Ikan Kurisi Merah

Salah satu jenis ikan yang menjadi komoditas di pasaran adalah ikan kurisi merah. Ikan Kurisi biasanya tertangkap dengan mengggunakan pancing atau jaring dan jenis ikan ini sangat banyak di perairan indonesia.

Kurisi Merah

Kurisi merah atau Celebes Threadfin Bream berwarna indah berkilauan saat baru diangkat dari dalam laut. Tubuh ikan kurisi merah ini berukuran kecil dengan panjang berkisar antara 15 hingga 22 cm. 
Kepala dan tubuh bagian atas ikan kurisi berwarna merah jambu (pink), bagian perut berwarna putih metalik pucat, sisik pada bagian gurat sisi memantulkan cahaya berwarna merah dan ungu.

Di bawah gurat sisi ikan kurisi merah terdapat garis tebal memanjang berwarna kuning keemasan. Garis keemasan ini diapit oleh garis tebal berwarna abu-abu perak. 

Sirip dadanya memanjang dan meruncing. Mata bulat bagian tengahnya berwarna hitam, dikelilingi bagian luar berwarna kuning keemasan.

Garis berwarna keemasan juga terdapat di bawah mata. Garis keemasan tipis juga ditemukan pada setiap empat baris sisik di bawah gurat sisi. Ekor ikan kurisi merah menggarpu dengan ujung ekor atas membulat tanpa filamen. 

Salah satu ciri paling khas dari Kurisi merah adalah sirip perutnya yang sangat panjang. Bahkan, termasuk yang paling panjang dibandingkan dengan jenis Kurisi lainnya.

Kurisi Sulawesi termasuk jenis ikan demersal yang hidup di dasar perairan berpasir atau berlumpur pada kedalaman antara 30 hingga 100 meter. Kurisi mencakup 27 spesies yang tersebar di Samudera India dan Pasifik. 

Hingga saat ini, ikan kurusi merah banyak ditemukan di Indonesia timur hingga Australia utara mencakup perairan Laut Flores, Teluk Bone, Laut Banda, Laut Sawu dan Laut Timor.

Ikan Kurisi hidup berkelompok di dasar perairan dengan memangsa berbagai jenis ikan kecil, kepiting, udang-udangan dan hewan kecil lainnya.

Nilai Ekonomi ikan kurusi merah

ikan kurusi merah hampir selalu ditemukan di pasar-pasar lokal setempat. Namun, ikan ini tidak termasuk dalam target utama penangkapan ikan seperti halnya Tuna, Kerapu, Tongkol dan Cakalang. ikan kurusi merah umumnya ditangkap menggunakan pukat dasar (bottom trawl) dan dijual dengan harga relatif murah.

Status Konservasi ikan kurusi merah

ikan kurusi merah tidak termasuk dalam daftar merah spesies terancam punah (IUCN redlist) dan tidak termasuk dalam daftar Appendix CITES sebagai jenis fauna yang dilarang untuk diperdagangkan secara internasional.

Klasifikasi ikan kurusi merah

Nemipterus berasal dari dua kata Yunani, yaitu: Nema= filamen/benang/serabut dan pteron = sayap. Ikan Kurisi diberi nama ilmiah Nemipterus karena kadang-kadang pada bagian ujung dari sirip dada, sirip perut atau sirip ekornya memiliki pita yang sangat panjang. Klasifikasi ikan Kurisi adalah sebagai berikut: 
  • Kingdom: Animalia; 
  • Phylum: Chordata; 
  • Kelas: Actinopterygii; 
  • Ordo: Perciformes; 
  • Suku: Nemipteridae; 
  • Genus: Nemipterus; 
  • Spesies: Nemipterus celebicus Bleeker 1854.

Demikian Sekilas Penjelasan Mengenai Ikan Kurisi Merah. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close