Pembuatan Pupuk Rumput Laut

Pembuatan Pupuk Rumput Laut - Rumput laut yang menjadi komoditas perikanan dan mempunyai manfaat yang sangat banyak. Produk produk olahan rumput laut pun telah berkembang dan banyak. Untuk saat ini ada salah satu produk yang telah mendapat minat yang banyak khusunya petani. Karena produk olahan rumput laut ini berupa pupuk organik.
Penggunaan akan pupuk organik saat ini menjadi meningkat seiring dengan kesadaraan masayrakat akan bahaya yabg di timbulkan oleh pupuk kimia. Dengan adanya kondisi seperti itu maka timbul pemikiran dari para peneliti KKP untuk membuat sebuah pupuk dari bahan rumput laut.

Untuk pembuatan pupuk laut tergolong gampang dan murah seperti hanya dengan merendam rumput laut dengan berat 1 kilo di rendam pada air tawar seberat 10 liter tunggu saja selama satu hari maka hasil air rendam sudah menjadi pupuk. Tetapi pupuk jenis ini bisa di gunakan maksimal sampai 3 hari,

Berbeda dengan pupuk rumput laut yang di buat para peneliti KKP ini. Rumput laut yang di jadikan bahan dasar pembuatan melalui beberapa proses agar pupuk yang akan di gunakan mampu bertahan lama dan mempunyai hasil maksimal.

Ada dua jenis Pupuk yang di hasilkan antara lain :

- Pupuk Cair
- Pupuk Padat

Pembuatan Pupuk Cair Dari Rumput Laut

Cara pembuatannya 

-  terlebih dahulu rumput laut di ekstrak. Ada dua cara pengestrakannya antara lain :
  1. Pupuk cair rumput laut dihasilkan dengan cara mengekstrak cairan yang terkandung dalam rumput laut (SAP) dengan cara pengepresan, 
  2. - pengekstrakan dengan cara mengompos rumput laut dalam tanki 

- menambahkan bakteri fermentasi dan media pertumbuhan, 
seperti molase (tetes tebu). 
- Cairan yang dihasilkan kemudian dipisahkan menggunakan alat pengepres atau filter press, 
- lalu pupuk cair diujikan ke tanaman.

Pembuatan Pupuk Padat Dari Rumput Laut
Untuk Pembuatan pupuk padat rumput laut dalam bentuk granul. 
Bahan yang digunakan berasal dari rumput laut cokelat Sargassum sp., dan juga memanfaatkan limbah industri pengolahan agar (Gracilaria sp). Dimanan bahan bahan ini di manfaatkan dengan di campur menjadi satu.

Setelah Bahan rumput laut tersebut dicampur dengan bahan pengisi lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan unsur hara kemudian diolah menjadi bentuk granul.

Semoga Bermanfaat

Related Posts:

0 Response to " Pembuatan Pupuk Rumput Laut "

Posting Komentar