Alat Pendeteksi Ikan ( FISH FENDER ) Untuk Nelayan

Alat Pendeteksi Ikan- Alat untuk mengetahui akan keberadaan ikan kini semakin hari semakin berkembang. Bahkan Keberadaannya kini semakin banyak di minati oleh nelayan nelayan kecil di indonesia. 
Nelayan Pengguna GPS Ikan

Era kemajuan teknologi menjadikan alat pendeteksi ikan menjadi lebih mudah di aflikasi baik yang menggunakan android ataupun menggunakan berbasis website.


Manfaat Dari penggunaan alat pendeteksi ikan ini bagi nelayan jelas sangatlah banyak , antara lain :


- mampu menghemat biaya produksi bahan bakar

- keberadaaan ikan bisa di ketahui tanpa nelayan harus berputar putar membuang waktu percuma.

- Nelayan bisa memperkirakan akan waktu penangkapan ikan di laut dengan menggunakan alat deteksi ikan di laut.

Perkembangan Alat pendektesi Ikan di mulai dengan munculnya fish finder dimana teknologi fish finder menggunakan sonar dan kini Deteksi ikan cukup menggunakan citra satelit bisa di ketahui akan keberadaan ikan dan berapa jarak menuju ke fishing Ground.

Fish finder ( pencari ikan ) adalah merupakan salah satu kemajuan teknologi digital yg berguna untuk membantu aktifitas manusia, yaitu berguna bagi nelayan atau pelaut. 

Sebenarnya teknologi fish finder ini sudah terdapat namun dengan harga yang relatif mahal sebagai akibatnya berdasarkan sinilah hal yg melatarbelakangi banyak orang  untuk membuat aplikasi alat deteksi ikan. 


Alat ini semacam GPS Ikan dimana menggunakan basic android karena nelayan yang memakai HP Android (Smartphone) itu telah banyak di gunakan nelayan.

penggunaan smartphone artinya menjadi pengganti posisi GPS Garmin dalam membaca hasil pembacaan sensor fish finder. Selain itu, dengan teknologi bluetooth yang relatif sophisticated dapat menghemat porto pengeluaran nelayan karena tanpa perlu membeli pulsa paketan buat menghubungkannya menggunakan indera pembaca lokasi ikan.Dan teknologi alat pendeteksi ikan akan semakin berkembang.

Biasanya alat pendeteksi ikan Untuk pemakaiannya, alat ini cukup dipasang di dasar atau samping perahu. Dengan sendirinya alat ini bisa mendeteksi keberadaan ikan di lokasi nelayan yang sedang berhenti, Dengan ini nelayan tidak perlu membeli fish finder dengan harga yang cukup mahal.

Dengan memanfaatkan smartphone yang mereka miliki atau dengan membeli smartphone baru dengan harga yang cukup murah. Nelayan sudah dapat memanfaatkannya untuk berkomunikasi dan mencari ikan.

Walaupun masih banyak kekurangan dan perlu dikembangkan namun nelayan berharap agar dengan banyaknya penelitian ini bisa membantu para nelayan kecil memberikan informasi mengenai posisi ikan dengan memanfaatkan smartphone, sehingga teknologi ini dapat membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan,

Maka dari itu perananan mahasiswa, peneliti dan perekasayas serta lembaga fungsional di kementrian kkp Harus bisa terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan dan kesejahteraan nelayan. Semoga artikel tentang alat pendeteksi ikan ini bisa memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close