Kriteria Galangan Kapal Berbahan Fiber Glass
Senin, 25 Juli 2022
KRITERIA GALANGAN KAPAL FIBER GLASS - Pengadaan kapal berbahan fiberglass oleh kementerian KKP dimana rencananya akan sebanyak 3540 kapal menurut kami adalah tidak mudah untuk membangunnya dalam tahun ini.
Berkaca atau kembali melihat pada proyek yang lalu pada program kapal inkamina hanya sekitar 700-an kapal (70 persen) yang telah dibangun dalam 4 tahun. Dan Kondisi saat ini banyak kapal Inka Mina Mangkrak dan Entah Kemana Rimbanya.
KRITERIA GALANGAN KAPAL FIBER GLASS
galangan kapal fiber glass |
Namun Ambisi Untuk Membangun ratusan Kapal berbahan fiber sampai sekarang KKP terus menggejotnya bahkan menggandeng pihak klasifikasi klasifikasi Indonesia ( BKI ) dan PT. PAL untuk melaksanakan pekerjaan ini.
seringkali pihak swasta dan perguruan tinggi dimintai keterangan mengenai galangan kapal yang layak untuk membangun kapal fiberglass itu seperti apa sih?
jangan jangan banyak galangan baru bermunculan karena ada proyek ini. dengan alih alih menghabiskan dana anggaran.
kapal fiberglass, kapal FRP, fiber, kapal,
kapal fiberglass
ini merupakan PR kita bersama untuk mengawasi pembangunan kapal fiberglass. saya akui banyak tantangan yang kita hadapi saat ini. terutama masalah galangan kapal. Dimana untuk membuat sebuah kapal dengan standart yang bagus maka di perlukan tempat berupa galangan yang layak lantas galangan kapal apa yang layak danb sesuai dengan kriteria ?
memang yang paling mudah untuk menentukan layak atau tidak adalah dari sejarah atau history galangan tersebut. Sejarah perjalanan suatu galangan bisa meliputi antara lain
- seperti sudah pernah membangun kapal berapa ?
- Jenis Kapal apa saja?
- Bahan Baku di dapat darimana ?
- Pekerjanya dari mana dan mempumyai Kompetensi apa tidak?
- dst).
Namun ada hal lain yang perlu di tambahkan dalam menentukan kriteria galangan tersebut masuk atau tidak seperti masalah kualitas dan masalah lingkungan.
Adapun kriteria kriteria galangan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:
Galangan Kapal Fiber Sudah terdaftar
galangan kapal fiber diharapkan sudah terdaftar dan mendaftarkan perusahaannya ke klasifikasi, Dimana data yang diberikan kepada biro klasifikasi antara lain adalah fasilitas bengkel percetakan, dan fasilitas penyimpanan material (diperiksa oleh surveyor)
Bengkel cetakan (moulding Shop)
Konstruksi dan Layout Bengkel
- bengkel moulding diatur sedemikian rupa sehingga dipisahkan dan dipartisi yang bertujuan untuk memisah bengkel dari bengkel lain selama proses laminasi
- bengkel terlindungi dari panas, debu, dan lembab
- fasilitas dan pengaturan bengkel didasarkan pada material handling, proses laminasi dll.
Ventilasi
ventilasi diberikan untuk memberikan kenyamanan pekerja untuk bekerja dan ventilasi tidak mempengaruhi proses pengeringan laminasi
Pengatur Suhu
bengkel diberikan pengatur suhu yang bertujuan untuk menjaga temperatur ruangan yang sesuai dengan penggunaan resin pada saat proses laminasi
Pengaturan Kelembapan
kelembapan di bengkel perlu di jaga karena pada saat proses laminasi fiber , kelembaba harus diperhatikan untuk menghasilkan hasil laminasi yang kuat dan rapat tanpa adanya kebocoran, ditambakan alat untuk mengatur kelembapan
Penutup atap
pada saat proses pembuatan laminasi kapal, diberikan penutup atap yang bertujuan untuk melindungi laminasi dari sinar matahari secara langsung
Dust Collector
pada saat proses laminasi diharapkan ada alaty pengumpul debu sehingga, pada saat proses laminasi tidak terdapat debu yang terperangkap di lapisan laminasi
Fasilitas Penyimpanan
Peralatan dan pengaturan fasilitas storage
- peralatan dan material handling dari fasilitas penyimpanan diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan untuk menyimpan barang
- Penyimpanan resin, katalis dll.
diletakkan ditempat yang gelap dan dingin
- Penyimpanan Fiberglass
diletakkan di tempat bebas debu dan tempat yang kering
Pertimbangan Lain
- Keselamatan pekerja
- Lingkungan
- Material Handling (crane dll.)
- Produktivitas
- Kualitas hasil pekerjaan.