Makanan Ikan Patin Agar Cepat Besar

MAKANAN IKAN PATIN AGAR CEPAT BESAR - Pakan Ikan pada Pembudidaya ikan sangat penting peranannya. Selain sebagai Penambah Nutrisi bagi ikan Terutama Ikan Patin Juga bisa memberi kandungan karbohidrat agar ikan patin tumbuh dengan cepat dan menjadi besar.

Ikan Patin

Seperti kita ketahui bahwa ikan patin selain bisa di budidayakan juga adakalanya ikan patin dipelihara sebagai ikan hias. Perkembangan ikan patin sangat tergantung dari bagaimana pemberian pakan dan jenis makanan apa yang di berikanan.
Ikan Patin
Ikan Patin

Untuk Jenis Makanan Patin juga sangat bervariasi da beragam, Dimana Jenis pakan patin terdiri dari pakan alami dan pakan buatan. Dalam pemberian pakan ini juga perlu melihat jenis patin yang akan di beri pakan.

Jenis pakan alami 

Seperti hanya ikan patin kecil atau anakan sangat di sarankan untuk memberikan pakan pakan yang bernutrisi dan mampu mencegah dari penyakit dan pakan tersebut berupa pakan alami diantara nya;
  • Daphnia
  • Kutu air
  • cacing sutra
Pemberian Jenis Pakan alami biasanya di gunakan sebagai makanan Ikan Patin Kecil. Karena Ikan patin kecil sangat membutuhkan asupan asupan protein yang bisa membuatnya bertahan hidup dan menumbuhkan diri.

Jenis pakan Buatan

Untuk jenis pakan buatan biasanya dalam pemeliharaan ikan patin menggunakan pakan pabrikan atau pakan buatan,. Karena Dari pakan buatan ini sudah banyak terkandung zat zat yang di perlukan untuk pertumbuhan ikan pati agar cepat panen dan besar.
pakan buatan Ikan patin
pakan buatan Ikan patin


Bahan hewani dan nabati merupakan sumber bahan baku yang umum digunakan. Namun demikian, limbah dari suatu proses industri seperti industri penangkpan dan pengolahan ikan dapat digunakan sebagai bahan baku pakan. 

Permasalahan yang dijumpai dilapangan adalah beberapa bahan baku tersedia untuk daerah tertentu, namun tidak tersedia di daerah lain, selain itu ketersediaannya sangat terbatas dan tidak kontinyu

Ada dua Jenis Pakan Buatan yang beredar di pasaran. Jenis tersebut antara lain;
- Pakan Pelet terapung
- pakan Pelet Tenggelam

Biasanya para pembudiya ikan patin menggunakan jenis pakan buatan yang berupa pelet terapung. Dimana Maksud pemilihan Jenis pakan itu karena pakan bisa terkontrol serta pakan terapung mengurangi resiko dimana pakan akan menjadi racun bila tidak cepat di makan oleh ikan patin dan mengurangi kadar oksigen pada air karena pakan yang hancur tak termakan akan menjadi amoniak.

Pemberian jenis Pakan Buatan Biasanya di gunakan Untuk makanan ikan patin besar dimana ikan patin besar memerlukan kandungan zat yang bermanfaat bagi dirinya.

Tips Dalam memilih pakan Buatan

setelah kita mengertahui bahwa kebanyakan pembudidaya ikan patin memilih jenis pakan terapung maka ada hal yang perlu di perhatikan dalam membeli pakan buatan tersebut.

Dalam emmilih bahan baku pakan, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah : kandungan nutrisi esensial, kecernaan, ada tidaknya anti nutrisi dan zat toksik, ketersediaan secara komersial, dan harga. 

Kandungan zat Dalam pakan Buatan

Bahan baku untuk pakan ikan patin yang akan diramu untuk formula pakan harus memenuhi persyaratan tertentu yaitu : bahan tidak mengandung racun, kandungan gizi baik, tidak bersaing dengan kebutuhan pangan manusia, tersedia secara kontinyu, harga bahan murah.

Dalam penentuan formula dan penentuan bahan baku, harus berorientasi pada kualitas pakan yang akan diproduksi. Pakan yang berkualitas terdiri atas bahan-bahan yang apabila diramu menghasilkan ransum dengan gizi berimbang.  

Selain itu pellet yang dihasilkan dapat memenuhi tuntutan sifat fisik dan memiliki daya Tarik bagi ikan. Secara umum pakan harus mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang sesuia dengan kebutuhan setiap jenis ikan. Selain jumlah atau proporsinya berimbang, nutrisi yangd ikandung juga harus mudah dicerna oleh sistem pencernaan ikan.

Bahan baku pakan berasal dari berbagai sumber dan biasanya bahan baku tersebut tidak untuk kepentingan manusia. 

Ketersedian Secara Komersial dan Harga

Perlu di pertiangkan juga untuk memilih jenis pakan dimana pakan untuk ikan patin di lihat dari 2 hal yaitu harga dari pakan ikan patin dan ketersediannya dari pakan tersebut.

Untuk harga Ikan Patin Harus mempunyai harga yang murah dimana dalam perhitungannya setiap kali panen ikan patin maka modal untuk memberi pakan tidak lebih banyak dari keuntungannya. 

Semisal kita memerlukan Patin dengan berat satu kilo dan harga patin di pasaran berkisal 20 ribu rupiah maka harga yang bisa kita beli untuk panen yang untung berkisar antara 10 - 13 ribu perkilo pakan.

Pakan Ikan patin dari Sayuran

Pemberian pakan pada ikan patin pada sayuran tentu di perbolehkan. karena Ikan patin termasuk dalam jenis ikan omnivora atau jenis ikan pemakan segalannya baik sayuran maupun daging.

Pemberian pakan berupa sayuran kepada ikan patin termasuk dalam jenis pakan alternatif dan bukan pakan utama sehingga dalam jadwal pemberian pakan ikan patin hanya beberapa kali dalam masa pemeliharaan atau budidaya ikan patin.

kelebihan Pemberian pakan Ikan berupa sayuran adalah harga yang murah dan bisa mengurani cost dalam budidaya ikan patin tetapi kelemahan dari pemberian makanan ikan patin berupa sayuran juga masih kurangnya protein dalam sayuran tersebut untuk pertumbuhan ikan.

Demikian Sekilas tentang Artikel Makanan Ikan Patin agar ikan patin kita cepat besar dan bisa di panen. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close