Jenis Karang Berdasarkan Habitat Dan Lokasi

JENIS KARANG BERDASARKAN HABITAT DAN LOKASI - Seperti kita ketahui bahwa karang tidak hanya berada dalam dasar laut tetapi juga ada jenis karang yang bisa kita temukan di atas perairan semisal pantai, ,muara atau bibir pantai. JenisKarang juga digolongkan berdasarkan letak habitatnya. 

Jenis Terumbu Karang

Berikut ini adalah jenis karang berdasarkan letak habitatnya.

1. Jenis karang Terumbu karang tepi

Terumbu karang tepi atau dikenal dengan nama karang penerus (fringing reefs) adalah jenis terumbu karang yang memiliki stuktur paling sederhana yang ditemukan. Terumbu ini paling mudah ditemukan di pinggir pantai di daerah tropis. 
karang tepi

Jenis karang seperti Terumbu karang tepi pada umumnya berkembang di banyak pesisir pantai pulau-pulau yang besar. Banyak terumbu karang yang masih lestari seperti di pulau sulawesi, irian dan kalimantan.

Perkembangan akan jenis terumbu karang tepi ini dapat mencapai kedalaman hingga 40 meter di bawah permukaan laut. Dan Pertumbuhan ini akan terus berkembang apabila kondisi laut tidak di rusak oleh aktifitas manusia seperti aktifitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

Pertumbuhan terumbu berarah ke atas serta ke arah luar menuju samudra. Dan Pertumbuhan Karang tepi ini bisa menjadi manfaat bagi kelestarian alam dan ekosistem laut.

Pada tahap perkembangannya, terumbu karang  ini memiliki bentuk melingkar yang ditandai dengan bentukan seperti ban. Terdapat bagian endapan karang yang mati pula. Dan Walaupun karang tepi seperti mati tetapi manfaat terumbu karang ini bisa terus kita rasakan.

Terumbu ini biasa ditemukan di pantai yang curam dengan pertumbuhan terumbu secara vertikal. Jika ingin melihat terumbu karang tepi dapat mengunjung Bunaken di Sulawesi, Pulau Panaitan di Banten, dan Nusa Dua di Bali.

2. Jenis karang Terumbu karang penghalang

Terumbu karang penghalang memiliki bentuk  menyerupai terumbu karang tepi. Ciri khas terumbu karang ini memiliki jenis organisme yang mampu hidup jauh dari bibir pantai. Terumbu karang jenis ini terletak jauh sekitar 0.5­2 km di laut lepas. 
karang penghalang
karang penghalang

Terumbu karang jenis penghalang ini tumbuh dibatasi dengan perairan yang memiliki kedalaman hingga 75 meter. Bentuknya diketahui seperti lagoon (kolom air) atau celah perairan yang sangat lebar. Dan Bentuk inilah yang menjadikan air didalam kolam kolam akan terlindungi adanya karang penghalang.

Lebarnya dapat mencapai hingga puluhan kilometer. Pada umumnya karang penghalang ini dapat ditemukan di sekitar pulau – pulau yang sangat besar. Jika ingin melihat indahnya terumbu ini bisa datang ke Batuan Tengah di Bintan, Spermonde di Sulawesi Selatan, Kepulauan Banggal di Sulawesi Tengah.

3. Jenis karang Terumbu karang cincin

Terumbu karang cincin adalah  terumbu karang yang memiliki bentuk dan ciri khas seperti cincin. Melingkar dan melindungi pulau baik dari abrasi maupun dari serangan gelombang laut.
Terumbu karang cincin
Terumbu karang cincin

Ukuran karangnya sangat besar seperti sebuah pulau. Kita dapat menemukan terumbu ini di daerah tropis. Terumbu ini ditemukan berbentuk menyerupai cincin yang mengelilingi pulau – pulau vulkanik yang tenggelam. 

Jenis karang Terumbu karang cincin berada di Samudra Atlantik. Pulau – pulau yang tenggelam itu tidak tampak batasan dengan daratan. Terumbu cincin cukup menakjubkan karena bentuk dan ukurannya.

Demikian Jenis terumbu karang berdasarkan habitatnya Semoga Informasi ini Bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close