GPS Kapal Perikanan

GPS kapal Perikanan - Global Position System atau yang di kenal dengan istilah GPS sangatlah penting dalam usaha penangkapan ikan. GPS selain untuk menunjukan posisi kapal juga mempunyai manfaat yang lain. Karena manfaat yang sangat banyak inilah maka kapal perikanan di wajibkan harus mempunyai GPS.

Kecanggihan GPS akan sia sia apabila penggunanya tidak mengerti akan fungsi dan cara pemakaian GPS kapal perikanan secara baik dan benar.

Suatu sistem navigasi atau Alat pelayaran yang memanfatkan jaringan satelit atau sering kita sebut dengan GPS ( Global positioning sistem ). Penggunaan Satelit setidaknya telah banyak di pasang di kapal perikanan seperti copntoh untuk telepon, kirim berita cuaca dan lainnya.

GPS kapal Perikanan

GPS kapal Perikanan
Aflikasi GPS Ikan
 Cara Kerja GPS 

Dimana cara kerja dari GPS adalah menerima sinyal dari beberapa satelit yang orbit atau mengelilingi bumi. Satelit yang mengorbit terdiri dari 24 tingkatan atau susunan satelit. Dengan 21 satelit yang bekerja dan 3 buah satelit sebagai cadangan. 

Di terima nya sinyal oleh GPS di muka bumi karena susunan orbit satelit sudah di tentukan dan dengan penampakan 4-8 buah satelit. GPS selain bisa menberikan informasi tentang posisi juga bisa memberikan informasi tentang waktu, jarak, kecepatan, kedalaman dan trek perjalanan sebuah kapal khususnya kapal perikanan.

Pengoperasian GPS

Pengoperasian GPS mini semakin sangat mudah dan gampang. Karena masyarakat di Indonesia telah banyak mengenal jenis handpone yang berteknologi tinggi sehingga pengoperasian GPS hampir sama denhan kita menggunakan perangkat seluler kita sehari hari.

Penggunaan GPS Pada kapal Perikanan

Penggunaan GPS Secara umum adalah mengetahui mengenai posisi kapal, haluan kapal, kecepatan kapal dan waktu. Tetapi di kapal perikanan , Alat GPS bisa di gunakan sebagai Alat penanda fishing ground atau tempat gerombolan ikan, di kombinasi dengan Alat Bantu rumpon sebagai Alat pelacak apabila rumpon di curi orang.

Itulah sedikit artikel tentang manfaat GPS kapal perikanan. Semoga artikel sedikit ini bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "GPS Kapal Perikanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close