Kampung Nelayan Maju ( Kalaju )

 Kampung nelayan merupakan suatu lingkungan permukiman masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan yang melakukan mata pencaharian penangkapan ikan di perairan laut atau di perairan darat. Kawasan kampung nelayan umumnya dekat dengan sentra perikanan (pelabuhan perikanan atau tempat pendaratan ikan) yang menjadi pusat aktifitas para nelayan.

Pada perkembangannya, kampung nelayan berkembang semakin padat dengan semakin bertambahnya pertumbuhan penduduk alami dan adanya urbanisasi. Keadaan perumahan dan lingkungan permukiman masyarakat nelayan dengan sarana prasarana publik yang ada seperti: jalan lingkungan, ketersediaan air bersih, sarana drainase, pengelolaan sampah, limbah dan lainnya secara umum di wilayah Indonesia kondisinya cenderung kumuh dan masih kurang memadai.


Kesadaran masyarakat nelayan terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan kampung nelayan juga dirasakan masih minim. Keadaan ini tentunya perlu penataan agar tercipta kawasan/lingkungan kampung nelayan yang bersih, sehat dan nyaman serta dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat nelayan. Kawasan permukiman nelayan diharapkan dapat dipenuhi melalui perbaikan atau penyediaan sarana prasarana yang memadai sehingga dapat memberikan pengaruh baik bagi keberlangsungan hidup dan peningkatan kesejahteraan para nelayan dan keluarganya.

Mengacu pada Arah Kebijakan Perikanan Tangkap dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2021-2024, dinyatakan bahwa salah satu upaya Pemerintah untuk pembangunan perikanan tangkap yakni dengan mengupayakan “Pengembangan Pemukiman Nelayan Maju”. Diantara program dan kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah melalui pemenuhan kebutuhan perbaikan atau penataan sarana/prasarana dan infrastruktur dasar kawasan hunian nelayan di suatu kampung nelayan agar tercipta lingkungan yang bersih, nyaman, maju dan mandiri.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Kementerian Kelautan dan Perikanan bermaksud terus melaksanakan bantuan penataan kampung nelayan maju ini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi masyarakat di kampung nelayan tersebut dan sekitarnya sehingga diharapkan dapat menimbulkan multiplier effect bagi wilayah tersebut.

Kampung Nelayan Maju (KALAJU) merupakan sinergi beragam kegiatan untuk mewujudkan kampung nelayan yang tertata, maju, bersih, sehat, dan nyaman, yang mampu meningkatkan kualitas dan produktifitas kehidupan nelayan dan keluarganya.

KALAJU bertujuan untuk menata, menyediakan, atau memperbaiki sarana dan prasarana publik di kampung nelayan, serta menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan penataan kampung nelayan.

Kegiatan KALAJU ini merupakan kegiatan pembangunan dan perbaikanan sarana dan prasarana publik di kampung nelayan, seperti pembangunan dan perbaikan jalan, drainase, Mandi Cuci Kakus (MCK) dan sarana dan prasarana lainnya.

Kegiatan pembangunan dan perbaikanan sarana dan prasarana publik ini melibatkan masyarakat kampung nelayan setempat, yaitu dengan menerapkan prinsip swakelola yaitu dengan mengutamakan penggunaan tenaga kerja lokal dan material/bahan setempat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di kampung nelayan yang menjadi lokasi KALAJU.

Selain memberikan bantuan padat karya untuk pembangunan sarana dan prasarana di kampung nelayan, program tersebut juga dilengkapi dengan bantuan peralatan pendukung produksi dan berbagai pelatihan keterampilan agar warga semakin produktif, kreatif, maju dan mandiri. Dalam setiap usulan KALAJU telah diidentifikasi kebutuhan dari kampung nelayan yang akan diusulkan menjadi

KALAJU, seperti contoh dalam usulan di Desa Mambarungan, Tanjung Pasir, Kalimantan Utara ini telah dilakukan identifikasi kebutuhan di desa tersebut, yaitu

1. Jalan akses dalam kawasan pemukiman Kampung Nelayan (Konstruksi

semenisasi dan kayu ulin)

2. Jaringan Listrik (Tiang dan Kabel)

3. Tempat Pembuangan Sampah

4. Sarana dan Prasarana Penangkapan Ikan

Dalam penentuan KALAJU ini juga telah memperhitungkan akses sarana dan prasarana umum yang mendukung usaha penangkapan ikan di KALAJU tersebut, yaitu Pelabuhan Perikanan dengan berbagai sarana dan prasarana di dalamnya. Seperti contoh di Desa Mambarungan, Tanjung Pasir, Kalimantan Utara ini berlokasi di dekat Pelabuhan Perikanan Tengkayu II Tarakan yang memiliki berbagai sarana\ dan prasarana di dalamnya, seperti Cold Storage/Cold Room dan Unit Pengolahan Ikan. Dengan berbagai program dalam KALAJU ini diharapkan masyarakat di kampung nelayan tersebut dapat semakin meningkat kualitas hidupnya dan dapat hidup lebih sejahtera.

Belum ada Komentar untuk "Kampung Nelayan Maju ( Kalaju )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close