JENIS IKAN LOUHAN YANG POPULER DIPASARAN

Ikan Louhan merupakan jenis ikan hias air tawar yang begitu di gandrungi oleh para penikmat dan penghobby ikan hias. Jenis Louhan berbeda beda bentuknya dan setiap keunikan itulan yang menjadikan harga louhan semakin disukai oleh para pecintanya.

Dipasaran ikan louhan cenderung masih stabil di bandingkan dengan harga jenis ikan hias yang lainnya. Kestabilan ini di karenakan penghobby louhan tidak terlalu banyak hanya kalangan menengah ke atas sebagaimana penghobby ikan arwana.

Kepopuleran ikan louhan juga mengalami tren naik, penyebabnya adalah banyak para pembenih ikan louhan atau breder menemukan varian dan jenis baru untuk ikan louhan. Sehingga ikan louhan kaya akan jenis dan variannya.

Bagi sebagian masyarakat umum mereka hanya mengenal jenis louhan golden red di pasaran. Walaupun banyak jenis lainnya lebih baik kita mengenal terlebuh dahulu sebelum memelihara atau membeli ikan louhan.

1. Jenis Ikan Louhan Rainbow King

seperti namanya rainbow King maka jenis ini adalah raja di kelasnya, Ikan Louhan ini mempunyai warna yang cerah dan mempunyai harga yang tinggi pula.
rainbow King
rainbow King

Kelebihan Ikan Louhan Rainbow King

  • Memiliki 5 Perpaduan warna yang cerah dan indah
  • memiliki garis horizontal dari kepala ke ekor ikan
  • harga anakan bisa mencapai satu juta rupiah
  • Termasuk dalam jenis louhan kontes


Keindahan ikan rainbow King menjadi populer juga di karenakan jenis ikan louhan ini termasuk susah untuk di dapatkan.

2. Jenis Ikan Louhan Kemalau

kelangkaan Louhan Kemalau lebih parah dari kondisi rainbow King, kemalau bagai sebain penghobby ikan louhan tidak terkenal. tetapi Untuk yang mencintai jenis ikan louhan langka dan unik maka louhan kemalau menjadi prioritas bagi kolektor.
Louhan Kemalau
Louhan Kemalau

Kelebihan Ikan Louhan Kemalau

  • Mempunyai warna yang sedikit
  • mutiara yang konsisten dari ekor ke kepala
  • warna putih mendominasi pada ekor
  • warna merah dimulai dari badan ke kepala
  • harga ikan louha kemalau terbilang murah untuk anakan bisa mencapai 500 ribu

Karena susah untuk di dapatkan maka jenis ikan louhan kemalau tidak banyak di miliki oleh masyarakat.

3. Jenis Ikan Louhan super red texas

Louhan super red texas merupakan jenis Louhan hasi persilangan antara jenis red golden dan jenis louhan texas. warna yang mencolok pada super red menjadikan ikan louhan pesilangan ini idola di bandingan dengan induknya louhan texas.
Louhan super red texas
Louhan super red texas

Kelebihan Super red Texas

  • warna Merah yang merona menjadi kesan ikan ini berani dan menantang
  • lebih Besar dari jenis ikan louhan lainnya
  • Jenong Ikan Louhan Tidak terlalu besar hampir rata dengan kepala dan punggung ikan
  • keagresifan ikan ini menjadi ikan yang pas dengan warna nya yang lebih ke ikan petarung

Ikan Jenis red Texas super ini di jual dengan harga anakan 700 ribu rupiah, untuk ukuran dewasa jenis ikan louhan ini bisa mencapai harga 5 juta rupiah.

4.Jenis Ikan Louhan Kamfa

Sekitar tahun 2000-2001, jenis ikan Louhan Kamfa muncul. Dan merupakan hibrid dari jenis flowerhorn disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan parrot cichlid /perrot. Kamfa merupakan salah satu jenis ikan louhan pertama kali di kenal di masyarakat. Kepopuleran ikan louhan di mulai dengan munculnya jenis ikan louhan kamfa di pasaran.

Perkawinan silang ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, wrap tail, mata cekung, dan jenong semakin besar. Melihat hal tersebut, breeder ikan louhan jenis cencu mulai lagi melakukan linebreed dan mempercepatnya agar ikan cencu yang dihasilkan lebih berwarna agar dapat bersaing dengan ikan louhan kamfa

Kelebihan Ikan Louhan Kamfa

  • Ikan Louhan kamfa ini dikenal lebih agresif /galak dibanding dengan jenis louhan lainnya. Kamfa juga menyukai air lama /air yang sudah diendapkan/di diamkan minimal 24 jam. 
  • Dengan PH idealnya 7.5 dan suhu hangat 26-28 derajat.
  • Tidak ada marking di kepala (tidak mutlak )
  • Bibirnya lebih "kecil" bila di banding jenis louhan cencu, tertutup, mulut atas dan bawah rata
  • Untuk Louhan kamfa idealnya badan berbentuk kotak
  • Memiliki sirip dan ekor kaku atau keras;
Bentuk ekor seperti kipas ; merapat dengan sirip ; sejak kecil louhan kamfa sudah menunjukkan siripnya yang kaku, lebar dan selalu berdiri kalau sedang beraktifitas.
Pada bagian ekor, ekor kamfa mengembang berbentuk kipas dan sirip bawah lebar merapat ke ekor, semakin besar akan semakin rapat, dinamakan wrap tail (sirip menutup).

