Cara Memilih Ikan Koi Super

MEMILIH IKAN KOI SUPER - Sering kita mendengar akan istilah ikan koi super, lantas jenis seperti apakah koi super tersebut? untuk mengetahui mari kita simak artikel dibawah ini.

Ikan Koi

IKAN koi adalah salah satu ikan hias yang biasa di pelihara di sebuah kolam rumah, Pemeliharaan ikan koi lebih banyak di kolam daripada di sebuah aquarium, Karena Ikan Koi mempunyai panjang tubuh yang terus bisa berkembang serta memerlukan lokasi yang besar untuk gerak tubuhnya.
Ikan Koi Super
Ikan Koi Super

Ada Beberapa jenis Ikan Koi Yang biasa di pelihara dan kesemua jenis ikan koi tersebut membunyai Great atau tingkatan yang paling atas yaitu jenis ikan Koi Super.

Kenapa diberi istilah KOI Super? alasanya jenis koi ini memiliki perlakuan istimewa daripada jenis koi yang lainnya. Serta Ikan Koi Super Mengalami beberapa penyortiran dari mulai penyotiran indukan, anakan bahkan perlakuan yang berbeda dengan jenis lainnya.

Pemilihan Indukan Koi Yang Berkualitas

Untuk menjadikan ikan koi sebagai great yang baik maka langkah pertama adalah mengawinkan indukan yang berkualitas. karena dari indukan yang super akan menghasilkan anakan ikan koi super juga.
indukan ikan koi
indukan ikan koi 

Indukan yang super berperan penting dalam menghasilkan jenis ikan koi berkualitas tinggi. Indukan ikan koi dengan gen yang bagus akan menghasilkan keturunan yang bagus pula. 

Jika sulit menemukan indukan ikan koi yang baik atau tidak mempunyainya maka solusinya Anda bisa meminjamnya dari para pecinta ikan koi yang memelihara ikan ini dalam waktu lama. Karena Biasanya para penghobby mempunyai jenis ikan koi yang sudah matang dan kualitas super.

Pecinta ikan hias koi biasanya mengoleksi ikan koi yang berkualitas untuk dipelihara sendiri maupun untuk keperluan kontes. Para pecinta ikan hias koi ini sebagian besar tidak punya keterampilan atau waktu untuk mengawinkan ikannya. Perkawinan dapat menjaga ikan tetap sehat.

Hal seperti ini dimanfaatkan oleh para pembudidaya dengan melakukan kerja sama dengan para pemilik ikan. Para pemilik ikan diuntungkan karena ikannya bisa dikawinkan sedangkan pembudidaya senang karena bisa mendapatkan keturunan berkualitas. Sebagai imbalan biasanya pemilik memberi izin kepada pembudidaya memilih satu atau dua ekor ikan hasil perkawinan.

Ciri ciri Indukan Ikan Koi Yang Baik

Indukan ikan koi yang sehat harus memiliki ciri-ciri yaitu:

  • Umur ikan sudah lebih dari 2 tahun.
  • Jenis ikan yang dipelihara sama atau mendekati, misalnya kohaku dengan kohaku.
  • Bentuk tubuh ideal dan memiliki lekukan dari atas tampak seperti torpedo.
  • Gaya berenang ikan cukup tenang dan seimbang (tidak terlalu lambat atau terlalu cepat).
  • Ikan berwarna cemerlang dan kontras.
  • Ikan wajib sehat dan gerakannya gesit atau tidak banyak diam di dasar kolam.
  • Indukan jantan dan betina telah sama-sama matang untuk dikawinkan.

Indukan betina dan jantan sebaiknya dipelihara di kolam yang berbeda agar saat dikawinkan indukan tidak perlu mengalami pemberokan (puasa untuk dikawinkan) lagi. Umumnya pemeliharaan kolam indukan sama dengan pemeliharaan kolam pembesaran.

Penyortiran Ikan Koi anakan

Penyortiran ini sangat penting di saat indukan ikan koi sudah mulai menetas. Penyortiran ini dimulai setelah anakan ikan koi mencapai usia 2 minggu. Penyortiran harus di lakuka dengan sangat teliti agar mendapatkan bakalan ikan koi super.
Penyortiran koi
Penyortiran koi

Pada usia lebih dari 3 bulan ini, dapat dilakukan penyortiran. Penyortiran dapat berdasarkan ukuran, bentuk, pola, kecerahan warna dari anakan koi tersebut.

