Ikan Bawal Air Tawar

 Ikan Bawal Air Tawar - Ikan ini cukup populer karena banyak masyarakat mulai membudidayakan dan mengkonsumsi jenis ikan bawal air tawar. Ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) merupakan ikan konsumsi yang berasal dari perairan Amerika latin, tepatnya dari Berazil, Venezuela, dan Ekuador. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki potensi tinggi untuk dibudidayakan. Karena bawal sendiri memiliki tingkat kelangusungan hidup yang cukup tinggi yaitu 90%, serta dapat hidup dalam kolam dengan tingkat kepadatan yang tinggi.

Ikan Bawal Air Tawar
Ikan Bawal Air Tawar

Ikan bawal diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1920, yang berasal dari Cina, Eropa, Jepang, dan Taiwan. Awal mulanya ikan ini hanya diperdagangkan sebagai ikan hias. Namun karena memiliki rasa daging yang enak, tingkat pertumbuhan cepat, serta mampu berukuran besar, membuat ikan ini menjadi komoditas konsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Klasifikasi Ikan Bawal Air Tawar

Kingdom : Animal

Filum : Chordata

Sub filum : Craniata

Kelas : Pisces

Sub kelas : Neopter

Ordo : Cypriniformes

Sub ordo : Cyprinoida

Famili : Characidae

Genus : Colossoma

Spesies : Colossoma macropomum

Morfologi Ikan bawal Air Tawar

Ikan bawal air tawar memiliki bentuk tubuh agak bulat atau oval, berbentuk pipih, serta memiliki punggung berwarna abu-abu tua dan perut berwarna putih abu-abu kemerahan. Selain itu pada bagian kepala berbentuk hampir bulat dengan hidung berukuran besar, serta pada bagian bibir bawah terlihat menonjol yang dilengkapi dengan gigi-gigi tajam.

Bawal memiliki sirip berukuran 2-3 cm berwarna keabu-abuan hingga kekuningan, sirip dada berada dibawah tutup insang, serta sirip perut dan sirip dubur terpisah. Ikan ini memiliki daging yang cukup tebal, berwarna merah, berserabut halus, tidah bau amis, serta memiliki kandungan gizi tinggi. Selain itu ikan ini juga mampu menghasilkan telur sebanyak 3.000-10.000, bakan bisa lebih tergantung dengan varietas serta kualitas induk dari ikan.

Ciri Ciri Ikan Bawal Air Tawar

Seperti namanya jenis ikan bawal air tawar memang hidup di air tawar. Jenis ikan ini memiliki ciri khas bentuk serta warna yang berbeda dibandingkan ikan bawal hitam maupun putih. Ikan bawal air tawar memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan ikan bawal hitam maupun putih. Bentuk tubuh dari ikan ini cenderung bulat, dan memiliki warna tubuh abu-abu gelap atau berwarna hitam.

Selain itu terdapat beberapa corak warna putih pada bagian tubuh ikan bawal air tawar. Di lain sisi pada bagian atas tubuh ikan ini berwarna sedikit hitam dan bagian tubuh bawa ikan ini berwarna orange kemerahan. Ikan bawal air tawar memiliki bentuk dan ukuran sirip yang lebih kecil, selain itu bibir atau mulut ikan ini juga cenderung kecil. Hal inilah yang membedakan ikan bawal air tawar dengan lainnya.

Ikan bawal air tawar memiliki kandungan protein serta nutrisi yang tinggi jika anda konsumsi. Selain itu ikan jenis ini juga memiliki omega 3 dan omega 6 yang di mana kandungan kalori peserta karbohidrat rendah. Jadi bagi Anda yang ingin menjalani program diet dapat mengonsumsi ikan bawal air tawar. Kandungan protein dari jenis ikan bawal yang satu ini sangat membantu bagi kecerdasan otak anak-anak.

Ikan bawal air tawar dapat tumbuh dan berkembang dengan berat sebesar 2 kg. Ikan yang satu ini memiliki nama lain yakni silver pompano. Di mana perkembangan dari ikan ini telah menyebar di kawasan Amerika, Taiwan, Malaysia dan juga Indonesia. Ikan bawal air tawar sendiri mempunyai insan permukaan, dimana hal ini membuatnya dapat bernafas lebih luas dibandingkan ikan lainnya.

Pertumbuhan dari ikan bawal air tawar memang sangat cepat dan bisa tumbuh besar dalam jangka waktu yang pendek. Seperti halnya ikan bawal pada umumnya, ikan bawal air tawar memiliki 5 sirip yang ada di bagian tubuhnya. Seri pertama yaitu terdapat di punggung, kemudian sirip dada, sirip anus, sirip ekor dan juga sirip perut. Ikan bawal air tawar merupakan ikan yang memiliki tingkat kecepatan berenang.

Ikan jenis ini ini memang hidup bergerombol dan mempunyai sifat unik saat kelaparan. Jika salah satu diantara ikan bawal merasa kelaparan, hal ini akan membuatnya menyerang sesama jenis untuk mendapatkan makanan. jenis ini juga memiliki tingkat perekonomian tinggi karena daging dan rasanya sangat lezat jika di jadikan sebagai makanan.

Baca Juga;

Belum ada Komentar untuk "Ikan Bawal Air Tawar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close