MENGENAL JENIS IKAN PBASS PEACOCK BASS

Ikan Hias Pbass atau yang di kenal ikan hias peacock bass merupakan jenisikan hias dari kelaurga cichlid atau dari genus cichla. Ikan Pibas termasuk dalam jenis ikan predator atau ikan pemangsa. Habitatnya yang liar menjadikan ikan ini gampang gampang susah di pelihara,

Ikan Peacock bass berasal dari perairan di benua amerika, ikan ini banyak di temui di daerah brazil,peru, argentina dan venezuela. Jenis Pbass Sangat di gemari oleh kalangan penghobby ikan predator selain dari jenis aripiama.

Ada banyak varian dari jenis jenis Peacok Bass ini, yang paling umum ditemui ialah Monoculus, Occelaris dan Orinoco. jenis tersebut yang paling banyak di pasaran. walaupun masih banyak jenis pbass yang lainnya yang mempunyai warna dan keindahan tersendiri.


Ikan Pbass Secara fisik kelihatan garang seperti jenis ikan predator lainya, namun keindahan ikan pbass terletak pada warna yang cerah, hijau keemasan yang menjadikan pbass sebagai pilihan ikan hias di tempat aquarium anda, Walaupun buas tetapi warnanya sangat menyejukan.

Peacock Bass Monoculus (Cichla Monoculus)

Ikan pibas Peacock Bass Monoculus (Cichla Monoculus) ini termasuk kedalam genus Cichla dalam family cichlid. Genus Cichla ini terdiri dari lima belas spesies yang berbeda. Lima belas spesies dari ikan pibas ini memiliki kesamaan. 

Mereka predator yang berukuran besar, diurnal (aktif di siang hari) dan piscivorous (pemakan ikan). 'Peacock Bass' dalam bahasa Inggris, 'Tucunaré' di Brazil dan 'Pavon' di negara-negara berbahasa Spanyol.

Ikan yang berwajah garang ini memiliki gerakan yang sangat cepat untuk memburu mangsanya. Ikan Pbass ini juga termasuk ikan yang rakus. Ukuran maksimal ikan ini bisa mencapai 75 cm bahkan lebih. 

Dan growth rate atau tingkat pertumbuhan ikan Peacock Bass termasuk sangat cepat. Untuk itu diperlukan ukuran berukuran besar untuk menampungnya. Walaupun agresif terhadap mangsa ikan cichlid ini tidak teritorial yang artinya kita bisa menyatukannya dengan ikan lain.

Ikan yang berasal dari sungai Amazon di Amerika utara ini memiliki Growth rate atau tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Bahkan ketika berukuran kecil pertumbuhannya bisa mencapai 2-3 cm setiap bulannya.

Di negara asalnya jenis ikan predator ini sering dijadikan "sport fishing" atau kegiatan memancing rekreasi dengan mengambil lokasi di kawasan sungai Amazon.

Di Amerika ikan ini termasuk ikan sportfishing /game fishing yaitu ikan yang dijadikan sasaran pemancing. Ukurannya yang besar dan hidup disungai berarus membuat ikan pibas menjadi tantangan untuk mancing mania.

Makanan untuk Pbass Seperti ikan predator besar lainnya ikan pbass menyukai ikan, udang dan katak.

Meskipun sekilas semua spesies mungkin tampak sangat yang menyebabkan banyak kebingungan dan kesalahan dalam mengidentifikasi jenis ikan pibas ini, ada perbedaan yang signifikan diantara mereka.

Ada beberapa jenis ikan Peacok Bass terdiri dari 15 spesies (Kullander & Ferreira, 2006) yaitu

Monoculus Peacok Bass (Cichla Monoculus)

Cichla Monoculus merupakan ikan jenis cichla yang paling banyak terdapat di pasaran. Ukuran maksimal ikan ini ialah sekitar 45cm. Harga ikan cichla monoculus ini termasuk yang paling murah di kelas ikan hias cichla atau pbass. Cichla monoculus ini memiliki marking atau tanda hitam di dahinya.

Habitat asli ikan predator ganas ini banyak tersebar di sepanjang sungai Amazon. Ikan pibas ini bisa tumbuh hingga berat mencapai 5 kg.

Oscelaris Peacok Bass (Cichla Oscelaris)
ocellaris Cichla adalah endemik atau habitat aslinya hanya ada di Drainase Guyana, Suriname, dan French Guyana Amerika Selatan.

Orinoco Peacock Bass (Cichla Orinocensis)
Jenis ikan predator Cichla orinocensis ini berhabitat asli di hilir sungai Orinoco dan Rio Negro di benua Amerika. Ukuran dewasa Orinoco Peacock Bass bisa mencapai 50cm.

Sekilas ikan pibas Orinoco ini mirip dengan Cichla Oscelaris perbedaannya adalah pada pibas orinoco tidak ada marking tubuh kearah pipi. Ikan ini bisa mencapai berat hingga 6 kg.


Temensis Peacock Bass (Cichla Temensis)
Jenis ikan cichla Temensis ini merupakan yang terbesar diantara jenis cichla. Di alam liar ukuran Cichla temensis ini bahkan bisa mencapai sekitar 1 meter dengan berat sekitar 14 kg. Cichla Temensis ini adalah yang memiliki body yang paling panjang, dengan perbandingan lebar badan umumnya sekitar 25% dari panjang badan (diukur dari kepala ke pangkal ekor).

Cichla temensis ini merupakan ikan pibas terbesar, paling kuat, dan paling agresif dari semua jenis ikan pibas yang ada. Di alam liar ikan ini dikenal sangat agresif dalam mengejar mangsa, bahkan secara agresif menyerang hingga di permukaan sungai.



Cichla temensis ditemukan Di sungai Orinoco Amazon .dan hampir semua kawasan sungai blackwater amazon. Blackwater ini adalah jenis sungai dengan arus kecil yang mengalir melalui rawa hutan atau lahan basah

Kelberi Peacock Bass (Cichla kelberi)
Azul Peacock Bass (Cichla piquiti)
Cichla piquity ini hanya terdapat di sungai dan anak sungai Tocatins dan Sungai Araguaia di benua Amerika.

Royal Peacok Bass (Cichla intermedia)
Ikan Cichla Intermedia ini bisa tumbuh hingga mencapai sekitar 45 cm. Ciri dari Royal Peacock Bass ini ialah hingga 8 garis hitam di sepanjang tubuh. Dengan marking gelap yang panjang di tengah tubuhnya.

Intermedia Cichla hanya terdapat di sungai Orinoco, tepatnya sungai Rio Negro dan anak sungainya.

Cichla jariina

Pinima Peacok Bass (Cichla pinima)
Cichla pinima umumnya di jumpai hilir sungai Amazon, tapi paling sering ditemukan di kawasan anak sungai berair air jernih, termasuk sungai Tapajós, Xingu, Tocantins, Trombetas, Curuá-Una, Araguarí di Amapá.

Cichla pleiozona
Cichla pleiozona ini endemik atau hanya ditemukan di Sungai Madeira bagian ata pada anak sungai cachoeiras dekat Porto Velho, Brasil

Tapajo Peacock Bass (Cichla mirianae)
Cichla mirianae endemik di Sungai (Tapajos) dan anak sungainya, Sungai Xingu dan anak sungainya

Cichla nigromaculata
Cichla thyrorus
Cichla vazzoleri
Habitat asli Cichla tersebar di Sungai Trombetas dan Uatuma di benua Amerika


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close