RAT Koperasi BBPI Semarang



Pada tanggal 4 februari 2016 BBPI Semarang mengadakan agenda tahunan yaitu Rapat Anggota tahunan atau yang lebih dikenal dengan sebutan RAT. Ada yang berbeda di RAT ini, selain pertangungjawaban pengurus dan pengawas serta pembagian door frize juga dilakukan acara pemilihan pengurus dan pengawas baru untuk masa bakti 2016 – 2020. Acara RAT ini  dihadiri oleh semua Anggota Koperasi Pegawai BBPI,Semarang. Acara yang dimulai pukul 09.00  WIB ini di awali dengan  sambutan yang sekaligus pengarahan oleh Bapak Ir. Bambang Ariadi, MM.  selaku Pembina dan Pelindung koperasi , beliau mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada segenap Pengurus Koperasi lama. Dimana para pengurus lama telah berusaha memajukan koperasi ini dan melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, disamping tugas pokoknya sebagai Abdi Negara.  Begitulah yang beliau sampaikan pada RAT yang mengambil tempat  di  Gedung utama lantai 3.
Acara RAT ini juga dihadiri oleh DInas koperasi dan UMKM, dalam kesempatannya pula beliau menjelaskan bahwa ada perubahan- perubahan tentang peraturan di koperasi. Diantara untuk penamaan koperasi harus terdiri dari tiga suku kata dan untuk unit usaha simpan pinjam harus ada ijin tambahan maka perlu ada perubahan dalam akta notaris koperasi. Setelah sambutan – sambutan acara di lanjutkan dengan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas masa bakti 2012- 2016 Dan bisa di terima oleh seluruh anggota yang hadir dalam rapat.
Acara yang ditunggu- tunggu para anggota pun dating, yah pembagian doorprize. Doorprize untuk tahun ini lebih meriah dan doorprise itu pula di bantu oleh para mitra koperasi BBPI, Semarang. Untuk hadiah utama berupa TV LED 42 inchi yang direbut oleh ibu parinah. Untuk tahun ini keberuntungan masih berpihak kepada bu parinah karena pada tahun sebelumnya juga memperoleh hadiah utama.
Dan Puncak acara di lanjutkan dengan pemilihan pengurus dan pengawas untuk masa bakti 2016 – 2020. Acara pemilihan dibuka oleh ketua panitia pemilihan pengurus koperasi bapak suparman sasmita. Suasana pemilihan begitu sangat terasa demokratis. para anggota koperasi telah diberi kartu untuk memilih kandidat pengurus dan pengawas disaat sebelum para anggota mengisi daftar hadir. Panitia telah mempersiapkan bilik suara dan kotak untuk masing – masing warna kartu pemilih. . Untuk masing – masing kandidat calon di beri kartu pemilih yang warna nya berbeda – beda seperti : Warna orange untuk kandidat calon ketua, hijau muda untuk kandidat wakil ketua, merah muda untuk kandidat sekretaris, Kuning untuk kandidat bendahara dan biru muda untuk kandidat pengawas.
Proses penghitungan suara di pandu oleh bapak sunarno dan bapak kobro. Urutan penghitungan dimulai dari kotak ketua,wakil ketua, sekretaris, bendahara dan pengawas. Untuk ketua koperasi terpilih yaitu Ir. Sugiarto, wakil ketua terpilih Kukuh anggriawan, sekretaris terpilih khabib maksum, untuk bendahara terpilih vera yunita dengan dibantu oleh Diah pratiwi sedangkan untuk pengawas terpilih adalah Widodo. S.Pi, M.Sc,
Di tengah proses perhitungan, ada salah satu bakal calon bendahara yang mengundurkan diri. Ibu omi kurniasih mengundurkan diri karena sudah 2 kali periode menjabat sebagai bendahara. Dan kalau terpilih untuk ketiga kalinya maka akan menyalahi AD/ ART Koperasi BBPI, Semarang. Diantara perhitungan untuk masing- masing kandidat yang paling terheboh adalah disaat perhitungan calon wakil ketua.
Untuk calon wakil ketua perhitungan suara harus dihitung dua kali. Pada saat proses penghitungan pertama ada dua nama yang mendapatkan suara sama. Djoko saptojo dan Kukuh anggriawan sama – sama mendapatkan jumlah 40 suara. Panitia pun akhirnya melakukan pemungutan ulang dan hasil perhitungan di menangkan oleh kukuh anggriawan. Penguurus dan pengawas koperasi yang terpilih dijadwalkan akan dikukuhkan pada tanggal 9 februari 2016.
Koperasi sebagai pilar ekonomi diharapkan bisa lebih menguntungkan angggotanya. Dalam hal ini adanya pengurus baru semoga kedepan koperasi BBPI, Semarang bisa lebih maju. Agenda untuk pengembangan usaha koperasi yang belum terealisasi bisa diwujudkan oleh pengurus baru. Sekali lagi selamat bertugas buat pengurus dan pengawas koperasi BBPI, Semarang.

close
RAT Koperasi BBPI Semarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavira khan

0 komentar:

Post a Comment