Makanan Untuk Ikan Mujair Supaya Cepat Besar

IKAN Mujair merupakan jenis ikan yang biasa di pelihara dan di budidayakan di indonesia, bahkan di alam liar pun masih banyak terdapat jenis ikan mujaer. Ikan Mujaer walaupun mempuyai daging yang sedikit tetapi mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Ikan Mujair

Ikan Mujair sekilas hampir Mirip dengan Jenis Ikan nila walaupun pada dasarnya kedua jenis ikan tersebut berbeda. Perbedaan Ikan Mujaer dan ikan nila terhilat baik secara klasifikasi maupun morfologi kedua jenis ikan tersebut.
makanan ikan mujair
makanan ikan mujair

Untuk Pakan Ikan Mujaer harus di bedakan antara mujaer untuk peliharaan ataupun makanan untuk budidaya ikan mujaer. Peranan pakan dalam budidaya ikan mujair mengambil peranan hampir 30 persen dari modal usaha perikanan.

Jenis Makanan Ikan Mujair

ada beberapa jenis makanan ikan mujaer yang bisa di gunakan dalam perawatan dan pemeliharaan ikan mujaer, jenis pakan tersebut antara lain ;
- Pakan Buatan ikan Mujair
- Pakan Alami Ikan Mujair

Dimana Kedua Jenis pakan tersebut mempunyai keuntungan dan kerugian masing masing.

Pakan Mujaer Buatan

Jenis Pakan Buatan ikan mujair dimana Pakan buatan adalah pakan yang dibuat oleh manusia untuk ikan/biota air peliharaan yang berasal dari berbagai macam bahan baku yang mempunyai kandungan gizi yang baik sesuai dengan kebutuhan ikan mujair dan dalam pembuatannya sangat memperhatikan sifat dan ukuran ikan. 

Pakan buatan dibuat oleh manusia untuk mengantisipasi kekurangan pakan yang berasal dari alam yang kontinuitas produksinya tidak dapat dipastikan. Dengan membuat pakan buatan diharapkan jumlah pakan yang dibutuhkan oleh ikan akan terpenuhi setiap saat.

Kriteria Pakan buatan Ikan Mujair

Pakan buatan yang berkualitas baik harus memenuhi kriteria-kriteria seperti:  
  • Kandungan gizi pakan terutama protein harus sesuai dengan kebutuhan ikan/biota air.
  • Diameter pakan harus lebih kecil dari ukuran bukaan mulut ikan/biota air.
  • Pakan mudah dicerna.
  • Kandungan nutrisi pakan mudah diserap tubuh.
  • Memiliki rasa yang disukai ikan.
  • Kandungan abunya rendah.
  • Tingkat efektivitasnya tinggi.

Pakan Mujair alami

Jenis pakan ini berbeda dengan jenis ikan buatan mujair dimana keuntungan dari pakan alami ini diantara nya ;
  • Mudah di dapat
  • hargaya murah
Dari keuntungan tersebuit kerugiannya adalah dalam pemberian pakan tidak praktis dan repot,

Jenis Pakan alami ikan Mujair

Jenis pakan alami untuk mujair cukup banyak , sehingga sebagai pembudidaya atau pemelihara ikan mujair tidak perlu bingung dalam memberikan pakan untuk ikan mujair.

Cacing Sutra

Jenis cacing yang hidup di selokan, got atau sungai sungai kecil ini merupakan jenis pakan alami ikan mujaer Keberadaan cacing sutra pun bisa menambah nutrisi protein untuk mujaer,

Harga cacing sutra cukuplah murah, dimana setiap liter cacing sutra mempunyai harga sekitar 15 ribu rupiah

Lumut 

Siapa sangka kalau sebenenarnya lumut menjadi pakan utama bagi ikan mujair anda karena lumut selain di jadikan sebagai pakan dalam budidaya ikan mujair juga sering di gunakan oleh para pemancing mania dalam mencari ikan mujair.

Biasanya Penggunaan Lumut Untuk pakan Ikan Mujair bagi pembudidaya ikan di lakukan untuk jenis ikan mujair yang masih kecil, Dan Cara Mendapatkan Lumut tidak lah susah hanya cukup menjadikan sebuah kolam bisa berlumut dengan meningkatkan kandungan kesuburan dalam media air, Bisa dengan cara menambahkan pupuk kedalam air. Dengan Sendiri maka lumut akan tumbuh di kolam kolam pemeliharaan mujair.

Kangkung

Kangkung Merupakan Jenis Makanan Hijau yang bisa di berikanan pada ikan Mujair dan jenis ikan lainnya seperti ikan gurame dan ikan nila. penggunaan  Kangkung merupakan salah satu makanan ikan mujair biar cepat besar karena mengandung banyak gizi. 

Dedak atau katul

Dedak atau katul memiliki zat karbohidrat dan struktur halus sehingga sangat baik juga apabila penggunaan dedak untuk makanan ikan mujair, Sehingga Pertumbuhan dan perkembangan ikan mujair menjadi cepat besar.

Daun Talas 

Penggunaan Daun Talas juga merupakan makanan alami dan alternatif untuk ikan mujair. Ikan mujair dialam liar lebih memilih untuk memakan dedaunan dari pada memakan hewan yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya.

Artemia

Penggunaan Artemia juga merupakan makanan ikan mujair yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Jenis makanan ikan mujair satu ini diperuntukan untuk bibit ikan mujair karena ukurannya yang super kecil dan mengandung banyak protein.

Cacaing Tanah

Jenis cacing tanah Selain untuk umpan memancing, cacing juga sangat baik untuk makanan ikan mujair agar cepat tumbuh besar. Ini karean cacing banyak mengandung lemak dan protein yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan mujair.

Nasi – Untuk anda yang biasanya menyisakan nasi pada saat makan, jangan buang nasi itu secara sia-sia. Berikan saja nasi untuk makanan ikan mujair. Ini karena nasi banyak mengandung karbohidrat yang tinggi.


Itulah jenis-jenis makanan untuk ikan mujair biar cepat besar. Bagaimana, anda sudah tidak bingungkan dalam mencari pakan untuk ikan mujai peliharaan anda. Ada banyak jenis makanan ikan mujair disekitar kita yang bisa kita berikan untuk ikan mujair. 

Tatapi saran kami jika anda ingin mebudidayakan ikan mujair bersekala besar, maka pilih pelet untuk makanan utama ikan mujair. Ini karena pelet sudah sangat terbukti ampuh untuk budidaya ikan mujair. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari makanan ikan mujair biar cepat besar. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close