Habitat Udang Galah

Udang galah merupakan jenis udang sungai yang mempunyai rasa tidak kalah dengan jenis udang lainnya. Udang galah sangat banyak tersebar di daerah perairan indonesia. Keberadaan akan udang galah bisa di temukan dengan jenis sungai berarus sedang.

Udang galah

Udang galah yang lebih dikenal dengan Macrobrachium rosenbergii (de Man, 1879). Karakter utama terlihat pada pereiopod kedua yang memanjang seperti galah dan rostrum yang melengkung dengan jumlah gigi rostrum 8-14. 
Udang galah
Udang galah

Bagian basal kepala tinggi meninggi. Pereiopod kedua tertutup oleh spina / duri kecil yang jarang. Pewarnaan tubuh dengan warna yang lebih gelap (hitam, biru hitam), dan bagian pleural dengan corak oranye.

Udang Galah (Macrobrachium rosenbergii (De Man, 1879))

Klasifikasi Udang galah

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Arthropoda
  • Subfilum: Crustacea
  • Kelas: Malacostraca
  • Ordo: Decapoda
  • Famili: Palaemonidae
  • enus: Macrobrachium
  • Spesies: Macrobrachium rosenbergii (De Man, 1879)

Persebaran Udang Galah

Daratan Asia hingga batas Garis Huxley kecuali Palawan, Pakistan bagian timur, India, Sri Lanka, dan bagian selatan Cina hingga Indonesia (Sumatera, Kalimantan dan Jawa). Di DIY ditemukan di dekat muara sungai baik di Opak, Progo dan Bogowonto.

udang galah atau Macrobrachium rosenbergii tersebar luas di sungai (Johnson, 1967). Spesies ini ditemukan di bagian hilir Sungai Maraja yang berkisar 5 km dari muara sungai pada habitat di antara akar tumbuhan air dengan substrat lumpur, kedalaman sungai berkisar ± 2 m, arus sungai yang lambat dan badan sungai ditutupi vegetasi pohon. 

Udang Galah dewasa

Menurut Johnson (1967),M. rosenbergii dewasa mampu bertahan hidup di arus air yang tenang dan pada fase larva membutuhkan air laut dalam tahap perkembangbiakannya. 
Jenis ini umumnya ditemukan di air payau, bahkan kadang- kadang terdapat di air laut (Hothuis, 1950), karena itu dalam studi ini, M. rosenbergii tidak ditemukan pada bagian sungai yang ke arah hulu karena bagian hulu sungai memiliki salinitas yang sangat rendah. 

PH dan Suhu Habitat

Macrobrachium rosenbergii yang ditemukan di Sungai berada pada habitat dengan pH 7 dan suhu 28.2 ºC. Spesies tersebut ditemukan pada pH 7.5 dan berkembangbiak dengan baik pada kisaran suhu air 28–30 ºC (Johnson, 1967; Tayamen, 2001).
Demikian sekilas Mengenai informasi dari habitat udang galah, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close