Cara Merawat Anakan Ikan Guppy

CARA MERAWAT ANAKAN IKAN GUPPY- Perawatan ikan guppy terbagi perawatan ikan guppy dewasa dan perwatan ikan guppy burayak atau anakan. Dimana Dalam perawatan keduanya berbeda dan sangat perlu untuk di perhatikan. secara umum dari semua perawatan adalah;
  • Pemberian pakan ikan guppy
  • perawatan menjaga kualitas air
  • sirkulasi udara yang baik
Itulah Sebagian dari perawatan guppy secara umum, sedangkan untuk perawatan ikan guppy yang masih kecil atau anakan di mulai dari ikan guppy baru menetas sampai ke ukuran ikan guppy dewasa.

Ikan Guppy

Ikan Guppy merupakan Salah satu jenis ikan hias yang banyak di pelihara oleh masyarakat. selain Bentuk tubuhnya indah, harga ikan guppy pun cukup murah sehingga bisa di jangkau oleh berbagai kalangan.
anakan ikan guppy
anakan ikan guppy

Perawatan anakan guppy Setelah menetas

Pisahkan anakan dengan Induk

Tujuan dari pemisahan ini agar ikan guppy anakan atau burayak tidak menjadi pakan alami bagi indukan guppy. Pemisahan induk dengan anakan merupakan salah satu metode beberapa pembenihan ikan yang termasuk dalam jenis ikan omnivora dan karnivora.

Usahakan sesegera mungkin untuk memisahkan anakan ikan guppy dari induknya, dan memindahkannya pun dengan cara halus agar tidak stress. Perlu diperhatikan agar indukan tidak stres dan ikan guppy anakan juga tidak terganggu dengan pemisahan ini.

Burayak atau anakan guppy sebaik ditaruh di aquarium dan diberi gelembung udara atur kekencangan semburan gelembung udara dikekencangan yang paling rendah agar anakan guppy tidak stres. 

Karena habitat asli ikan guppy adalah sungai yang berarus tenang. Jika bisa taruhlah aquarium yang berisi anakan ikan guppy ditempat yang cukup terkena sinar matahari. Cara ini agar warna yang keluar pada anakan guppy bisa cerah. 

Anda juga perlu memperhatikan kondisi air di aquarium usahakan untuk mengganti airnya selama dua hari sekali, tetapi tidak semua harus diganti hanya 20% nya saja dengan cara menyedotnya pada bagian bawah aquarium dengan selang kecil. 

Lakukan hal iini dengan pelan dan hati hati usahakan tidak ada anakan yang ikut tersedot. Begitu juga pada saat menambahkan kembali airnya lakukan dengan menggunakan selang kecil tersebut. Penggantian air secara rutin ini bertujuan agar ph air tetap normal. Ph normal untuk ikan guppy sekitar 6,7 – 7,2.

Pemberian Makanan Untuk Guppy anakan

Tidak hanya cara perawatan ikan guppy anakan saja yang harus diperhatikan tetapi juga dari pakannya harus diperhatikan. 

Ikan guppy  bagi para penghobi ikan hias air tawar ini walau tidak begitu rewel dan termasuk ikan yang tahan banting. Penghooby ikan guppy hias harus tetap ekstra dalam perawatannya karena anakkan ikan guppy rentan terhadap kematian. 

Usia 1- 5 hari anakan guppy

Untuk ikan guppy yang berusia 1 sampai 5 hari usahakan jangan memberi pakan ke anakan ikan guppy. Kenapa sie gak boleh dikasih makan pada usia segitu ? 

Pakan Kuning telor rebus

Pasti bagi pemula udah langsung kebelet pengen buru buru ngasih makan. Ya, karena anakan ikan guppy yang baru lahir masih memiliki cadangan makanan berupa yellow egg diperutnya.  

Setelah itu anakan ikan guppy di beri makan berupa kuning telur yang di rebus terus di berikan kepada burayak ikan guppy. Yap kuning telur yang telah direbus, memberinya secara sedikit sedikit sekali, bisa dengan cara di taruh di sendok teh tetapi hanya ujungnya saja lalu campurkan dengan sedikit air dan hancurkan sampai halus lalu kasihkan ke anakan guppy anda. 

Penghancuran dilakukan agar makanan muat dengan mulut anakan ikan guppy yang masih halus halus, cara ini juga termasuk mudah dan saya juga telah memcobanya lebih praktis dan hemat.

Pakan Setelah lebih dari 2 Minggu

Setelah lebih dari 14 hari baru anda bisa memberinya makan , makanan yang baik untuk anakan guppy biasanya berupa kutu air tetapi karena kutu air susah untuk didapat ada altenatif berupa kuning telur rebus. 

Tetapi bisa juga memberinya dengan pelet yang warna merah hijau, dengan cara direndem di air biasa atau air hangat juga bisa agar cepat lunak. Lalu hancurkan seperti memberikan kuning telur tadi. 

Waktu pemberian pakan anakan ikan guppy dengan indukannya sama saja yaitu 2kali sehari. Bila guppy telah tumbuh dewasa anda bisa memberinya cacing sutra yang anda potong-potong kecil.

Penyakit Yang Perlu Diwaspadai pada anakan Guppy

Yang namanya makhluk hidup pasti punya penyakit, begitu juga ikan. Anakan guppy masih sangat rentan terhadap penyakit, pada usia anakan penyakitnya susah untuk dideteksi. Penyakit yang umumnya menyerang burayak guppy adalah jamur maupun bakteri. 

Yang  menyebabkan penyakit pada anakan guppy adalah kondisi air yang tidak bagus dan juga yang terdapat pada pakan hidupnya yang belum dibersihkan secara maksimal. 

Maka jika ingin memberikan pakan hidup pastikan anda membersihkannya secara maksimal sebelum diberikan keburayak guppy. 

Penyakit yang mudah terlihat ialah munculnya bercak putih pada tubuh guppy biasa disebut whitespot. Cara mengatasinya dengan meggunakan larutan biru (methylblue) campur dengan air dan taruh ikan yang sakit kedalamnya selama satu hari penuh Insya Allah ikan akan sembuh. 

Campurkan methylblue hanya 2-6 tetes jangan sampai airnya menjadi warna biru pekat, usahakan hanya berwarna biru cerah. Penyakit yang disebabkan oleh pakan alami biasanya bakteri bakteri yang masih terbawa pada saat pemberi pakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close