Cara Menghitung Kebutuhan ES Pada Kapal Perikanan

Cara Menghitung Kebutuhan ES Pada Kapal Perikanan - Dalam menghitung kebutuhan es untuk kegiatan penanganan ikan, selain sifat fisik es juga harus diketahui kondisi fisik lingkungan, sifat fisik wadah (cool box), sifat fisik ikan dan lama penyimpanan, karena fakta ini diperlukan dalam menghitung jumlah panas (H) yang harus diambil oleh es yang digunakan untuk mendinginkan.

Di kapaal Perikanan kebutuhan es adalah suatu hal sangat penting . Karena Es mempertahankan akan Kualitas Mutu Ikan segar. Dan supaya nelayan tidak terlalu banyak dalam membawa kebutuhan akan es maka di perlukan cara menghitung kebutuhan es

Kondisi fisik lingkungan yang harus diketahui adalah suhu air laut atau media pemeliharaan ikan (untuk memperkirakan suhu ikan yang dipanen), suhu udara, dan suhu air yang digunakan untuk penanganan.
Cara Menghitung Kebutuhan ES Pada Kapal Perikanan
menghitung Kebutuhan es kapal perikanan

Cara Menghitung Kebutuhan ES Pada Kapal Perikanan

Wadah ikan segar disini adalah meliputi palkah kapal ikan, cool box, maupun box berisolasi dari truk pengangkut ikan. Sifat fisik wadah yang perlu diketahui adalah :Dimensi (untuk menghitung luas permukaan, volume dan ketebalan dinding wadah).Untuk mempermudah perhitungan umumnya cukup diperhitungkan ukuran danketebalan struktur isolasinya.

Bahan wadah dan koefisien rambat panas (K) yang dinyatakan dalam kalori/satuan luas (m2)/ satuan tebal (cm)/ °C/ jam. Untuk perkiraan beban panas penetrasi cukup memperhitungkan struktur isolasinya saja.


Sifat fisik ikan penting yang perlu diketahui untuk keperluan mendinginkannya adalah :

- PJ ikan basah, yang besarannya ditentukan oleh jenis ikan dalam kaitannya dengan komposisi kimiawinya. PJ ikan basah secara umum adalah = 0.85-0.90 kalori/C/kg
·         
- VJ ikan basah, yang besarannya ditentukan oleh jenis ikan dalam kaitannya dengan bentuknya dan komposisi kimiawi-nya. Berat jenis ikan basah secara umum = 0,8, oleh karena itu VJ ikan basah lk. = 1,25 liter (dm3) per kg.

Lama penyimpanan perlu diketahui untuk menghitung beban panas harian akibat masuknya (penetrasi) panas dari luar wadah selama penyimpanan. Dan ini akan diperhitungkan terhadap kebutuhan es harian yang diperlukan untuk menjaga suhu didalam wadah agar tetap dingin.

 Menghitung kebutuhan es

Urutan menghitung kebutuhan es (berat bukan volume) dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :

Menghitung jumlah es yang diperlukan untuk menjaga suhu didalam wadah agar tetap = 0°C (T0) apabila suhu diluar wadah = Tl :Menghitung luas permukaan wadah, misalnya = L
·         
Apabila tebal isolasi = t cm, dan koefisien pindah panasnya = K, maka jumlah penetrasi panas yang masuk kedalam wadah dengan kondisi tersebut = L x t x x (T1-T0)xK kalori per jam.

Jumlah es yang diperlukan untuk mengatasi Panas Penetrasi = {Lt(T1-T0)K}/ 80 kg es per jam 

1.Menghitung kapasitas (volume) wadah dan jumlah ikan yang dapat disimpan dalam wadah:

Volume bagian dalam wadah (kapasitas wadah), dimana produk hasil perikanan segar-basah akan disimpan, misal-nya diperoleh = V1.
Dengan demikian jika digunakan perbandingan es : ikan = 1 : 1, maka volume ikan =0,5 V1 dengan berat = 0,5V1 / VJ ikan = 0,5V1 / 1,25 kg, sedangkan volume es = 0,5V1 dengan berat = 0,5V1 / 1,11 kg 

2. Menghitung jumlah es untuk mendinginkan (chilling) ikan dari suhunya saat ditangkap/dipanen (T2 = suhu air laut atau air tambak) menjadi 0°C (T0) dalam wadah :

Jumlah panas yang harus dibuang untuk mendinginkan ikan = (0,5V1/1,25) kg x (T2-T0) x PJ ikan = (0,5V1/1,25) (T2-T0) 0,85 kalori.

Jumlah es yang dibutuhkan untuk mendinginkan ikan = {(0,5V1/1,25) (T2-T0) 0,85} / 80 kg         

3. Jumlah es yang dibutuhkan total = {(1) x jam penyimpanan} + (2) + (3) kg.
Apabila chilling telah dilakukan diluar wadah, sehingga saat ikan dimasukkan
suhunya sudah = 0°C, maka total es yang dibutuhkan untuk penyimpanan akan
berkurang menjadi = {(1) x jam penyimpanan} + (2) kg.

Cara Menghitung Kebutuhan ES Pada Kapal Perikanan

Related Posts:

0 Response to "Cara Menghitung Kebutuhan ES Pada Kapal Perikanan"

Post a Comment