Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik - Ikan Peda merupakan salah satu produk pengolahan hasil pengawetan makanan yang diolah memakai cara atau teknik pengawetan secara fermentasi dan pengaraman. Cara tersebut sudah di gunakan turun temurun sehingga untuk mengenali ciri ciri dari ikan peda yang bagus dan baik bisa terlihat dari beberapa hal.

Sebelum kita mengenal dan mengetahui tentang ciri ikan peda lebih dahulu kita mengenal apa itu dan terbuat dari apa ikan peda.  Biasanya Ikan peda dibuat dari bahan ikan kembung perempuan (Rasterliger neglectus). Karena ikan kembung yang tertangkap biasanya bergerombol dan dalam pembuatan ikan peda bisa lebih banyak. 

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik

Dikenal dua jenis ikan peda antara lain ikan peda merah (peda siam) dan ikan peda putih. Pada Ikan peda merah (ikan peda Siam) dibuat dari ikan kembung ber­kadar lemak tinggi dan tidak disiangi  sedangkan pada ikan peda putih dibuat dan ikan kem­bung yang berkadar lemak rendah dan disiangi. Perbedaannya hanya pada kadar lemak dan proses pembuatan nya. Selain Menggunakan Ikan Kembung, Bisa juga menggunakan Ikan Mas, Ikan Layang, ikan tawes, ikan mujaer dan ikan selar.

Alur pembuatan ikan peda dalam proses nya lkan peda dibuat secara bertahap yaitu pertama melalui proses penggaraman, dimana ikan di campur dengan garam krosok atau garam kasar.
 setelah itu dilanjutkan dengan proses fermentasi untuk pembentukan bau khas peda yang luar biasa. Adapun Ciri ciri Ikan Peda yang Baik antara lain :

- Ikan Lebih Asin

Asin yakni rasanya yang khas akibat adanya proses fermentasi, dan faktor penentu rasa yang enak adalah keberhasilan dalam proses fermentasi

- Bau Ikan Lebih Terasa enak

Ikan lebih enak dicium dibandingkan masih pada saaat pembongkaran I / aroma ikan peda yang sudah tercium

- Warna Ikan lebih Pucat

Ikan lebih pucat dibandingkan pembongkaran pertama saat penyimpanan pertama.

- Kualitas Daging Ikan Peda

Kulit dan daging ikan lebih kesat dibandingkan pada saat pembongkaran I / lebih

Demikian artikel tentang Ciri Ciri Ikan Peda yang baik, Semoga Bermanfaat.

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik

Related Posts:

0 Response to " Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik "

Posting Komentar