Hal-hal Yang Membuat Kecelakaan Di Kapal

Banyak kecelakaan yang sebenarnya tidak perlu terjadi, tetapi bisa terjadi dan sangat merugikan. Karena itu diperlukan pengetahuan untuk mencegahnya agar kerugian dapat dihindarkan. Semua kecelakaan yang pernah terjadi ada sebabnya, semua sebab bisa dicari dan diketahui, karena itu semua sebab kecelakaan dapat dihindari sehingga semua kecelakaan bisa ditiadakan, sampai tercapai bebas kecelakaan.

Salah satu cara mencegah Kecelakaan Kerja yaitu dengan menerapkan kaidah-kaidah Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerja, yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. Pada pelaut diharuskan memiliki sertifikat (BST ) tersebut sebagai dasar ketrampilan yang di berlakukan peraturan pemerintah sesuai undang-undang kelautan yang berlaku.terkait segala keselamatan-keselamatan di atas kapal. Berbagai faktor penyebab utama kecelakaan laut diantaranya:


1. Human Error

Para awak kapal harus memiliki pengetahuan (knowledge), pemahaman ( understanding), kecakapan (proficiency ) serta keterampilan (skill ) yang diperlukan untuk mengantisipasi resiko kecelakaan, dan meminimalisir kesalahan manusia (human error ), sebagai salah satu faktor kecelakaan laut yang terjadi.

2. Faktor Alam

Faktor cuaca buruk merupakan permasalahan yang sering dianggap sebagai penyebab utama dalam kecelakaan laut.

3. Kelebihan Kapasitas

Sebagian besar kecelakaan yang banyak terjadi, adalah akibat dari jumlah penumpang yang melebihi kapasitas angkut dari kapal. Hal ini selain disebabkan kelalaian dari nahkoda kapal, kadangkala juga disebabkan kelalaian dari pengawasan pelabuhan, ketika kapal akan diberangkatkan.

4. Faktor Teknis

Faktor lain yang biasa terjadi sebagai penyebab dari kecelakaan tranportasi laut adalah faktor teknis. Faktor teknis ini banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, seperti desain kapal yang tidak sesuai dengan standar.

5. Pengelolaan Lalu Lintas

Pengelolaan lalu lintas di bidang transportasi laut baik kapal yang akan memasuki ataupun yang meninggalkan pelabuhan, berfungsi untuk kelancaran arus lalu lintas di pelabuhan.

Belum ada Komentar untuk "Hal-hal Yang Membuat Kecelakaan Di Kapal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close