan menjadikan konsep tersebut terealisasi. Kementrian - kementrian yang terkait juga harus mengagendakan bahwa program go maritime, go east adalah program utama.

9(Sembilan) agenda prioritas acara Nawacita  inti adalah sebagai berikut:

1. Menghadirkan kembali negara buat melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada semua rakyat negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yg terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yg dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

2. Membuat pemerintah selalu hadir menggunakan dan membangun rapikan kelola pemerintahan yg bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, menggunakan memberikan prioritas dalam upaya memulihkan kepercayaan  publik dalam institusi-institusi demokrasi menggunakan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan forum perwakilan. Perlunya keterbukaan dalam pemerintahan dan pro kebijakan rakyat.

3. Membangun Indonesia berdasarkan pinggiran wilayah ,menggunakan memperkuat daerah-daerah dan desa pada kerangka negara kesatuan. Pengembangan insfrastruktur perbatasan dengan membuat kota ekonomi yang kuat. Dan perpindahan penduduk di perbatasan agar mereka kuat secara jumlah dan pembangunan.

4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yg bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

5.Meningkatkan kualitas hayati manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan & pelatihan dengan acara Indonesia Pintar; dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menggunakan acara Indonesia Kerja & Indonesia Sejahtera menggunakan mendorong land reform & program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program tempat tinggal   kampung deret atau rumah susun murah yg disubsidi dan agunan sosial buat warga  di tahun 2019.

6. Meningkatkan produktivitas masyarakat dan daya saing pada pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju & bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan balik  kurikulum pendidikan nasional menggunakan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pedagogi sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme & cinta Tanah Air, semangat bela negara & budi pekerti di pada kurikulum pendidikan Indonesia.

9. Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan membangun ruang-ruang dialog antar warga.

Sembilan acara itu disebut Nawa Cita. Program ini digagas buat menerangkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta berdikari pada bidang ekonomi & berkepribadian pada kebudayaan.

Apa itu poros maritim?

Ini konsep keunggulan geo strategis berbasis kekayaan laut. Jalesveva jayamahe. Di laut kita jaya!.  Indonesia negara maritim terbesar pada dunia. Sektor kelautan mampu menghasilkan 1/4 APBN setara lima ratus triliun. Namun belum dikelola menggunakan baik & optimal.

Untuk Menerapkan Konsep sebagai Poros maritim maka di perlukan pemahaman yang sama tentang arti dari poros maritim itu sendiri.


Visi dan misi disatukan agar kedepan bangsa kita terdepan di hal kelautan, perikanan , pelayaran dan kemaritiman.

5 Pilar Utama Poros Maritim Dunia

Pertama, Indonesia аkаn membangun kembali budaya maritim Indonesia. Sеbаgаі negara уаng terdiri dаrі 17 ribu pulau, bangsa Indonesia harus menyadari dan melihat dirinya ѕеbаgаі bangsa уаng identitasnya, kemakmurannya, dan masa depannya, ѕаngаt ditentukan оlеh bаgаіmаnа mengelola samudera.

Kedua, kаmі аkаn menjaga dan mengelola sumber daya laut, dеngаn fokus membangun kedaulatan pangan laut, mеlаluі pengembangan industri perikanan, dеngаn menempatkan nelayan ѕеbаgаі pilar utama. Kekayaan maritim kаmі аkаn digunakan sebesar-sebesarnya untuk kepentingan rakyat kami

Ketiga, Indonesia јugа аkаn memberi prioritas pada pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, dеngаn membangun tol laut, deep seaport, logistik, industri perkapalan, serta pariwisata maritim.

Keempat, mеlаluі diplomasi maritim, dirinya рun mengajak ѕеmuа mitra-mitra Indonesia untuk bekerja ѕаmа dі bidang kelautan ini.

Bersama-sama kita harus menghilangkan sumber konflik dі laut, seperti pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, sengketa wilayah, perompakan, dan pencemaran laut. Laut harus menyatukan, bukan memisahkan, kita semua

Kelima, ѕеbаgаі negara maritim уаng menjadi titik tumpu dua samudera, Negara Indonesia memiliki kewajiban untuk membangun kekuatan pertahanan maritim. 

Wajib  dibangun armada dan keterampilan serta sentra industri pengolahan & perdagangan berbasis komunitas kelautan pada sedikitnya sepuluh wilayah (zona) maritim. Serta sebagai Penyokong lalu lintas di laut yang aman maka indonesia akan berinovasi agar negara menjadi kuat dengan tidak adanya pelangggaran pelanggaran di laut.

Alasan tercetusnya Konsep Poros Maritim Dunia Karena dengan mengenal bahwa indonesia adalah negara maritim dan jati diri bangsa indonesia adalah seorang yang ahli di lautan.

Lima Pilar Utama Poros Maritim dunia inilah yang menjadi nilai Tawar agar Negara indonesia bisa di sokong dari ekonomi yang di dapat dengan pengelolaan sumber daya laut dan kemaritiman.

Belum ada Komentar untuk "Konsep Poros Maritim Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close