Fishlog, Aflikasi Keren Untuk Nelayan

Fishlog, Aflikasi Keren Untuk Nelayan - indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki samudera  begitu luas. Tetapi hal itu ternyata masih belum didukung menggunakan pelaporan akibat tangkapan ikan yg memadai. 

Fenomena itu yang lalu menghasilkan muhammad iqbal, peneliti asal center for oceanography and marine technology, matahari university merancang sebuah aplikasi spesifik buat nelayan.

Pria yg biasa disapa menggunakan nama iqbal ini mengatakan aplikasi yg bernama fishlog memungkinkan nelayan dapat mengisi pelaporan yang akan terjadi penangkapan ikan, dan  pada mana lokasinya, tanpa perlu bersusah payah mencatat secara tradisional.

"pertarungan perikanan di indonesia itu, kita tidak tahu seberapa akbar tangkapan dan  di mana tempatnya. Itu efeknya luas bila mau ekspor. Bila tidak ada dokumen legal, di mana tangkapannya serta sebagainya, itu bisa di-banned," ujarnya 

Fishlog, Aflikasi Keren Untuk Nelayan

FISHLOG AFLIKASI KEREN UNTUK NELAYAN
FISHLOG
Nelayan yang telah menginstal fishlog di smartphone androidnya akan dilacak keberadaannya. Hal tadi yg akan dicatat buat dijadikan sertifikasi untuk ekspor nanti.

Selain itu juga, buat memenuhi kebutuhan nelayan, aplikasi fishlog dilengkapi menggunakan sejumlah fitur yg dapat menunjang kegiatan nelayan.

"supaya perangkat lunak kami pada-install, kami bikin yang nelayan butuh, seperti ramalan cuaca 10 hari ke depan. Kita kasih pula sharing harga ikan antar nelayan. Begitu kembali dia memahami wajib  jual pada mana dan  harganya berapa" ujar iqbal.

Dengan adanya fitur sharing harga itu, tambah iqbal, nelayan bisa mengetahui harga jual ikan berapa serta terhindar dari penipuan.

"nelayan yg mau mengisi di fitur itu contohnya yg pada jakarta, cirebon, atau sumatera, mereka mengisi harga jual. Nelayan di wilayah lain memahami perbandingannya, jadi tidakdimainin tengkulak karena memahami harganya yang lumrah berapa" paparnya.

Iqbal menyebutkan, pihaknya waktu ini sedang mendekati para grup nelayan buat memakai aplikasi ini yang mempunyai poly manfaat bagi mereka buat ke depannya.

"tidak perlu seluruh. Relatif satu perangkat lunak pada grup nelayan gunakan, dia bisa sertifikasi buat ekspor jika misalkan dia mau ekspor" paparnya.

Iqbal menambahkan fishlog ini ditujukan buat memenuhi kebutuhan rakyat nelayan. Jadi, eksistensi aplikasi tersebut pada play store tak terlalu mengklaim dipakai nelayan, meskipun ia akan permanen memajangnya pada play store dan  mengharap dapat mencapai target 2,5 juta pengguna.

"jikalau kami (pasang) di playstore kan nelayan tak memahami. Jadi, kami dekati kelompok nelayan. Kami sudah sosialisasi di rembang, salah  satunya" ujar dia.

Para peneliti tersebut tidak ingin membebani nelayan lebih jauh sebab harus bayar ketika memakai perangkat lunak fishlog.

"kami sedang mempromosikan ke sana ke yuk, tidak hanya ke nelayan akan tetapi ke operator telekomunikasi juga agar provider tadi mau mendanai csr, sebagai akibatnya kami tetap kasih gratis bagi nelayan. Dana itu cuma maintenance ke kita saja," istilah iqbal.

Untuk saat Ini selain Fishlog masih banyak aflikasi aflikasi yang mendukung dalam penangkapan ikan seperti  GPS Untuk Android

Fishlog, Aflikasi Keren Untuk Nelayan 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close