Penyortiran koi berdasarkan ukuran

Penyortiran koi berdasarkan ukuran adalah mengelompokkan ikan berukuran kecil dengan yang kecil, yang berukuran besar dengan yang besar. Ini memudahkan dalam pemberian pakan, dan agar pertumbuhannya seragam.

Pemilihan anakan koi berdasarkan bentuk badan

Pemilihan atau penyortiran anakan koi berdasarkan bentuk badan ikan, yaitu menggolongkan anakan ikan koi dengan bentuk bagus dan yang kurang bagus. Bentuk proporsional yang dicari adalah bentuknya bulan peluru, tidak terlalu kurus panjang, bersirip simetris, dengan gerakan tenang saat berenang.

Penyortiran anakan koi berdasarkan kecerahan warna

Penyortiran berdasarkan kecerahan warna dan jelas tidaknya batas warna koi. Ini untuk memilih pola corak koi yang terbaik. Batas warna yang kontras adalah ciri-ciri koi yang diinginkan.

Penyortiran ikan koi berdasarkan grade harga

Penyortiran ikan koi untuk mendapatkan harga yang baik pada koi. Kualitas koi yang baik akan mendapatkan harga yang mahal. Biasanya 10 persen koi yang super dari setiap penetasan koi adalah angka yang cukup bagus. Ini adalah wajar. Untuk mendapatkan koi kualitas super memang tidak mudah.

Jenis Ikan Koi Super

Ikan Koi Kohaku

Seperti ikan koi kohaku pada umunya, ikan koi kohaku super memiliki warna werah dan putih. Untuk jenis ikan koi kohaku kualitas super akan lebih dominan warna merah dan pola warnanya lebih tertata.

Ikan Koi Sanke

Ciri khas dari ikan koi showa adalah memiliki 3 warna, yaitu warna merah, putih, dan hitam. Ikan koi sanke dengan kualitas super akan lebih dominan warna merah, dan lebih sedikit warna hitamnya. Harga ikan koi sanke super sangatlah mahal dipasaran.

Ikan Koi Showa

Sama halnya dengan ikan koi sanke, jenis ikan koi satu ini memiliki 3 warna. Yang menjadi pembeda dari ikan koi sanke dan showa adalah ikan koi showa lebih dominan warna hitam. Ikan koi showa denga kualita super akan lebih sedikit warna merahnya.

Ikan Koi Chagoi

Untuk yang awam dengan jenis ikan koi satu ini, pasti mengira bahwa ikan koi chagoi adalah ikan mas. Jika dilihat sekilas memang sama, tetapi untuk warna akan lebih cantik ikan koi chagoi. Ikan koi chagoi kualitas super akan hanya memiliki satu warna dan tidak ada corak warna lainnya.

Harga Ikan Koi Super

Untuk Harga dimana ada barang ada harga, Setidaknya jenis ikan koi berkualitas super tentu lebih mahal dibandingkan dengan kualitas standar. Di pasaran ikan Koi Super Merupakan jenis ikan Koi yang susah untuk di cari.

Karena jenis koi super ini terbilang langka dan susah maka penjual Biasanya memberi harga dari ikan koi super bisa 2 hingga 3 kali lipat harga ikan koi standar.

Selain langkadan susah alasan lainnya adalah karena ikan koi super memiliki warna yang lebih cantik dan ukuran tubuh yang lebih besar. Ikan koi kualitas super bisa mencapai panjang 60 cm dalam kurun waktu 5 tahun.

Ini dibuktikan dengan adanya ikan koi super jombo yang berasal dari peternakan ikan koi di Jepang. Berikut daftar harga ikan koi super berbagai jenis terbaru.

Itulah jenis dan harga ikan koi super berbagai ukuran untuk hari ini. Bagimana, tertarikkah anda membeli ikan koi super sekarang?. Untuk harga jual ikan koi super disetiap bulannya tidaklah stabil, dan cenderung terus mengalami kenaikan.

Ini karena stok dipasaran yang terbatas dan permintaan konsumen yang terus meningkat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam mengetahui jenis ikan koi super dan harga terbarunya.

Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kata. Terimakasih sudah mengunjungi website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close