Cara Memelihara Ikan Louhan Dengan Gampang

Memelihara ikan louhan mempunyai beberapa teknik dan penanganan tersendiri. Karena ikan louhan ada jenis ikan hias yang mempunyai ekonomi tinggi. Jadi dalam perawatannya ikan louhan harus mempunyai panduan panduan dan teknik tersendiri.

Ikan Louhan

Dalam perawatan Ikan Louhan memang Harus lebih teliti dan seksama. Karena Jenis Ini mempunyai Tingkat Stress yang tinggi daripada ikan hias lainnya. Ikan Louhan Apabila salah dalam perawatan maka akibatnya sangat fatal.

merawat ikan louhan
merawat ikan louhan
Pemeliharaan Ikan Louhan mempunyai beberapa tujuan yang berbeda beda. Dimana tujuan perawatan tersebut antara lain;
  • Cara merawat ikan louhan agar tidak stress
  • Cara merawat ikan louhan agar cepat jenong
  • Cara merawat ikan louhan agar warna bagus

Tujuan dari perawatan tersrbut mempunyai tread dan teknik yang khusus dan berbeda beda

Cara Memelihara ikan Louhan Bagi Pemula

Untuk yang baru belajar merawat ikan louhan maka perlu di perhatikan adalah kualitas air dan pemberian pakan. karena dalam prinsip pemeliharaan kedua faktor tersebut mempunyai andil dalam teknik pemeliharaan ikan hias louhan.

Memindahkan ukuran louhan yang sudah besar

perlu dipertimbangkan dalam pemeliharaan ikan louhan adalah memberikan ruang yang besar dan jangan mencampurkan jenis louhan yang berbeda bentuk. Dimana usahakan dalam satu kolam atau aquarium jenis ikan louhan sama besarnya.

Sifat ikan louhan yang cenderung agresif dan kanibal maka louhan besar dan kecil perlu di beri kolam tersendiri. Ikan Louhan akan mudah stress bila kepadatan dalam kolam tidak di perhitungkan. Pemelihara ikan louhan sangat penting dengan memperhatikan jumlah ikan louhan dalam satu kolam.

Pemberian pakan dalam perawatan ikan louhan

Dalam pemberian pakan perlu di perhatikan adalah perbedaan pemberian jenis pakan anatara louhan kecil dan dewasa. Pemberian pakan mempunyai presentasi 30 persen keberhasilan dalam memelihara ikan louhan,

Untuk Louhan kecil bisa menggunakan pakan pokok berupa pelet ukutan kecil dan makanan alami seperti cacing cutra dan udang kecil. serta beberapa pakan tambahan untuk menjaga kesehatan dari louhan kecil agar bisa bertahan hidup.

Sedangkan untuk jenis louhan dewasa, bisa di beri pakan berupa udang besar, pelet ukuran besar, jangkrik, cicak dan serangga yang lainnya. Ikan louhan dewasa lebih mudah pemeliharaannya daripada jenis ikan louhan kecil

jenis makanan ikan louhan menurut kebutuhannya terbagi menjadi 2 jenis pakan diantara;

Pakan Pokok

Pakan pokok inilah jenis pakan yang bisa memberikan tambahan nutrisi pada ikan louhan. Pakan pokok bisa berupa pakan buatan atau pakan alami.

Pakan tambahan

Jenis pakan tambahan ini berfungis agar ikan louhan mempunyai warna yang menarik, mempunyai bentuk jenong yang lebih bagus, dan sirip dan sisik yang yang mempunyai bentuk unik serta terhindar dari berbagai penyakit.

Menjaga kualitas air dan kondisi Kolam ikan louhan

Teknik pemeliharaan ikan louhan selanjutnya adalah mengenai kualitas air dan kondisi kolanm ikan lohan. Tata cara atau teknik dalam perawatan kolam ikan louhan adalah suatu hal yang tidak boleh untuk di tinggalkan.
Memang jenis ikan louhan hias ini tidak dapat hidup di dalam kondisi kolam akuarium dengan air yang kotor dan suhu yang tidak terkendali. Oleh karena perawatan ikan louhan dalam aquarium perlu sangat di perhatikan
Resiko apabila kolam dan kualita air di indahkan maka konsisi ikan louhan peliharaan dapat mengalami stress dan kemudian akan mati secara perlahan
Kebanyakan ikan louhan yang mengalami stress atau depresi karena teknik pemeliharaan dan perwatan yang tidak mengindahkan kualitas air dan kondisi kolam.
Untuk itu, inilah tata cara perawatan kolam ikan louhan yang patut untuk Anda cermati. Diantaranya adalah :

Ukuran Kolam pemeliharaan

Kolam pemeliharaan Ikan Louhan harus 3 kali ukuran badan ikan . Sebelum membahas tentang cara perawatan kolam akuarium ikan louhan, maka yang perlu Anda ketahui yang pertama adalah gunakan kolam akuarium dengan ukuran 3 kali lebih besar dibanding dengan ukuran ikan louhan. 
Tujuannya adalah agar ikan louhan dapat bebas bergerak kemanapun sehingga dapat mengurangis stress dan juga depresi dari ikan louhan. Ikan Louhan agar lebih leluasa bergerak dan merasa nyaman karena tempat yang luas.

Pengontrolan kualitas air

Setelah itu menentukan dan membuat kolam untuk perawatan ikan louhan maka yang selanjutnya adalah kontrol kualitas air. teknik pengontrolannya adalah dengan terjadwal dan tercatat. 
Kualitas air dalam pemeliharaan ikan louhan meliputi, suhu, salinitas, kejernihan, bakteri dalam kolam dan hal lainnya agar ikan louhan merasa nyaman di dalam kolam dengan kualitas air yang baik,

Salinitas Kolam Ikan Louhan

Pastikan bahwa kolam perawatan ikan louhan tetap berada pada salinitas atau pH skala 7 atau 8 sehingga kualitas air tidak terlalu asam atau asin. Salinitas ini sudah sesuai dengan kondisi habitat alami ikan louhan

Suhu kolam pemeliharaan ikan louhan

usahakan suhu kolam akuarium ikan louhan ini tetap berada di suhu 28 hingga 32 derajat celcius.

Pasang Filter di kolam pemeliharaan

Langkah kedua untuk perawatan kolam ikan louhan adalah dengan memasang filter air yang bertujuan untuk mengurangi kadar racun ammonia dan nitrat yang mungkin tercampur di air kolam akuarium louhan. Ya, munculnya racun tersebut karena sisa pakan ikan louhan yang mungkin larut pada air.
Oleh sebab itu, dengan adanya penggunaan filter air tersebut maka racun-racun tersebut dapat ditanggulangi dan tersaring di filter air kolam akuarium Anda. Filter kolam menjadi salah satu syarat terpenting dalam merawat ikan louhan di aquarium.

Ganti Air dalam Kolam

Langkah terakhir dalam perawatan kolam akuarium ikan louhan adalah dengan cara menguras akuarium ikan louhan minimal 1 kali dalam 2 minggu. Gunakan air untuk perawatan ikan louhan yang tidak tercemar oleh limbah. usahakan air di tampung terlebih dahulu di dalam tanki penampung sebelum di gunakan ke kolam pemeliharaan ikan louhan
Tujuannya adalah guna menjaga kualitas air akuarium ikan louhan agar tetap bersih dan tentunya tidak mengandung beberapa racun-racun berbahaya yang terkandung dalam air akuarium sebelumnya.
Demikian sedikit informasi Mengenai bagaimana merawat ikan louhan, semoga artikel ini bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close