Modal Usaha Kapal Ikan

Modal Usaha Kapal Ikan - Setelah kita memahami tentang peluang usaha yang besar di perikanan langkah selanjutnya adalah menghitung nilai investasi apabila memasuki usaha penangkapan ikan. Penghitungan tersebut dengan asumsi kita memulai dengan menggunakan satu kapal ikan. Semua perhitungan akan masuk dalam Modal pertama Usaha di bidang kapal ikan.

Sebelum Kita menentukan untuk membeli kapal sebagai modal usaha maka ada beberapa persyaratan untuk memulai jenis usaha ini, Diantaranya  :

- Menentukan Jenis Alat penangkap ikan
kita harus mengetahu tentang Alat tangkap yang akan di gunakan sebab alat tangkap sangat tergantung juga dengan desain dan jenis kapal perikanan.

Modal Usaha Kapal Ikan
Modal Usaha Kapal Ikan
Kapal Perikanan

- Menentukan jenis kapal 

Untuk Jenis kapal yang banyak diminati nelayan adalah kapal dengan ukutan 10 Gt. Secara teknis kapal ini memiliki kelebihan, antara lain dapat menampung umpan dan hasil penangkapan ikan cukup besar, dapat menampung perbekalan (logistik) dalam jumlah yang banayk sehingga bisa beroperasi selama satu sampai dua minggu di tengah lautan. 

Kecepatan kapal 10 GT antara 9-12 knot dan termasuk dalam kategori kapal cepat yang dapat digunakan untuk menangkap segala jenis ikan laut. Kapal 10 Gt cukup kuat di lautan dan dapat beroperasi pada musim gelombang, sehingga operasional kapal dapat sepanjang tahun dan tidak tergantung pada cuaca.

- Menghitung Jumlah Bekal yang Dibutuhkan

Penghitungan jumlah bekal atau keperluan dalam usaha penangkapan ikan meliputi ;
* Kebutuhan BBM, Kebutuhan Oli, Kebutuhan Makan, Kebutuhan Air Minum, Kebutuhan es, Dan Kebutuhan air tawar

- Jumlah ABK yang Diperlukan '

Dalam Menghitung jumlah ABK kita harus mengerti bagaimana alat tangkap yang akan kita gunakan. Semakin banyak kebutuhan akan pengoperasiannya maka kebutuhan akan abk menjadi banyak

- Lama Aktivitas Pelayaran

Lama dalam operasi Penangkapan ikan harus juga kita perhitungakan karena semakin lama maka kebutuhan jumlah bekal akan semakin membengkak, Dan Modal dalam usaha penangkapan ikan akan semakin besar.

- Metode Penangkapan yang Akan Digunakan

Para Abk harus mengerti tentang cara pengoperasian setiap jenis alat penangkapan ikan, dengan mengerti akan metode penggunaan nya maka pekerjaan dalam penangkapan ikan akan lebih effesien dan effektif

- Metode Penanganan Hasil Tangkapan di Kapal

Untuk mendapatkan keuntungan dalam usaha penangkapan salah satu caranya adalah dengan mendapatkan hasil tangkapan yang berkualitas, Untuk mendapatkan hasil berkualitas maka di perlukan penanganan ikan yang baik. Baik itu di atas kapal maupun penanganan ikan di darat.

Demikian artikel yang sedikit ini, semoga bermanfaat.

Modal Usaha Kapal Ikan

Related Posts:

0 Response to "Modal Usaha Kapal Ikan"

Post a Comment