SYARAT MENJADI PELAUT

Syarat Menjadi Pelaut
Syarat Menjadi Pelaut
Syarat Menjadi Pelaut - Untuk menjadi Seorang Pelaut memerlukan berbagai skill keahlian dan ketrampilan. Karena bekerja sebagai pelaut bukan hanya tenaga yang di perlukan tetapi otak juga mendukung dalam menjalani profesi sebagai pelaut.  Selain otak yang pintar, mental dan fisik juga termasuk syaat menjadi pelaut.

Untuk syart fisik menjadi pelaut bisa di latih dengan berjalanan waktu, begitu juga dengan syarat mental bisa timbul apabila pengalaman nerlaar cukup banyak dan cukup mumpuni

Pelaut adalah suatu pekerjaan yang mulia. Karena sebagai pelaut kita mempertaruhkan nyawa kita di tengah lautan dan terombang ambing di samudera.

Syarat Menjadi Pelaut

Akan tetapi buat Anda yang ingin jadi seorang Pelaut untuk pemula. Anda harus melalui prosedur atau syarat menjadi palaut. Bagaimana syarat menjadi pelaut, Anda harus penuhi syarat dan persyaratannya agar cita-cita menjadi pelaut terwujud. Berikut ini daftar prosedur menjadi pelaut untuk pemula.


1. Persiapkan hal-hal berikut ini :

a. Siapkan SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian ). Usahakan dari Polres domisili anda.

b. Ijasah Terakhir ( FC dan legalisir). Usahakan Memiliki Ijasah SLTA atau sederajat atau persamaan ijazah tersebut.

c. akta kelahiran

d.  Pas Foto 
- Deck dengan background Biru 
- mesin, background warna Merah.

e. Persiapan Mental dan Fisik untuk menuju Point no 2. Dimana di Point 2 adalah nama ijazah atau sertifikat keahlian sebagai seorang Pelaut.

2. Selajutnya Anda harus mengambil surat-surat yang diperlukan diantaranya adalah :

a. Buku Pelaut. BACA : MENGENAL BUKU PELAUT

b. Wahtchkeeping – ANT-D ( deck ) dan ATT – D ( untuk mesin )

c. Sertifikat pendukung lainnya adalah

- SCRB

- AFF

- MEFA

Potensi pekerjaan menjadi seorang pelaut masih terbuka lebar pada Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa negara Indonesia meupakan negara maritim yg memiliki laut sangat luas. Coba baca  Lowongan Perwira Kapal Nasional Indonesia Butuh Perwira Laut 

Baru Setiap Tahun di tulisan tadi telah pada informasikan jikalau setiap tahun Indonesia kekurangan perwira kapal sebagai akibatnya setipa tahun butuh tenaga seseorang pelaut yg handal dengan kemampuan harus sesuai standar SDM sesuai bidang kepelautan.

Syarat menjadi Pelaut Memang tidak terlalu harus sekolah di sekolah pelayaran dan memiliki ijazah sarjana. Cukup dengan mengikuti diklat kepelautan dan mempunyai sertifikat sudah cukup untuk menjadi pelaut.

Walaupun untuk menjadi Pelaut yang handal selain faktor ijazah yang di perlukan adalah pengalaman dan kepiawaian dalam berlayar maupun mengarungi gelombang.

Untuk menjadi Pelaut tidak harus berada di kapal niaga atau kapal tanker, karena pelaut dari kapal perikanan pun tergolong sebagai pelaut yang handal. Hanya di kapal perikanan, pelautnya mempunyai kelebihan tanggap di keselamatan dan pengalaman. Sedangkan kekurangan dari pelaut kapal perikanan adalah permasalahan ijazah pendukung untuk syarat menjadi pelaut yang handal dan profesiona.

Untuk menjadi Pelaut yang bersaing maka di niai dari kemampuan kita dalam menangani beberapa konflek kehidupan.

Untuk Mendapatkan Semua Sertifikat kepelautan tersebut, Saat Ini Kemenhub Sedang mengadakatan DIKLAT PELAUT GRATIS

Syarat Menjadi Pelaut

close
SYARAT MENJADI PELAUT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

2 komentar:

  1. saya pingin kerja sebagai pelaut,,,ada kah orang yang bisa membawa saya menjadi pelaut

    ReplyDelete