JARING KEJER PENANGKAP RAJUNGAN

Jaring Kejer Penangkap Rajungan - Selain Bubu Rajungan , salah satu alat tangkap yang dinilai efektif dalam menangkap rajungan adalah jaring kejer. Jaring Kejer banyak di gunakan nelayan pantura untuk menangkap rajungan. Jaring Kejer termasuk dalam kategori jaring insang / Gill net. Dan klasifikasinya ikut ke dalam gillnet dasar.


Secara umum konstruksi jaring kejer ini terdiri dari badan jaring (webbing), tali ris atas atau bawah, pelampung (float), tali pelampung (float line), pemberat (sinker), tali pemberat (sinker line), tali selambar, pelampung tanda, dan pemberat tambahan.

Pengguna jaring kejer kebanyakan berada di pantai utara jawa ( Pantura ) semisal di daerah Kabupaten Cirebon dan kabupaten demak.

Jaring kejer adalah istilah yang di gunakan oleh nelayan di pantura untuk alat penangkap rajungan. Karena selain Jaring kejer nelayan juga menggunakan Bubu Rajungan Untuk menangkap rajungan

Alat tangkap rajungan mempunyai Bentuk Konstruksi jaring kejer yang terbilang kecil karena setiap satu pis jaring di potong menjadi 8 bagian dan bagian tersebut di sambung menjadi satu tingting jaring.

Jaring Kejer Penangkap Rajungan
Jaring Kejer Penangkap Rajungan
Jaring Kejer Penangkap Rajungan

Badan Jaring

Badan  jaring  terbuat  dari PA  Monofilament  berwarna transparan dengan nomor benang 20, ukuran mata jaring (mesh size) 3-3,5 inci dan jumlah mata ke arah tinggi jaring 6-7 mata. Perahu yang digunakan outboard engine berkekuatan, mata dan jumlah mata dalam satu meter ke arah panjang jaring 16,5 mata.

11-13,5 PK dengan bahan bakar solar. Nelayan jaring kejer berjumlah 2-3 orang yaitu terdiri  dari  1  orang  sebagai  juri  mudi  dan  1-2 orang sebagai petawur.

Konstruksi dari jaring kejer menurut Martasuganda (2002), hanya terdiri dari satu  lembar jaring  (badan  jaring)  dimana  ukuran  matanya  adalah  sama.  Pada bagian bawah dilengkapi dengan pemberat.

Panjang Jaring

Panjang jaring dalam satu tinting (pis) untuk bagian tali ris atas adalah 40-50 m dan untuk bagian tali ris bawah adalah 42-52 m.

Jaring Kejer termasuk dalam Contoh alat tangkap yang ramah lingkungan


Untuk Harga Jaring Kejer Per Piss Atau Pertinting sekitar 1,3 Juta Rupiah

https://www.youtube.com/watch?v=Qw6OGaT0yLw

close
JARING KEJER PENANGKAP RAJUNGAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

1 komentar:

  1. Jaring kejer termasuk kedalam kelompok jaring gill net

    ReplyDelete