PERBANDINGAN LAMPU LED DENGAN LAMPU BIASA

Perbandingan Kekuatan Lampu LED - Berbagai jenis lampu digunakan pada perikanan bagan. Dari mulai penggunaan lampu fetromak sam[pai ke lampu hemat biaya yang di sebut dengan istilah LED. Sudah banyak penelitian yang di lakukan tentang lampu dan penggunaan lampu sangat efektif untuk mengumpulkan ikan. Maka dari itu banyak nelayan yang dengan sengaja menaikan daya atau kekuatan lampu agar ikan yang di dapat semakin banyak.

menurut Anongponyoskun et al 9( 2011 ) penggunaan lampu merupakan teknik modern dan cukup effektif. Memannfaatkan tingkah laku ikan untuk menarik perhatikan ikan agar berkumpul disekitar alat tangkap. Tujuan kegiatan adalah membandingkan kekuatan cahaya rancangan Lampu LED A dan lampu nelayan serta mendapatkan gambaran ikan hasil tangkapan ikan pada penangkapan ikan dengan bagan.

Perbandingan Kekuatan Lampu LED

Perbandingan Kekuatan Lampu LED
Lampu LED

Pengukuran kekuatan lampu di udara, diperoleh bahwa lampu LED A menghasilkan kekuatan cahaya ( LUX ) Lebih besar dibandingakn dengan lampu yang digunakan oleh nelayan bagan. Jarak cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED A lebih dari 17 meter, sedangkan lampu yang digunakan nelayan cuma menghasilkan jarak 7 meter. 

Lampu LED A menghasilkan konsentrasi cahaya vertikal yang lebih besar, sedangkan cahaya yang ke arah horizontal mendekati kekuatan lampu yang digunakan nelayan. Jangkauan cahaya pada kedalaman o hingga 3 meter pada kekuataan 400 hingga 500 lux.

Rancangan lampu LED A dapat dioperasikan untuk aktivitas operasi penangkapan ikan bagan di palabuhan ratu, Jawa barat. Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan, cahaya yang dipancarkan lED A mempunyai karakteristik pancaran yang sama secara horizontal dan terkonsentrasi cahaya vertikal lebih banyak dibandingkan lampu nelayan
( Abstrak, suparman sasmita dkk )

Dalam Perkembangannya Penggunaan Lampu sebagai alat bantu penangkapan semakin berkembang. Dimulai dengan penggunaan Obor sampai ke lampu mercury dan saat ini berkembang lagi ke Lampu Led.

Belum ada Komentar untuk "PERBANDINGAN LAMPU LED DENGAN LAMPU BIASA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close