Perikanan yang mati di dalam Kolam Ikan

Perikanan yang mati di dalam Kolam Ikan - Yah itulah perumpaman untuk menggambarkan kondii perikanan kita saat ini. 

perikanan kita yang berkeinginan maju maka secara tidak langsung kita harus mampu bersaing dengan perikanan perikanan yang terlebuh dahulu maju. Salah satu negara yang perikanan maju adalah jepang. Jepang maju secara teknologi perikanan dan maju secara konsumsi ikan.

Perikanan Jepang memang dikelola dengan cerdas. Perikanan jepang sebagai pusat pasar ikan kelas dunia. Menjadi minat masuknya bagi surplusnya jumlah kapal kapal perikanan Korsel dan RRC. Namun kekurangan tenaga kerjanya banyak dari Indonesia dan Philipina. Sedangkan Kita masih saja menjadi kuli dan tenaga kasar di negeri orang.

Kita negara bahari yg klaim punya potensi ikan besar dan jumlah tenaga kerja besar namun kenapa nelayan kita kocar-kacir didalam negeri banyak yg nganggur dan diluar negeri blm terlindungi dg baik..? Produksi ikan juga loyo..? Bagaimana mau ciptakan pusat pasar ikan kelas dunia mau mulai darimana..?

Menurut salah seorang nelayan yang bergerak dan sebagai pelaku usaha perikanan langung mengatakan bahwa untuk menjadi Indonesia maju dalam perikanan maka di perlukan waktu dari saat ini setidaknya 10 Tahun. Sepuluh tahun itu langkah - langkah yang harus di benahi diantaranya :

1. Tahap jangka pendek crash programe trial 3 tahun.  
2. Pada tahap medium programe produktive 4-6 tahun.  
3. Tahap 7-10 thn totaly optimum programe and maintenancing.

Dan untuk rencana jangka pendeknya di antaranya :


1. Benahi carut marut birokrasi pelaut ini poin yg terpenting. Jangan biarkan pelaut ataupun nelayan jadi atm hidup. Beri subsidi yg benar benar ingin terjun menjadi pelaut.

2. Ganti cara pendidikan di smk kelautan. Dari yg banyak teori ke banyak praktek. kuatkan ilmu dan jadikan SMK/ SUPM garda terdepan dalam pembenahan perikanan.

3. Hanya yang berjiwa bahari, yg cinta laut yang belajar di SMK/SUPM perikanan dan kelautan. Buang yang cuma jadi pijakan ke profesi lain. 

4. Hindari sistem kapitalisme murni dari industri pelayaran dan perikanan.

close
Perikanan yang mati di dalam Kolam Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavirraa khan

0 komentar:

Post a Comment