Jenis Bahan Pembuat Kapal
Selasa, 02 Agustus 2022
Jenis Bahan pembuat kapal, Kelemahan dan kelebihannya - Dalam Pembuatan kapal khususnya kapal perikanan, pertimbangan pemakaian bahan menjadi penentu biaya pembuatan.
Karena dalam pembuatan kapal perikanan ada kelemahan dan kelebihannya serta beberapa aspek yang perlu di perhatikan untuk jenis bahan pembuat kapal antara lain :
Karena dalam pembuatan kapal perikanan ada kelemahan dan kelebihannya serta beberapa aspek yang perlu di perhatikan untuk jenis bahan pembuat kapal antara lain :
- Aspek Harga
- Aspek Keselamatan
- Aspek Perbaikan
- Aspek Kebiasaan nelayan
Adapun Material yang dipakai dalam pembuatan kapal
ikan antara lain : kayu, baja, serat plastik (fibre glass), semen beton
(ferrocement), plat alluminium alloy) dan kayu laminasi.
Bahan Pembuat Kapal
1.Bahan Kapal Dari Kayu.
Kapal kayu |
Biasanya dalam Pembuatan Kapal Kayu yang mengerjakan adalah pengrajin kapal yang tidak belajar tentang ilmu perkapalan. Mereka kebanyakan bisa membuat kapak di karena karena pengalaman dan ilmu turun menurun.
syarat Penggunaan Kayu Untuk Kapal
Persyaratan kayu yang dipakai untuk membuat kapal antara lain :- Tahan terhadap serangan hama/serangga
- Pengaruh suhu dan kelembaban udara harus sekecil mungkin.
- Serabut kayu harus padat, dapat dilengkungkan dan tidak terlalu getas (tidak mudah patah)
- Tahan terhadap suhu sampai 110° C.
- Berat jenis maksimal 0,8 C.
- Kayu harus dalam keadaan lurus dengan panjang sekurang-kurangnya 6 meter dan berdiameter 40 cm.
- Kelas awet I
- III
- Dibawah
persyaratan tersebut, kayu hanya diperbolehkan untuk pembuatan perahu kecil (kano).
2. Serat Plastik/Fibre Glass.
kapal fiber |
- Resin merupakan cairan yang berfungsi sebagai bahan perekat (persenyawaan) dan pelarut lembaran mat (serat plastik).
- Acelerator merupakan cairan yang dicampur dengan cairan resin sebagai bahan pengeras.
- Catalist merupakan katalisator pembeku.
- Serat Mat merupakan lembaran serat plastik (Fibre Glass Reinforced Plastik) yang akan larut atau bersenyawa dengan larutan resin
Keuntungan Bahan Baku Fiber Glass
Kekuatan material ini relatip lebih rendah daripada baja, sehingga tidak dapat digunakan untuk bahan konstruksi pembuatan kapal yang berukuran besar.
Fibre glass sebagai bahan konstruksi kapal
mempunyai sifat yang ringan daripada material lainnya. Disamping itu, bila
dibuat dalam jumlah banyak maka biaya pembuatannya akan lebih murah.
3. Kombinasi Kayu dan Serat Plastik.
Yang dimaksud dengan kombinasi disini adalah
pelapisan lambung kayu dengan serat plastik. Penggunaan bahan ini selain
sebagai pelapis juga sebagai pelindung kayu. Dengan dilapisinya kayu ini maka
keuntungan yang diperoleh adalah :
- Kayu akan lebih awet
- Proses pelapukan atau pembusukan kayu akan berkurang.
- Sifat muai-susut dari kayu akan berkurang.
- Kayu tidak mudah terbakar.
4, B a j a.
Penggunaan baja untuk konstruksi kapal yang
panjangnya kurang dari 20 meter adalah kurang efisien. Bagi kapal ikan yang
mempunyai displacement lebih besar atau panjangnya lebih dari 20 meter, maka
keperluan tangki semakin besar dan memerlukan peralatan yang semakin rumit.
kapal baja |
Demikian juga pemanfaatan ruangan kapal dapat
secara maksimal untuk menyimpan ikan hasi! tangkapan, bahan-bahan perbekalan
dan eksploitasi (air tawar, solar, dan barang-barang lainnya), sehingga
penggunaan baja sebagai bahan konstruksi kapal ikan akan lebih efisien jika
dibandingkan dengan kayu.
Semakin benambah ukuran kapal maka penggunaan
baja sebagai material akan semakin baik, bahkan unluk kapal berukuran besar
pemakaian baja untuk konstruksi tubuh kapal menjadi lebih ringan jika
dibandingkan dengan kayu.
Segi lain yang menguntungkan dari pemakaian
baja ini adalah dapat digunakan untuk segala macam bentuk kapa! sehingga
pembuatan bentuk yang sulit dapat diatasi dan pembangunannya mudah dilakukan
serta dapat menyalurkan getaran (bagi kapal-kapal yang besar).
5. Semen Beton.
Bahan dasar dari pembuatan kapal adalah :
- Semen.
- Pasir murni yang sudah dicuci bersih atau pasir silikon.
- Pipa, besi beton dan anyaman kawat.
- Air yang terbebas dari garam.
Konstruksi bangunan kapal dengan menggunakan
semen beton mahai biayanya atau kurang ekonomis, kecuaii bila dibangun di
daerah yang ongkos buruhnya murah.
Membangun kapal dengan semen beton diperlukan
tenaga yang cekatan dan ahli, dan diperlukan perencanaan yang matang.
Penggunaan semen beton sebagai bahan konstruksi kapal hanya terbatas untuk
kapal ikan yang berukuran kecil. Bahan ini kurang baik dalam menerima getaran.
6. Bahan kayu laminasi
Terbuat dari beberapa lapisan kayu baik untuk
konstruksi melintang maupun memanjang, dan untuk kepentingan ini di pasaran
telah tersedia kayu lapis kelautan (marine
plywood). Konstruksi balokpun dapat dibuat dari beberapa lapisan kayu yang
dirangkap dengan menggunakan lem khusus.
Secara umum, kapal yang terbuat dari bahan baik semen beton, fibre glass maupun bahan aluminium, pemeliharaannya lebih mudah daripada kayu dan baja.
Secara umum, kapal yang terbuat dari bahan baik semen beton, fibre glass maupun bahan aluminium, pemeliharaannya lebih mudah daripada kayu dan baja.