LENTERA AIR GARAM PETROMAT

Semarang,PT. Genius Internasional dalam hal ini telah berkunjung ke BBPI Semarang dan mempresentasikan hasil teknologi yang telah diciptakan dan telah berkembang ke masyarakat yaitu Age-Petromat (lampu petromat air garam/air laut). Merupakan Lentera yang dapat menyala tanpa harus menggunakan bahan bakar, dapat menyala  hanya dengan di isi air garam. Selain hemat biaya, lampu ini juga ramah lingkungan.



 Setiap terisi penuh air garam, lampu LED didalamnya mampu menyala selama 8-12 jam. Jika sudah melewati waktu 8-12 jam, cukup ganti air garam yang baru. Cahaya lampu petromat memiliki 120 Lumens (1Watt / Everight Hidel 6500 K) dan memiliki berat, 1.78 kg. Lampu ini waterproof dapat mengapung dalam air dan anti pecah jika jatuh dari ketinggian ±2 meter. Jika dibandingkan dengan lampu konvensional lainnya, Age-Petromat lebih aman karena sistem arus yang digunakan yaitu searah (DC), Tidak menimbulkan polusi karena tidak menggunakan bahan bakar fosil , memiliki cahaya yang lebih terang. Age-Petromat dapat digunakan dalam kondisi badai (Water Resistance), karena lampu kedap air tawar maupun asin dan cahaya lampu lebih efisien.

Proses kimia dari Age-Petromat yaitu menggunakan media air laut karena air laut banyak mengandung unsur salah satunya magnesium. Karena magnesium bekerja sebagai Anode Baterai Konvensional dan harus diganti selama 120 jam pemakaian. Alat berteknologi nano ini punya dua kutub electrode, yaitu positif dan negatif. Di dalam air, natrium klorida akan terionisasi menjadi natrium (ion positif) dan klorida (ion negatif). Kutub positif electrode akan menarik ion negatif klorida, sementara kutub negatif menarik ion positif natrium. Perbedaan muatan dari aliran ion-ion inilah yang menciptakan arus listrik.
Menurut PT. Genius Internasional sistem pembangkit listrik ini bisa diaplikasikan dalam skala kecil karena target nya adalah para nelayan-nelaya kecil yang ada di Indonesia. Untuk itu BBPI sebagai unit pelayan teknis pusat merasa senang dengan adanya teknologi ini sehingga para nelayan kecil dapat terbantu dengan adanya penerangan yang mudah digunakan aman,efisien dan ramah linglingkungan.