Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Senangin

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI IKAN SENANGIN- Mempelajari akan Klasifikasi dan morfologi ikan Senangin Dimana Ikan Ini hampir sama dengan jenis ikan lemuru dengan sisik yang mengkilat seperti hanya dengan ikan bandeng ataupun ikan belanak.

Ikan Senangin

Ikan senangin (Polynemus tetradactylus ) dimana ikan Senangin ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: bentuk mulut non proctractile, ukuran mulut lebar, posisi mulut didepan bola mata, ukuran bibir tipis dan tidak memiliki sungut. 

Ikan senangin (Polynemus tetradactylus )
Ikan senangin (Polynemus tetradactylus )
Bentuk tubuh dari ikan senangin adalah dengan badan yang panjang dan sedikit gepeng. Tubuh ditutupi oleh sisik yang besar-besar. Sedangkan tutup insang, moncong dan bagian sirip ditutupi oleh sisik yang halus.

klasifikasi ikan senangin

Menurut Kriswantoro dan Sunyoto (1986), nama lain Ikan Senangin di Inggris adalah Giant threadfin (tasselfish), klasifikasi ikan senangin adalah sebagai berikut :

phylum:  chordata
Clas    : Pisces
 Ordo : Percesoces
 Family : Polynemidae
Genus  : Polynemus
Species :Polynemus tetradactylum

morfologi ikan senangin

Pengenalan struktur ikan senangin tidak lepas dari morfologi ikan yaitu bentuk luar ikan yang merupakan ciri-ciri yang mudah dilihat dan diingat dalam mempelajari jenis-jenis ikan. Morfologi ikan sangat berhubungan dengan habitat ikan tersebut di perairan. 

Bentuk luar ikan seringkali mengalami perubahan dari sejak larva sampai dewasa, misalnya dari bentuk bilateral simetris pada saat masih larva berubah menjadi asimetris pada saat dewasa. 

Bentuk tubuh ikan merupakan suatu adaptasi terhadap lingkungan hidupnya atau merupakan pola tingkah laku yang khusus (Rajabnadia, 2009).

Ikan Senangin (Eleutheronema tetradactylum) adalah sejenis ikan laut yang tergolong ke dalam suku Polynemidae. Ikan yang bernilai komersial penting ini menyebar terutama di perairan paparan benua Asia, mulai dari Teluk Persia ke timur hingga Australia dan Jepang selatan. Dalam bahasa Inggris senangin dikenal dengan nama Fourfinger threadfin, Giant threadfin, atau Indian Salmon.

Habitat Ikan senangin

Senangin ditemukan tersebar luas mulai dari Teluk Persia di sebelah barat, ke timur menyusuri pesisir Samudera Hindia hingga ke wilayah perairan Paparan Sunda, Teluk Siam, perairan Taiwan dan Tiongkok, melintasi Nusantara dan Filipina, hingga ke Paparan Sahul dan pantai-pantai di Australia. Ke sebelah utara kemungkinan hingga Jepang bagian selatan.

Sebagaimana umumnya kuro, senangin umumnya ditemukan di perairan pantai dekat muara sungai. Kadang-kadang masuk pula ke bagian yang berair payau, dan bahkan hingga ke air tawar. Di perairan dengan dasar berpasir atau berlumpur.

Di perairan Papua, senangin memasuki usia dewasa pada saat panjangnya kira-kira mencapai 22 cm SL. Ikan-ikan ini berpijah di sekitar bulan Agustus di laut-laut di selatan Papua.

Ikan Senangin Dewasa

Senangin dewasa terutama memangsa udang dan ikan-ikan yang lebih kecil, serta kadang-kadang juga cacing laut; sementara anak-anaknya memangsa udang dan krustasea kecil umumny

Senangin Kuning

Eleutheronema tridactylum (senangin kuning) bertubuh serupa dan acap tertangkap bersama senangin. Perbedaannya, jenis terakhir ini memiliki sirip dada berjumbai-3, dengan sirip-sirip bertepi hitam yang sering tersaput warna keemasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close