CEK FISIK KAPAL DAN ALAT PENANGKAP IKAN

CEK FISIK KAPAL DAN ALAT PENANGKAP IKAN

Cek Fisik Kapal Dan Alat Penangkapan Ikan
Cek Fisik Kapal Dan Alat Penangkapan Ikan
Cek Fisik Kapal Dan Alat Penangkapan Ikan - BBPI mengirim  Petugas Cek fisik kapal perikanan ke Juana,Pati.Tenaga Petugas tersebut adalah saudara Muhammad najib.

Tujuan dari pelaksanaan kegiataan cek fisik kapal menurut beliau adalah . Bahwa untuk memperoleh Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dan atau Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI)

perlu dilakukan pemeriksaan terhadap fisik dan dokumen kapal perikanan yang akan digunakan serta bahwa pemeriksaan fisik dan dokumen kapal perikanan sebagaimana dimaksud  merupakan prasyarat dan sebagai dasar pertimbangan dapat atau tidaknya izin kapal perikanan diterbitkan.

Jumlah kapal yang akan dilakukan cek fisik kapal ada 6 buah kapal perikanan dan beralat tangkap purse seine. Sebelum dilakukan kegiatan itu,Petugas memeriksa kelengkapan Dokumen kapal.Beberapa  hal  yang dilakukan disaat Cek fisik kapal  Diantara nya :

Cek Fisik Kapal Dan Alat Penangkapan Ikan

1.  Pemeriksaan Fisik Kapal Perikanan.

Dalam hal ini pemeriksaan meliputi bagian di atas dan di bawah dek. Pemeriksaan di atas dek dilakukan terhadap ukuran utama kapal seperti Panjang, Lebar, Tinggi dan karakteristik lainnya seperti Sheer, Trim, Slip, Way, Rigger, Boom serta peralatan yang ada di dalam kamar kemudi seperti kompas, peralatan penginderaan jauh, alat komunikasi dan sebagainya. 

Sedangkan pemeriksaan di bawah dek dilakukan terhadap: kapasitas, palkah, ruang penyimpanan barang (storage), Toilet,ruang kamar mesin , ruang pengolahan;serta dapur.


2. Pemeriksaan Mesin dan Alat Bantu Penangkapan

Terhadap mesin dan alat bantu juga dilakukan pemeriksaan utamanya untuk mengetahui nomor, merk, tahun pembuatan, dan spesifikasi lainnya. 

Disamping mesin utama yang digunakan, mesin bantu (gen set) alat bantu seperti : line hauler, winch, power block, water spinkle, angli machine, lampu sorot dan lainnya. 

Hal ini untuk mengetahui apakah keberadaan alat bantu tersebut sesuai atau tidak dengan peruntukannya;


3. Pemeriksaan Alat Penangkapan Ikan


Pemeriksaan terhadap alat penangkapan ikan sebaiknya dapat dilakukan dengan membuka atau membentangkan alat yang hendak diperiksa. 

Hal ini untuk mengetahui struktur dan komponen alat penangkap ikan secara terinci. Karakteristik alat penangkap ikan sebaiknya dicatat dan dibuat sketsa atau basic designnya;

Cek fisik kapal perikanan dan dokumen kapal merupakan kegiatan yang sangat penting dan BBPI sebagai instansi yang selama ini dijadikan rujukan untuk kapal dan alat tangkap perikanan diharapkan mampu mempersiapkan SDM untuk menjadi petugas cek fisik kapal.Dan Diharapkan pula ada regenerasi .

Muhammad Najib juga mengungkapkan bahwa petugas cek fisik kapal Di BBPI Semarang sangat kurang jumlahnya.mudah- mudahan untuk ke depan akan muncul petugas cek alat penangkap ikan dan petuas cek kapal perikanan yang professional.  

close
CEK FISIK KAPAL DAN ALAT PENANGKAP IKAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavirraa khan

0 komentar:

Post a Comment