Purse Seine Pelagis Besar

Purse Seine Pelagis Besar - Purse seine (pukat cincin) sering disebut juga jaring kerut atau jaring kolor adalah salah satu alat tangkap ikan yg sering digunakan untuk menangkap jenis ikan pelagis. Baik itu Pelagis Besar maupun Pelagis Kecil.

PURSE SEINE PELAGIS BESAR
PURSE SEINE
Cara kerja alat tangkap jenis purse seine adalah dengan cara  melingkari gerombolan ikan menggunakan jaring jenis ini, dan kemudian mengerutkan atau mengunci atau menutup jaring bagian bawah sehingga jaring membentuk menjadi seperti sebuah kantong. 

Alat Tangkap Purse seine juga tergolong salah satu alat tangkap yang ramah lingkungan setelah long line, pole and line, tonda, dan bagan. Karena itu alat Tangkap ini mempunyai tujuan utama dalam penangkapannya antara lain ikan pelagis, 

PURSE SEINE PELAGIS BESAR

Penggolongan Purse Seine

Berdasarkan Pada Permen 71 Untuk penggolongan Purse seine terbagi diantarnya Berdasarkan Jumlah kapal dan sasaran tangkapan.Untuk hasil Tangkapan terbagi diantaranya :

  1. Pukat Cincin / Purse Seine Pelagis Kecil
  2. Pukat Cincin / Purse Seine Pelagis Besar

API pukat cincin pelagis besar dengan Satu Kapal

API pukat cincin pelagis besardengan satu kapal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (3) huruf b merupakan API yang bersifat aktif, dioperasikan dengan menggunakan ukuran:

a. Kriteria 1

- mesh size ≥ 2 inch 
- tali ris atas ≤ 700 m,

- menggunakan ABPI berupa rumpon dan lampu dengan total daya < 16.000 watt,
- menggunakan kapal motor berukuran > 10 s.d. 30 GT, 

- dioperasikan pada Jalur Penangkapan Ikan II dan Jalur Penangkapan Ikan III di WPPNRI 572, WPPNRI 573, WPPNRI 714, WPPNRI 716, dan WPPNRI 717; 

b. Kriteria 2.

- mesh size ≥ 2 inch  
- tali ris atas ≤ 1.500 m,
- menggunakan ABPI berupa rumpon dan lampu dengan total daya < 16.000 watt,
- menggunakan kapal motor berukuran > 30 GT,
- dioperasikan pada Jalur Penangkapan Ikan III di WPPNRI 572, WPPNRI 573, WPPNRI 714, WPPNRI 716, dan WPPNRI 717.

2. API pukat cincin grup pelagis besar 

API pukat cincin grup pelagis besar  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (4) huruf b merupakan API yang bersifat aktif dan DILARANG beroperasi di semua JalurPenangkapan Ikan dan di semua WPPNRI.

Selain mengetahui tentang Spesifikasi alat tangkap purse seine kita juga harus mengeetahui tentang alat bantu purse seine. Dimana peranan alat bantu adalah memberikan  effisiensi dan efektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close