Pelabuhan Perikanan Samudera

Pelabuhan Perikanan Samudera
Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: PER.16/MEN/2006 tentang Pelabuhan Perikanan, Pelabuhan Perikanan dibagi menjadi 4 kategori utama  Diantaranya Adalah PPS ( Pelabuhan Perikanan Samudera )

• PPS (Pelabuhan Perikanan Samudera)

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), dikenal juga sebagai pelabuhan kelas A atau kelas I. Pelabuhan perikanan samudera ini khusus dirancang untuk melayani kapal yang berukuran > 60 GT. Untuk kapal kapal berukuran menengah ke atas maka perlakuan nya pun seharusnya tidak sama dengan pelabuhan pelabuhan kecil. Karena bersandarnya kapal kapal besar inilah yang menjadikan mata rantai ekonomi di pelbuhan perikanan samudera bisa terus berjalan dan berputar.

Pelabuhan perikanan samudera ini dapat menampung atau menyandarkan kapal sebanyak 100 kapal atau dengan bobot kapal berjumlah total 6000 GT sekaligus, atau dapat pula melayani kapal perikanan yang beroperasi di perairan lepas pantai, ZEE, dan perairan internasional. Kapal kapal perikanan tersebut adalah kapal kapal yang membuat surat kebangsaan negara indonesia.

Jumlah ikan yang didaratkan sekitar 40.000 per tahun dan juga memberikan pelayanan untuk ekspor.begitu penying dan vital fungsi dari pelabuhan perikanan samudera maka fasilitas fasilitas di dalam pelabuhan harus dapat mendukung kerja dari aktivitas di pelabuhan perikanan samudera.


Selain itu juga tersedia tanah untuk industri perikanan. Perum Prasarana Perikanan Samudera adalah badan yang bertanggung jawab atas pelabuhan ini. Fungsi dari Perum Prasarana Perikanan Samudera adalah untuk :
  1. meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan melalui penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan samudera.
  2. Mengembangkan wiraswasta perikanan serta untuk memasang atau mendorong industri perikanan untuk memasarkan hasil perikanan.
  3. Memperkenalkan dan mengembangkan teknologi hasil perikanan dan sistem rantai dingin dalam perdagangan dan industri di bidang perikanan
Terdapat beberapa fasilitas-fasilitas dalam pelabuhan perikanan samudera,
yaitu :

1.         Pelindung

·      Breakwater panjang
·      Revetment panjang
·      Groin panjang

2.         Tambat / labuh

·      Dermaga panjang
·      Jetty panjang

3.         Perairan

·      Alur pelayaran panjang
·      Kolam pelabuhan luas

4.         Penghubung

·       Jalan panjang
·       Jembatan panjang
·       Drainase terbuka panjang
·       Drainase tertutup panjang

5.         Pembatas lahan

·       Pagar keliling panjang

Related Posts:

0 Response to "Pelabuhan Perikanan Samudera"

Post a Comment