Istilah dalam Kapal Perikanan

Istilah dalam kapal perikanan memang tidak berrda jauh denga istilah pada kapal kapal yang lainnya. Diantara nya adalah :

Lambung Kapal.
pengukuran lambung kapal
Lambung kapal atau badan kapal umumnya panjang serta simetris terhadap bidang tengah memanjang kapal. Pada biasanya kapal pada bagian tengah berbentuk persegi panjang menggunakan kedua sudut yg terdapat dibawahnya dibulatkan. Dihaluan dan  buritan bentuknya mendekati alfabet  v (fi).

Pada bagian depan disebut Haluan dan  bagian belakang disebutburitan, bagian bawah diklaim alas, dan  ke 2 dinding disamping biasa dianggap sisi ataulambung. Alas bersama menggunakan lambung kiri serta kanan dianggap jugakulit luar. Kulit luar yang berada pada atas permukaan air atau jarak vertikal seluruh lambung kapal yg diukur asal tepi deck sampai ke garis muat disebut lambung bebas (free board).
Kulit kapal baja masing-masing pelatnya bisa dihubungkan menggunakan cara di  las atau cara keling. cara las merupakan proses untuk menghubungkan pelat yg terlebih dahulu di bagian pelat yg akan disambung dicairkan, dan  cara keling merupakan proses penyambungan pelat menggunakan paku keling.
Geladak.

Geladak atau deckmerupakan lapisan yg menghubungkan bagian atas kapal. Geladak ditopang oleh balok geladak. Geladak tersebut didesain tidak datar akan tetapi melengkung ke arah melintang yg biasa diklaim konveks geladak serta mendukung ke arah memanjang disebutlengkung geladak atau gaing.

Geladak paling atas yg menerus sepanjang kapal diklaim geladak primer serta geladak yang terletak pada atas ruang timbul disebutgeladak kimbul. Diatas ruang akil disebutgeladak akil serta pada atas anjungan disebutgeladak jembatandan sementara geladak buat menempatkan sekoci diklaim geladak sekoci.

Kimbul

Kimbul merupakan bangunan yg berdinding tipis serta selebar kapal pada atas geladak utama yang berada di bagian buritan, dibagian tengah ialah anjungan serta di depan merupakan akil. Di geladak utama didesain atau dibuat suatu lubang palka untuk lewat barang muatan kapal ke palka serta asal pada palka. Dan  lubang palka tadi diberi penutup palka.

Dasar berganda (double bottom)

Dasar berganda (double bottom) artinya dasar yang rangkap dua. Sebelah luar alas kapal serta sebelah dalam alas dalam (top tank) digunakan buat :
1.Memberikan perlindungan tinggi pada keselamatan kapal pada dalam pelayaran Jika terjadi kerusakan di dasar kapal.
2.Menjadi daerah “air ballast” Bila kapal berlayar tanpa muatan.
3.Menjadi tempat menyimpan bahan bakar, air tawar serta minyak pelumas.
4.Memperbaiki stabilitas menggunakan mengisi ruang dasar berganda  dengan muatan cair.Sebagai ruang pemisah (cofferdam)
Ruangan yg ada di dasar berganda untuk memisahkan tangki-tangki yang diisi dengan cairan yang tidak selaras jenis.


Sekat kedap air (bulk head)

Sekat rapat air ada 2 (dua) macam yaitu :
1.Sekat rapat air melintang (transversal bulk head)
2.Sekat kedap air memanjang (longitudinal bulk head)
Sekat rapat air mempunyai manfaat untuk :
1.Membagi kapal atas beberapa bagian (kompertment) yg kedap air.
Dua.Menambah kekuatan melintang pada kapal.
Tiga.Mencegah api menjalar apabila terjadi kebakaran serta mencegah air apabila terjadi kebocoran pada keliru satu ruangan.

