Bahan Baku Pembuat Fiber Glass

Bahan Baku Pembuat Fiber Glass - Fiberglass adalah bahan paduan , campuran atau adonan beberapa bahan kimia (bahan komposit) yg bereaksi & mengeras dalam saat tertentu. 

Bahan ini mempunyai beberapa keuntungan dibandingkan bahan logam, antara lain: ringan, gampang dibentuk, & murah. Untuk membentuk fiber maka di perlukan bahan bahan pembuatnya atau bahan bakunya.

Adapun  untuk Bahan Baku Pembuat Fiber Glass Antara lain :

Bahan Baku Pembuat Fiber Glass


Bahan Baku Pembuat Fiber Glass
BAHAN BAKU PEMBUAT FIBER GLASS

Bahan Baku Fiber Erosil

Erosil merupakan bahan baku Fiberglass yang berbentuk serbuk sangat halus misalnya bedak bayi berwama putih. Erosil Berfungsi menjadi perekat mat supaya Fiberglass menjadi kuat & tidak gampang patah/pecah.

Bahan Baku Fiber Resin

Resin adalah bahan pembuat Fiberglass yg berujud cairan kental seperti lem, berkelir hitam atau bening. Berfungsi buat mengeraskan semua bahan yg akan dicampur.

Bahan Baku Fiber Katalis

Katalis merupakan bahan pembuat Fiberglass yg berwarna bening & berfungsi sebagal pengencer. Zat kimia ini umumnya dijual bersamaan dengan resin. Perbandingannya adalah resin 1 liter dan katalisnya 1/40 liter.

Bahan Baku Fiber Pigmen

Pigmen merupakan zat pewana menjadi pencampur waktu bahan Fiberglass dicampur.

Bahan Baku Fiber Mat

Mat adalah bahan pembuat Fiberglass yang berupa anyaman mirip kain dan terdiri berdasarkan beberapa contoh, dad contoh anyaman halus sampai dengan anyaman yang kasar atau akbar dan sporadis-jarang. 

Berfungsi sebagai pelapis adonan campuran dasar Fiberglass, sehingga sewaktu unsur kimia tadi bersenyawa dan mengeras, mat berfungsi sebagai pengikatnya. Akibatnya Fiberglass sebagai kuat & nir getas.

Bahan Baku Fiber Talk

Talk merupakan bahan produsen Fiberglass yang berupa serbuk berwarna putih misalnya sagu. Berfungsi menjadi campuran adonan Fiberglass agar keras & agak lentur.

Material FIberglass

Material FIberglass adalah salah satu jenis bahan fiber komposit yang memiliki keunggulan yaitu kuat namun tetap ringan. Walaupun tidak sekaku dan seringan bahan carbon fiber, fiberglass lebih ulet dan relatif lebih murah di pasaran. 

Penggunaan Fiberglass biasa digunakan untuk bahan pembuatan pesawat terbang, perahu, bodi atau interior mobil, perlengkapan kamar mandi, kolam renang, septic tank, tangki air, atap, perpipaan, dinding isolator, papan selancar, tong sampah dan lain-lain.

Jenis Material Komposit

Material komposit itu sendiri adalah material yang terdiri dari dua komponen yaitu 
- penguat (reinforcement) berupa serat  
- pengikat (matrix) berupa plastik, sehingga menghasilkan kombinasi sifat yang kaku, kuat dan ringan 


Pada komposit fiberglass, komponen penguat tersebut adalah serat kaca. Kaca yang kita kenal sehari-hari memiliki sifat yang mudah retak dan pecah, hal tersebut diakibatikan karena kekerasan permukaan kaca yang terlalu tinggi, sehingga memudahkan proses perambatan retak pada permukaan kaca walaupun dengan sedikit saja cacat atau beban. 

Untuk menghindari retak awal atau cacat pada permukaan kaca tersebut, kaca dibuat benang yang sangat tipis dengan diameter sekitar 5-25 mikrometer. 

Diamter yang sangat kecil tersebut membuat serat kaca yang sangat kuat ini tidak diberikan kesempatan untuk mendapatkan cacat permukaan yang menjadi awal perambatan retak. 

Serat-serat kaca yang kecil ini dipintal untuk kemudian disusun menjadi bentuk jahitan (woven), bulu-bulu yang disatukan membentuk lembaran (chopped strand mat), potongan-potongan kecil (chopped strand) ataupun benang panjang yang kontinyu (continuos roving). 

Fiberglass sering juga dikenal dengan nama Glass-reinforced plastic (GRP) atau glass-fiber reinforced plastic (GFRP) karena terdiri dari komponen glass-fiber dan dikuatkan dengan plastik (resin).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close