Spesifikasi Alat Tangkap Purse Seine

spesifikasi alat tangkap purse seine - Purse seine (pukat cincin) sering disebut juga jaring kerut atau jaring kolor ialah salah satu alat tangkap ikan yang sering digunakan untuk menangkap jenis ikan pelagis. Cara kerja alat tangkap jenis purse seine adalah dengan cara  melingkari gerombolan ikan menggunakan jaring jenis ini, 

dan kemudian mengerutkan atau mengunci atau menutup jaring bagian bawah sehingga jaring membentuk menjadi seperti sebuah kantong. Alat Tangkap Purse seine juga tergolong salah satu alat tangkap yang ramah lingkungan setelah long line, pole and line, tonda, dan bagan. Karena itu alat Tangkap ini mempunyai tujuan utama dalam  penangkapannya antara lain ikan pelagis, sangat tidak mungkin alat tangkap purse seine ini menyebabkan faktor kerusakan kehidupan di dasar perairan laut.

Berikut inilah spesifikasi alat tangkap purse seine :
Jaring
Jaring terbagi menjadi 3 bagian yaitu jaring utama, jaring sayap, dan jaring kantong. Jaring ini terbuat dari bahan nilon (PA). Ukuran mata jaring pada setiap bagian berbeda-beda. Untuk Ukuran mata jaring bagian sayap lebih besar daripada bagian kantong, sedangkan ukuran benangnya pada bagian sayap lebih kecil daripada bagian sayap. Ini dikarenakan kantong adalah tempat menahan hasil tangkapan sehingga dibutuhkan kekuatan (breaking strength) yang tinggi. Jaring berfungsi sebagai penghalang gerombolan ikan agar tidak keluar.

Adapun syarat-syarat pemilihan bahan jaring untuk alat tangkap purse seine adalah :
- Kecepatan tenggelamnya tinggi
- Kekuatan putus (breaking strength)tinggi
- Hambatan yang rendah terhadap air
- Harga terjangkau
Tali ris atas
Tali ris atas terdiri dari 2 buah tali antara lain : tali pelampung (float line) dan tali pengapit pelampung (float side line).Kedua tali tersebut terbuat dari bahan PE dengan diameter 10 - 30 mm.

Selvedge
Selvedge merupakan jaring penguat yang dipasang untuk melindungi bagian tepi dari jaring utama agar jaring tidak mudah robek pada saat dioperasikan untuk penangkapan ikan.

Tali ris bawah
Tali ris bawah terdiri dari 2 buah tali antara lain tali pemberat dan tali pengapit pemberat yang terbuat dari bahan PE dengan diameter 10-30 mm.

Pelampung
Pelampung mempunyai fungsi untuk mengapungkan alat tangkap agar bagian atas alat tangkap tidak tenggelam. Pelampung. Tersebut terbuat dari 2 bahan yaitu bahan styrofoampadat dan Fiber dengan bentuk silinder atau oval. Susunan pelampung semakin ke tengah semakin rapat, alasannya karena beban yang diterima jaring bagian tengah lebih besar karena sebagai kantong ikan daripada jaring dibagian samping.

Pemberat
Pemberat berfungsi untuk memberi daya tenggelam pada alat tangkap, sehingga alat tangkap bisa terbentang dengan sempurna secara vertikal. Pemberat terbuat dari bahan timah dan dipasangkan pada tali pemberat dan diapit oleh tali pengapit pemberat.

Tali Ring/cincin
Tali ring ialah tali penghubung antara tali ris bawah dengan ring atau cincin. Tali ring terbuat dari bahan PE berukuran 12 mm.

Ring
Ring terbuat dari kuningan atau monel dan diikatkan pada tali ring. Setiap ring dilewati oleh tali kerut untuk mengerutkan bagian bawah jaring pada saat alat tangkap dioperasikan.

Tali Kerut
Tali kerut berfungsi untuk menutup bagian bawah jaring pada saat alat tangkap dioperasikan. Caranya adalah dengan menarik tali kerut sehingga ring-ring berkumpul dan jaring membentuk sebuah kantong.

Begitulah tadi spesifikasi alat tangkap purse seine. Semoga dapat dijadikan referensi pembelajaran dan semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya.

Related Posts:

0 Response to " Spesifikasi Alat Tangkap Purse Seine "

Post a Comment