CARA MERAKIT JARING GILLNET MILLENIUM

Cara Merakit Jaring GillNet Millenium  - Cara Merakit Jaring GillNet Millenium - Merakit jaring seperti hanya merangkai jaring. Jadi pengertian antara membuat dan merakit jaring sangat jauh berbeda. 

Apabila kita merakit jaring berati jaring yang sudah kita buat di gabung menjadi satu untuk di lakukan operasi penangkapan ikan. Jadi merakit jaring gill net  adalah kegiatan sebelum kita melakukan penangkap ikan dengan menggunakan Gill net.
Cara Merakit Jaring Gill Net Millenium
Cara Merakit Jaring Gill Net Millenium

Untuk Membuat Jaring setidaknya kita harus membuat perencanaan terlebih dahulu, dari mulai target tangkapan, Ukuran mata jaring, Jumlah Pelampung dan jumlah pemberat.

Berbeda dengan Merakit jaring, Untuk merakit jaring kita tidak perlu melewati tahapan perencanaan dan pembeli bahan bahan jaring. Kita hanya memasang dan mempersiapkan alat tangkap gillnet millenium untuk langsung di gunakan atau untuk langsung melakukan operasi penangkapan ikan.

Jaring Gillnet / Jaring insang pada umumnya berbentuk empat persegi panjang. Begitu Pula dengan Gillnet millenium yang membedakan hanya pada bahan jaring.

Dalam satu set jaring maka Ukuran mata jaring (mesh size) seluruh bagian jaring adalah sama. Semisal jaring tersebut mata jaringnya 2 inchi maka seluruh Ukuran mata jaring yang digunakan sama dan disesuaikan dengan jenis dan ukuran ikan yang menjadi target tangkapan.]

Sebelum Kita Merakit Jaring gillnet maka terlebih dahulu kita mengenal tentang Konstruksi jaring gillnet atau Jaring insang. Dimana Konstruksi terdiri dari : 

  • Badan jaring (webbing).
  • Tali ris atas.
  • Tali ris bawah.
  • Pelampung.
  • Pemberat.
  • Tali slambar (tali penghubung antar pis.)
Jaring insang termasuk kelompok alat penangkap yang selektif, dan bisa di katakan ramah lingkungan. Untuk itu penangkapan ikan dengan alat tangkap gillnet millenium kembali di galakan.

Kenapa jaring gillnet di katakan ramah lingkungan karena ukuran minimum ikan yang menjadi target tangkapan dapat diatur dengan cara mengatur ukuran mata jaring yang digunakan. Semisal mata jaring 2,5 Inchi maka target tangkapan adalah ikan yang mempunyai diameter lingkar lebih dari 2,5 inchi.

Ikan-ikan yang menabrak jaring. Ukurannya mata jaring dan bukaannya sangat ditentukan oleh ikan yang menjadi tujuan penanangkapan. Maka dari itu perbedaan dari membuat jaring dan merakit jaring Gill Net Millenium.

Tahapan cara Merakit  jaring Gill net Millenium

- Lembaran Jaring di angkat ke atas deck kapal

- Ujung Dari Jaring Pertama di ikatkan dengan tali dengan tujuan tali tersebut di gunakan untuk sebagai pelampung tanda

- Bentang kan jaring agar bisa terpasang pelampung dan pemberat jaring

- Letakkan Pelampung dan pemberat dengan rapi dan tertata dengan tujuan di saat setting atau melakukan penangkapan ikan jaring tidak melintir atau membelit

Demikian artikel yang sedikit Ini Semoga memberi manfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close