Sekat rapat air melintang yang harus dipasang dari ketentuan solas menjadi berikut :
1.Satu butir sekat pelanggaran (collision bulk head)
2.Satu buah sekat kedap air kamar mesin dibagian depan
Tiga.Satu butir sekat rapat air kamar mesin dibagian belakang
4.Satu butir sekat rapat air belakang (after peak bulk head)tangki ceruk (peak tank).


Tangki ceruk ada 2 macam yaitu :
1.Ceruk haluan (fore peak tank), artinya tangki yang bagian depannya dibatasi oleh linggi haluan dan  di belakang sang sekat pelanggaran. Ceruk haluan digunakan buat tangki ballas atau bak rantai jangkar.

2.Ceruk buritan (after peak tank) ialah tangki yg dibatasi oleh linggi buritan dan  dinding sekat rapat air belakang. Ceruk buritan ini bermanfaat buat tangki air ballast.

Linggi

Badan kapal dilengkapi sang bagian depan dengan linggi haluan (stem) dan  bagian belakang menggunakan linggi buritan (stern post) yg artinya ujung-ujung yang kokoh buat suatu kapal. 


1.Linggi haluan (stem)
Ada beberapa bentuk linggi haluan yg kita ketahui diantaranya :
1.Linggi haluan tegak (vertical stem)
2.Linggi haluan condong (racked stem)
3.Linggi haluan bulba (bulb stem)
4.Linggi haluan maier (maier stem)
5.Linggi haluan gunting (clipper stem)
6.Linggi haluan pemecah es (ice breaker stem)


2. Linggi buritan (stern post)

Ada beberapa bentuk linggi buritan antara lain :
1.Berbentuk eliptik.
2.Berbentuk jelajah (cruiser) menggunakan kemudi yang imbang.
3.Berbentuk jelajah (cruiser) menggunakan kemudi gantung.
4.Berbentuk balok lintang (transom)kemudi
Kemudi di kapal berfungsi buat mengolah arah gerak kapal. Buat menggerakkan daun kemudi yang berada pada bawah permukaan air, digunakan mesin kemudi yg dihubungkan menggunakan poros kemudi di ruang mesin kemudi.
Mesin kemudi ini dapat dioperasikan berasal ruang nahkoda yg berada pada anjungan.

Macam-macam bentuk serta jenis daun kemudi diantaranya :
1.Kemudi balancir
2.Kemudi plat tunggal
3.Kemudi plat gandakamar mesin.


Pada kapal suatu mesin kapal mempunyai ruangan sendiri disebut kamar mesin. Dalam kamar mesin ini poly diletakkan mesin seperti mesin induk (main engine), mesin bantu (auxilary engine), pompa-pompa, kompresor serta lain sebagainya. Sedangkan lebar kamar mesin didesain selebar kapal sedangkan panjangnya sekitar 15 % berasal panjang kapal.

Letak kamar mesin pada kapal berada di belakang atau ditengah-tengah kapal. Di kapal ikan, umumnya ditempatkan di tengah hal ini bertujuan buat menyampaikan keleluasaan kepada anak butir kapal agarkan bisa bekerja di bagian belakang di kapal ikan.

Palka ikan.

Ruang palka (ruang muat) artinya ruangan dibawah geladak yg bermanfaat menjadi tempat penyimpanan muatan kapal. Barang muatan wajib  bisa tersimpan menggunakan baik, agar tidak rusak serta tidak busuk.

Oleh karena itu ruangan palka wajib  dapat memenuhi beberapa persyaratan tertentu antara lain :
1.Ruang palka harus rapat air, maksudnya barang-barang yang ada di pada ruang palka tersebut harus dapat dijamin tak kemasukan air.

2.Ruang palka tidak mudah terpengaruh panas asal luar sehingga es yg ada di dalam palka tak praktis mencair atau suhu yg rendah pada pada palka tidak simpel berubah naik.


Itulah beberapa Istilah dalam Kapal Perikanan yang bisa saya sampaikan kali ini dan  semoga saja daftar kata pada kapal memberi kita ilmu baru atau tambahan didunia perkapalan. 

Related Posts:

5 Responses to "Istilah dalam Kapal Perikanan"