Makanan Ikan Hias Air Laut

MAKANAN IKAN HIAS AIR LAUT - Ikan Hias air laut merupakan salah satu komoditas yang masih sangat menjanjikan apabila di lihat dari sisi bisnis, Selain Itu ikan hias air laut secara penghobby juga mulai meningkatkan trend dan kesukaanya.

Ikan Hias

Sebagai ikan Hias maka ikan air laut yang perlu diperhatikan adalah kualitas akan air sebagai media hidup dan makanan sebagai penambah nutrisi serta memberikan ikan hias penambah energi. Karena Itu Pakan Sangat penting untuk ikan hias air laut.

Ikan Hias air laut
Ikan Hias air laut
Pakan ikan hias adalah makanan atau asupan yang diberikan kepada hewan ternak ikan atau peliharaan ikan hias. Istilah pakan diadopsi dari bahasa Jawa. Pakan ikan hias air laut  merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan kehidupan ikan hias khususnya jenis ikan hias air laut. 

Jenis pakan Ikan Hias air laut

Pakan Buatan Untuk Ikan Hias Air Laut

Pakan Buatan adalah pakan yang dibuat dengan formulasi tertentu berdasarkan pertimbangan pembuatnya. Dimana Pakan Buatan ini juga melihat jenis ikan hias air laut apa yang di pelihara, Biasanya pakan buatan terdiri dari bahan alami seperti ikan rucah, cacingsutra dan udang.

Pembuatan pakan buatan Untuk Ikan Hias Air Laut sebaiknya didasarkan pada pertimbangan kebutuhan nutrisi atau gizi hewan ternak atau peliharaan Ikan Hias Air Lautyang bersangkutan, karena sumber dan kualitas bahan baku, serta nilai ekonomis. 

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, diharapkan pakan buatan Untuk Ikan Hias Air Laut yang dihasilkan (pakan ikan), dapat memiliki standar mutu tinggi dengan biaya murah.

Dalam melakukan kegiatan budidaya ikan hias air laut secara intensif, pakan buatan merupakan faktor terpenting untuk menunjang keberhasilan agribisnis budidaya tersebut. 

Selain itu, pakan buatan berfungsi sebagai sumber energi utama bagi perkembangan maupun pertumbuhan ikan budidaya. Berdasarkan tingkat kebutuhan maupun urgensi pemberiannya, pakan buatan dalam agribisnis perikanan dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu: (1) pakan tambahan, (2) pakan suplemen, (3) pakan utama.

Pakan tambahan Untuk Ikan Hias Air Laut

Pakan tambahan adalah pakan yang dibuat atau diberikan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan terhadap tambahan pakan. Dalam agribisnis perikanan, hal ini biasanya terjadi pada kegiatan budidaya ikan secara tradisional atau semiintensif. 

Pakan tambahan Untuk Ikan Hias Air Laut ini diberikan dengan asumsi bahwa ikan budidaya sudah mendapatkan pakan dari alam, tetapi jumlahnya belum memenuhi kebutuhan baik untuk perkembangan maupun pertumbuhan yang lebih baik. 

Pakan Suplemen Untuk Ikan Hias Air Laut

Sementara itu pakan suplemen adalah pakan yang dibuat serta diberikan dengan tujuan untuk memenuhi komponen nutrisi tertentu yang sedikit disediakan atau bahkan tidak bisa disediakan sama sekali oleh pakan lain. Pakan suplemen ini banyak diberikanan pada budidaya ikan hias. 

Untuk memenuhi standar tertentu dari tujuan budidaya ikan hias, misal warna, bentuk, atau ukuran, maka ikan budidaya harus diberi suplemen tertentu dalam jumlah cukup. 

Pakan Utama Untuk Ikan Hias Air Laut

Sedangkan pakan utama adalah pakan yang dibuat untuk menggantikan sebagian besar atau keseluruhan pakan alami. Pakan utama ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan ikan terhadap pakan pada sistem budidaya ikan secara intensif. 

Penebaran ikan hias air laut dengan populasi tinggi pada budidaya ikan atau pada aquarium pemeliharaan secara intensif mengakibatkan kebutuhan terhadap nutrisi mutlak harus bergantung dari pemberian pakan utama ini. Karena jumlah pakan alami sama sekali tidak mencukupi kebutuhan ikan untuk menopang pertumbuhannya.

Agar pakan buatan yang diberikan dapat mendukung serta mengoptimalkan perkembangan maupun pertumbuhan ikan budidaya, sebaiknya pembuatan pakan ini harus berorientasi menghasilkan pakan ikan berkualitas, yaitu pakan yang disukai, mudah dicerna, serta dapat memenuhi standar kebutuhan nutrisi ikan. 

Untuk menghasilkan pakan ikan berkualitas tersebut, dibutuhkan komponen bahan baku berkualitas pula. Komponen utama bahan baku pembuatan pakan ikan dikelompokkan menjadi dua kelompok utama, yaitu komponen penghasil energi (terdiri dari protein, lemak, karbohidrat), dan komponen bukan penghasil energi (terdiri dari vitamin, mineral).

Demikian Sedikit Wawasan mengenai Pakan Untuk Ikan Air laut, Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close