Ciri Ciri Ikan Demersal

CIRI CIRI IKAN DEMERSAL - Ikan Dalam perairan laut atau ikan laut terbagi menjadi 2 bagian yaitu ikan pelagis dan ikan demersal. Untuk ikan pelagis adalah jenis ikan yang berenang di atas permukaan sedangkan ikan demersal biasanya mempunyai karakteristik suka hidup di dasar perairan.

contoh ikan demersal
contoh ikan demersal
Gambaran di atas adalah pengertian umum antara ikan pelagis dan ikan demersal, lantas apa ikan demersal dan bagaimana ciri ciri daripada ikan demersal tersebut. Karena terkadang masih banyak yang belum memahami jenis ikan demersal dan pelagis.

Definisi ikan demersal

Ikan demersal merupakan jenis ikan yang hidup, makan dan beradaptasi di zona demersal atau dasar perairan. Biasanya jenis ikan demersal mendiami habitat yang berupa pasir, lumpur dan bebatuan. jenis Ikan demersal jarang di jumpai di daerah terumbu karang atau perairan karang.

Jenis Ikan Demersal

Berdasarkan definisi ikan demersal diatas maka ikan demersal bisa di temukan di sekitar punggung laut, pesisir pantai yang berpasir dan berlumpur, sampai pada zona laut dalam atau abbysal zone.

Jenis Ikan demersal berdasarkan bentuk

Untuk pembagian jenis ikan demersal berdasarkan bentuk terbagi menjadi menjadi dua yaitu ikan demersal kecil dan ikan demersal besar.

Untuk ikan demersal kecil seperti jenis ikan perak, ikan terompet, ikan pastel hijau, ikan lepu, ikan nemo dan ikan banggai

Sedangkan Untuk jenis ikan demersal besar seperti antara lain ; jenis ikan kerapu, ikan kakap, ikan baronang dan ikan buntal serta ikan kuwe.

Jenis Ikan Demersal Berdasarkan Klasifikasi

1.Ikan Demersal jenis Ikan Benthic

Jenis Ikan benthic berperan sebagai predator penyergap atau senantiasa bergerak menyapu dasar laut mencari makanan.

Ikan pipih seperti flounder dan halibut, setelah dewasa, memiliki mata hanya di satu sisi kepalanya saja. Pada tahap ini, ikan akan senantiasa mengubur dirinya di dalam pasir atau berkamuflase menyerupai lingkungannya sambil menunggu mangsa. Selama bersembunyi, kedua matanya tetap berada di posisi atas. 

Ikan pipih termasuk golongan ikan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, karena kedua mata dari larva ikan ini berada pada kedua sisi tubuhnya, dan seiring pertumbuhannya, salah satu matanya akan bergerak ke satu sisi tubuhnya. 

Pola hidupnya pun berubah.Contoh ikan bentik lainnya yang juga berbadan pipih adalah beberapa spesies dari famili Dasyatidae.Meski demikian tidak semua ikan benthic berbadan pipih. 

Jenis ikan demersal benthic seperti Ikan hiu kepala martil, ikan Bathypterois grallator, Ipnopidae, dan Myxinidae tidak memiliki tubuh yang pipih. Dan Kesemua jenis ikan itu dalam kategori ikan demersal.

Ikan demersal jenis Ipnopidae merupakan satu-satunya ikan benthic yang memakan plankton dengan cara menyaring. Mereka memiliki sirip memanjang untuk "berdiri" di atas dasar laut, dan menghadapkan tubuh mereka berlawanan dengan arah arus air laut sehingga menyaring plankton yang memasuki tubuh mereka.

Ikan dmersal jenis benthic telah beradaptasi untuk mengalami kontak langsung dengan dasar laut. Gelembung renang mereka tidak ada atau telah mengecil hingga tidak memiliki fungsi.

Berdasarkan bentuk tubuh dan cara predasinya, ikan benthic dibagi menjadi    beberapa jenis:

Ikan demersal Penyapu Dasar Laut

Karakteristik ikan demersal jenis Penyapu dasar laut memiliki bentuk tubuh seperti ikan biasa namun dengan kepala yang lebih pipih, mulut yang lebar, dan sirip pektoral yang membesar. 

Ciri dari Ikan penyapu dasar laut ini berenang tepat di atas dasar laut dan menghisap mangsa yang berada dekat dengan mulutnya. Contoh ikan jenis ini adalah Ictaluridae.

Ikan demersal jenis Penjejak Dasar Laut

Dinamai berdasarkan sirip pelvisnya yang membesar sehingga menyerupai kaki. Ikan ini "berjalan" di dasar laut. Contohnya adalah ikan goby.

Ikan demersal jenis Ikan Bersembunyi

Ikan ini bukan ikan pipih namun menyembunyikan tubuhnya di dasar laut, misal dengan menggali lubang atau bersembunyi di antara bebatuan.

Ikan pipih Umumnya bersembunyi di bawah pasir atau berkamuflase dengan lingkungan sekitar. Sesuai namanya, ikan ini berbentuk pipih.

Ikan demersal jenis Ikan ekor tikus

Ikan ini memiliki kepala yang relatif besar dibandingkan ekornya. Dengan bentuk tubuh yang mengerucut dari kepala ke ekor, sehingga ikan ini dinamai ekor tikus. Bentuk adaptasi seperti ini belum diketahui alasannya, namun sepanjang hidupnya ikan ini hanya memakan bangkai atau invertebrata kecil.

2. Ikan Demersal jenis Ikan Benthopelagic

Ikan Pseudotriakis microdon, yang hidup pada kedalaman 1200 meter memiliki minyak hati yang menjadikannya mampu melayang di air. Ikan ini memakan cumi, belut, dan ikan kecil benthic ukuran kecil.

Ikan demersal jenis benthopelagic mampu melayang di atas air namun memilih hidup dekat dengan dasar laut. Ikan ini memakan makhluk penghuni dasar laut (benthos) juga plankton. Ikan benthopelagic memiliki gelembung renang. Ikan dari famili moridae, belut dasar laut, halosaur, dan notacanthiformes adalah ikan yang dominan pada kategori ini.

Ikan hiu dari ordo Squaliformes memiliki hati yang mengandung minyak sehingga dapat melayang di air. Ikan hiu jenis ini juga dapat beradaptasi pada tekanan air yang tinggi dan telah ditemukan pada kedalaman hingga 2000 meter, memakan partikel organik yang jatuh dari permukaan laut, seperti bangkai paus. 

Jenis adaptasi seperti ini membutuhkan energi yang relatif tinggi, terutama untuk mempertahankan jumlah minyak di dalam hati dan kemampuan renang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close