Cara Menggunakan Alat Tangkap Dogol

Cara Menggunakan Alat Tangkap Dogol - Penangkapan Ikan telah berkembang dalam beberapa tahun belakangan saat ini yang menjadi fenomena adalah alat tangkap cantrang dan alat tangkap dogol. Walaupun menjadi fenomena tetapi cara pengoperasiannya masih terbilang sangat banyak. Ada beberapa cara mudah menggunakan alat tangkap dogol yang berkembang di berbagai daerah.

Nah untuk mnegetahui tentang cara menggunakan alat tangkap dogol kita bisa melihat panduan yang ada di bawah ini.

Cara Menggunakan Alat Tangkap Dogol

Cara pengoperasian alat penangkap ikan dogol

dimulai dengan penurunan pelampung tanda yang berfungsi untuk memudahkan pengambilan tali selambar pada saat akan dilakukan hauling. 

Setelah pelampung tanda diturunkan kemudian tali salambar kanan diturunkan lalu sayap sebelah kanan, kemudian badan sebelah kanan, lalu kantong, setelah itu badan sebelah kiri, kemudian sayap sebelah kiri, lalu salah satu ujung tali salambar kiri yang tidak terikat dengan sayap dililitkan pada gardan sebelah kiri. Pada saat melakukan setting kapal bergerak melingkar menuju pelampung tanda.

Hauling Setelah proses setting selesai, terlebih dahulu jarring dibiarkan selam ± 10 menit untuk memberi kesempatan tali salambar mencapai dasar perairan. Kapal pada saat hauling tetap berjalan dengan kecepatan lambat. Hal ini dilakukan agar pada saat penarikan jaring, kapal tidak bergerak mundur karena berat jaring. Penarikan alat tangkap dibantu dengan alat gardan sehingga akan lebih menghemat tenaga, selain itu keseimbangan antara badan kapal sebelah kanan dan kiri kapal lebih terjamin karena kecepatan penarikan tali salambar sama dan pada waktu yang bersamaan. Dengan adanya penarikan ini maka kedua tali penarik dan sayap akan bergerak saling mendekat dan mengejutkan ikan serta menggiringnya masuk kedalam kantong jaring.

    Setelah diperkirakan tali salambar telah mencapai dasar perairan maka secepat mungkin dilakukan hauling. Pertama-tama pelampung tanda dinaikkan ke atas kapal, lalu tali salambar sebelah kanan yang telah ditarik ujungnya dililitkan pada gardan sebelah kanan, kemudian mesin gardan mulai dinyalakan bersamaan dengan mesin pendorong utama hingga kapal bergerak berlahan-lahan, setelah itu jaring mulai ditarik, kemudian tali salambar digulung dengan baik saat setelah naik keatas kapal, sayap jaring naik keatas kapal, lalu mesin gardan dimatikan dan bagian jaring sebelah kiri dipindahkan kesebelah kanan kapal, jaring ditarik keatas kapal,badan jaring, dan kantong yang berisi hasil penangkapan oleh alat tangkap ikan dogol dinaikkan keatas kapal. Dengan dinaikkannya hasil tangkapan maka proses hauling selesai dilakukan dan jaring kembali ditata seperti keadaan semula, sehingga pada saat melakukan setting selanjutnya tidak mengalami kesulitan.

 setelah kita mengetahui Cara Menggunakan penangkapan dogol yang sudah saya berikan uraiannya di atas, Silahkan ada baca di referensi yang lainnya.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menggunakan Alat Tangkap Dogol"

Post a Comment