Teknologi Insulasi Pada Palkah Ikan Dan CoolBox

Teknologi Insulasi - Insulasi dalam KBBI memiliki arti penyekat, insulasi sendiri memiliki beberapa jenis yaitu insulasi bangunan, insulasi akustik, insulasi thermal, dan insulasi listrik. Dalam teknik pendinginan sendiri insulasi yang digunakan adalah insulasi thermal yaitu penyekat yang digunakan untuk mengurangi laju perpindahan panas. 

Panas dapat berpindah dari suhu yang tinggi ke suhu yang lebih rendah. Cara perpindahan panas melalui konduksi, konveksi dan radiasi. Untuk mencegah laju perpindahan panas suatu coolbox maka dibutuhkan insulasi yang bagus. Insulasi dibedakan menjadi beberapa jenis atau teknik penyekatan panas yaitu :

Resistive insulation, merupakan tipe insulasi dimana cara penyekatan panas dilakukan dengan mengandalkan nilai resistansi pada proses konduksi.

Reflective insulation, tipe insulasi dengan cara mereduksi kemampuan material untuk menyerap panas secara radiasi. Panas yang dihantarkan dalam bentuk gelombang inframerah dapat dihambat atau bahkan dapat diserap tergantung pada bentuk dan warna material. Material dengan warna putih mampu merefleksikan panas secara maksimal sedangkan warna hitam berlaku sebaliknya.


Capasitive insulation,
tipe insulasi ini memiliki karakter berbeda dengan tipe lain. Insulasi ini tidak digunakan pada kondisi steady-state. Material yang digunakan mampu menunda aliran panas (time-lag) sehingga seolah- olah seperti menyimpan panas dalam waktu tertentu dan kemudian panas akan dilepaskan.

Insulasi yang bagus adalah bahan yang memiliki sifat isolasi panas atau menghambat laju perpindahan panas, sehingga perpindahan panas dari luar ke dalam coolbox dapat dihambat. 

Dengan mengurangi infiltrasi panas maka tingkat pelelehan es dapat dikurangi sehingga proses pendinginan dapat berlangsung lebih efisien. Berikut adalah sifat sifat dari bahan yang memiliki isolasi yang baik :

·         Konduktivitas thermal rendah

·         Penyerapan uap air dan permeabilitas terhadap air rendah

·         Pemindahan uap air rendah dan awet walaupun basah

·         Tahan terhadap penyebab kebusukan dan pelapukan

·         Sifat sifat mekanik yang dimiliki cukup baik

·         Tahan terhadap bahan bahan kimia

·     Tidak   membahayakan           kesehatan,       tidak    berbau dan mudah untuk               digunakan

Belum ada Komentar untuk "Teknologi Insulasi Pada Palkah Ikan Dan CoolBox"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close