FAKTOR PENTING DALAM PENGEMASAN OLAHAN IKAN - Fungsi kemasan yang dulunya hanya sebagai wadah atau pelindung berubah menjadi alat jual yang memberikan dan menciptakan citra kepada produk yang dijualnya. Demikian juga banyaknya pasar swalayan ,
Pengemasan Olahan Ikan
menuntut sebuah produk dikemas self service dengan kemasan yang menarik, dengan warna yang menarik mata (eye caching) sehingga produk tersebut mampu menarik dirinya sendiri, dan konsumen mau membelinya. Pengemasan merupakan faktor yang sangat penting yang harus dilakukan dalam usaha meningkatkan penjualan dan pemasaran hasil olahan perikanan.
Adapun fungsi kemasan meliputi sejumlah faktor penting yaitu :
1. Faktor pengamanan
Faktor pengamanan yaitu melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menjadi penyebab timbulnya kerusakan produk secara kimia,mikrobiologi, biologi atau fisik., seperti kelembaban, gas, bau, mikroorganisme, debu, getaran, tekanan dan sebagainya juga melindungi produk dari pengaruh lingkungan lingkungan.
2. Faktor Distibusi
Faktor Distibusi yaitu Pengemasan berfungsi memudahkan distribusi dari pabrik ke distributor atau pengecer sampai ke tangan konsumen. Ditingkat distributor atau pengecer dapat memberikan kemudahan penyimpanan dan pemajangan selama penjualan.
3. Faktor Komunikasi
Faktor Komunikasi yaitu Pengemasan sebagai media komunikasi yang menerangkan atau mencerminkan produk, citra, merk, dan juga sebagai bagian dari promosi, dengan pertimbangan mudah dilihat, dipahami, dan diingat.
4. Faktor Ergonomi
Faktor Ergonomi yaitu Pengemasan harus mempertimbangkan agar kemasan mudah dibawa/ dipegang, dibuka, dan mudah diambil/dihabiskan isinya.
 |
Bentuk kemasan yang ergonomi memudahkan konsumen untuk membawa dan menggunakan produk |
5. Faktor Estetika
Faktor Estetika yaitu Keindahaan merupakan daya tarik visual yang mencakup pertimbangan penggunaan warna, bentuk, merek/logo, ilustrasi, huruf, dan tata ietak, untukmencapai mutu daya tarik visual secara optimal.
6. Faktor Indentitas
Faktor Indentitas yaitu Secara keseluruhan, kemasan harus berbeda dengan kemasan lain, yakni memiliki identitas produk agar mudah dikenali dan membedakannya dengan produk-produk yang lain.
Sumber : Modul Pengolahan Hasil Perikanan BPPP Tegal