Ciri Ciri Ikan Keting

Keting merupakan ikan yang memiliki nilai ekonomis di beberapa daerah, dan secara morfologis termasuk kelompok ikan bersungut (catfish) dari Ordo Siluriformes dan Famili Bagridae. Keting memiliki beberapa nama lokal sesuai daerah ditemukannya, yaitu ikan keting, ingir-ingir, dengan nama umum twospot catfish. Habitat ikan keting ditemukan dalam jumlah besar di sungai arus lambat dengan substrat berlumpur. 

Ikan Keting
Ikan Keting

Untuk kawasan Asia, Froese & Pauly (2021) menyebutkan bahwa ikan keting tersebar di Indonesia, Malaysia, dan Daerah Aliran Sungai Mekong (Mekong basin). Di Indonesia, penyebarannya diketahui berasal dari Sumatra Selatan (Sekumpang) dan sejumlah drainase di Pulau Jawa (Bengawan Solo, Cimanuk, Citanduy, Ciujung, Kali Brantas) (Ng 2002). Kottelat et al. (1993) juga melaporkan penyebaran ikan keting di paparan sunda dan Thailand.

MORFOLOGI DAN FISIOLOGI IKAN KETINGA

Kelompok ikan marga Mystus sangat beragam dan terdiri dari ikan berukuran kecil dan sedang. Sistematika kelompok ini belum stabil dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Hubungan filogenetik dalam genus ini tidak diketahui dengan jelas, meskipun diduga ada dua hubungan utama. Namun, pada tahun 2005, nama belakang itu mungkin bersifat parafiletik.

Kelompok ikan keting dari genus Mystus sangat beragam dan terdiri dari berbagai jenis ikan, baik yang berukuran kecil maupun sedang. Sistematika kelompok ikan ini sendiri belum stabil dan tentunya membutuhkan penelitian lebih lanjut. Banyak pemancing yang membenci dan membenci ikan ini, terutama saat berburu barramundi atau barramundi.

HABITAT DAN KARAKTERISTIK IKAN

Klan Mystus mungkin berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Dahulu marga ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Macrones yang sudah tidak digunakan lagi karena sebelumnya digunakan sebagai nama genus kumbang (Coleoptera).

Jantan memiliki beberapa ciri antara lain 3 patela atau duri, serta memiliki janggut, kulit halus, dan sangat licin sehingga tidak ada sisik. Sepintas sulur ikan ini menyerupai ikan setengah lidah, namun ukurannya lebih kecil dan memiliki ekor dengan 2 cabang. 

Baca Juga;


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Ikan Keting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close