Teknik Mencerahkan Warna Ikan Guppy

MENCERAHKAN WARNA IKAN GUPPY - Untuk mencerahkan warna ikan guppy memang sangat penting dalam pemeliharaan ikan guppy. Ada beberapa faktor yang menjadikan warna ikan guppy tidak cerah dan berwarna terang. Dan warna yang kusam akan memberikan ikan guppy sebagai ikan hias tidaklah menarik.

Faktor Kecerahan Warna Ikan guppy

Faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas peningkatan warna pada  ikan hias adalah faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh ikan yang sifatnya tetap yaitu faktor  genetik. Dan Faktor ini susah untuk di perbaiki salah satunya adalah perkawinan silang untuk mendapatkan guppy yang cerah warnanya.
warna cerah ikan guppy

sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tubuh ikan yaitu kualitas air, cahaya, dan pakan yang mengandung nutrisi yang  tinggi dan sumber karoten. 

Faktor yang menjadikan warna ikan guppy berwarna kusam diantara nya adalah;
  • salah dalam pemberian pakan
  • Kondisi ikan guppy yang stress
  • kualitas air yang jelek
Dan Kesemuanya bisa di atasi dengan cara pemeliharaan ikan guppy yang baik. Dan Kesemua faktor kesalahan yang menjadi warna ikan guppy kusam akan kembali cerah. Dan keindahan dari ikan guppy kembali bersinar.

Pakan yang Baik Untuk Ikan Guppy

Pakan disini Mempunyai peranan yang sangat penting untuk mencerahkan warna ikan guppy. karena warna didalam ikan guppy terbentuk oleh pigmen pigmen. Sehingga ikan guppy untuk mengeluarkan warna yang indah perlu di beri nutrisi yang mengandung pigmen tersebut.

Warna pada ikan berhubungan dengan sel pigmen pada kulit. Terdapat dua sel khusus yang memberikan warna pada ikan, yaitu kromatofor dan iridosit. Kromatofor terletak pada dermis kulit yaitu sisi luar ,  diantara sisik serta mengandung butiran pigmen sebagai sumber warna.  

Pigmen dalam kromatofora juga bisa tersebar atau diaglomerasi di pusat kromatofora, tergantung pada faktor seperti suhu, cahaya, atau hormon. Dispersi dan aglomerasi dari butiran pigmen menghasilkan perubahan warna seperti yang terlihat pada beberapa spesies ikan yang mampu untuk memodulasi warna kromatofor.

Kualitas Air Untuk pemeliharan Ikan Guppy

Kondisi air yang ideal untuk menjaga semua jenis spesies ikan Guppy sekitar pH 7,5-8,0, 15-30˚dH dan 25-27˚C (77-82˚F). Ikan guppy menerima berbagai jenis variasi kondisi dan suhu air jauh lebih rendah, tetapi mereka tampaknya melakukan yang terbaik dalam kondisi tersebut di atas. Dimana Warna ikan guppy akan terbentuk apabila kualitas air akan selalu terjaga.

Populasi liar dari Guppy jarang ditemukan di air payau. Ada daerah di mana ikan Guppy telah diperkenalkan pada air payau dan bahkan air laut dan bisa berkembang biak.

Mengurangi tingkat stres ikan Guppy

Ikan Guppy sensitif terhadap stres dan tidak bisa dipelihara di akuarium bersama dengan ikan yang agresif atau sangat aktif yang bisa membuat mereka tertekan. Ikan ini cukup nyaman dengan semua jenis ikan lainnya yang hampirsama dengan ikan Guppy pada umumnya bisa direkomendasikan

untuk pemula. Saya tidak merekomendasikan memelihara Guppy dengan spesies ikan besar / ikan agresif. Akuarium di mana Anda memelihara ikan Guppy, secara teori harus berkapasitas setidaknya 90 liter. 

Tapi untuk menggunakan akuarium kapasitas 75 liter dan masih oke hingga sekarang, serta beri dekorasi untuk mengurangi stres. Ini berarti terdapat daerah yang ditanami vegetasi padat dan juga diberi area terbuka di mana ikan bisa berenang.

Pisahkan Jantan dan betina ikan Guppy

Pejantan bisa membuat betina menjadi stres dengan mengejar mereka dan terlalu agresif ketika pejantan mencoba untuk kawin dengan betina, dan karena itu penting bagi betina dapat bersembunyi dari jantan. 

Vegetasi yang lebat juga meningkatkan kemungkinan burayak bisa selamat dan bertahan dalam tangki penampungan.

Mengganti Air kolam ikan guppy

Penggantian air sebagai salah satu untuk mengurangi tingkat stres ikan guppy dengan Mengganti sekitar 20% air setiap minggu dan mencoba untuk menjaga kualitas air sebaik mungkin.

Penambahan garam pada air

Hal ini sering direkomendasikan untuk menambahkan garam ke air dalam akuarium yang berisi Guppy, dan meskipun ini bisa jadi tidak perlukan. Penggaraman akan memiliki beberapa manfaat. 

Salah satunya adalah bahwa garam mengurangi toksisitas nitrat dan nitrit; keuntungan lainnya bahwa banyak penyakit akuarium air tawar dan parasit tidak mentolerir garam dan tidak akan menginfeksi ikan Anda jika ada garam di dalam air.

Jika Anda menggunakan garam laut juga mengandung garam yang meningkatkan kekerasan air dan nilai pH yang mungkin membuat air lebih cocok untuk Guppy jika Anda tinggal di daerah di mana air sedikit terlalu tawar / asam untuk membuat Guppy berkembangbiak dengan baik dan memberikan Guppy lingkungan yang mereka inginkan.

Demikian Sekilas bagaimana Cara Mencerahkan ikan guppy kesayangan anda semoga artikel yang sedikit ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close