5. Jenis Louhan King Kamfa

Louhan King Kamfa atau KKF merupakan pengembangan dari Louhan Kamfa dari breeder Thailand. Nama king merujuk pada kualitas ikan yang super. Pada Louhan king kamfa jenong / kok nya jauh lebih besar dan mutiaranya lebih banyak. Banyak seller ikan louhan yang "nakal" melabeli ikannya dengan nama kingkamfa untuk menambah daya jual.
louhan king Kamfa
louhan king Kamfa
Jenis louhan king Kamfa lebih susah dikembangbiakan karena ikan jantan dari Louhan Kamfa lebih lama untuk mencapai kematangan seksual yaitu sekitar 1,5-2 tahun dan diketahui beberapa memiliki masalah kesuburan terutama untuk jantannya. 

Walaupun belum dapat di pastikan namun dari banyak kasus Louhan king Kamfa jantan dengan mata merah atau kuning memiliki kemungkinan lebih besar untuk fertile atau subur dibandingkan dengan mata putih. 

Selain hal tersebut ikan louhan kamfa jantan juga dikenal memiliki perangai galak terhadap betinanya oleh karena itu membutuhkan upaya ekstra untuk membudidayakan louha Kamfa.
Louhan Golden Red
 

Louhan Golden Red
Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, jenis Golden Red ini hampir sama dengan Louhan Golden Base, hanya saja warna merahnya sangat dominan terhadap warna emas di bawahnya.

Selain itu, warna merah keemasan juga tidak langsung terlihat saat Golden Red masih kecil.

Saat anakan, sisik Golden Red akan berwarna seperti Louhan pada umumnya. Kemudian pada proses selanjutnya, sisik akan menghitam disebabkan penambahan hormon pada permukaan kulit Louhan Golden Red.

Baru pada saat menginjak usia dewasa, warna emas perlahan-lahan akan muncul dengan diiringi warna merah yang dominan.

Memang dibutuhkan waktu lama untuk bisa melihat warna Golden Red secara sempurna. Tapi jika sudah jadi, waktu menunggu yang Anda berikan akan sepadan.

Louhan Golden Red sendiri termasuk jenis yang mahal harganya di pasaran. Harga tersebut berlaku bagi Golden Red yang sudah menunjukkan warna merah keemasannya.

Louhan Stroam
Louhan jenis ini merupakan Louhan hasil persilangan dari Thailand. Tak heran jika Louhan Strom kurang akrab di telinga masyarakat Indonesia.

Meskipun demikian, Louhan Strom juga merupakan Louhan yang paling banyak dicari di pasaran karena keindahan yang dimilikinya.

Dari bentuk fisik, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Louhan Strom dengan jenis Louhan lainnya. Yang membedakan adalah warna yang dimilikinya.

Umumnya, Louhan Strom akan memiliki 3 warna dasar yaitu merah, silver, dan biru. Kombinasi yang sangat indah untuk Louhan.

Warna merah akan menutup bagian kepala dan jenong. Dilanjutkan dengan warna silver mengkilat, dan warna biru cerah pada bagian ekor.

Louhan jenis ini juga mempunyai bercak hitam pada perut bagian tengahnya yang bisa menambah nilai estetika.

Jika Anda ingin membawa pulang Louhan Strom, maka Anda harus menyiapkan bujet yang lumayan banyak.

Louhan Super Red Synspillum
Jenis ini juga merupakan hasil budaya para peternak Louhan Thailand. Louhan Super Red Synspillum juga sering disebut sebagai Louhan Kamfa versi Thailand karena memang bentuk fisik yang sangat identik dengan jenis tersebut.

Ciri-ciri utama Louhan Super Red Synspillum adalah warna merah cerah menyala yang menutupi sekujur tubuhnya.

Tidak ada bintik atau gradasi warna lain yang ada di tubuhnya. Louhan ini juga bisa dilihat dari besarnya yang bisa mencapai 35 cm. Ukuran yang besar untuk seekor Louhan.

Meskipun begitu, tak jarang ditemukan Super Red Synspillum yang memiliki lebih dari satu warna dengan bintik atau cak di tubuhnya.

Kembali lagi, semua adalah hasil budidaya dan persilangan dengan kemungkinan munculnya jenis baru yang lebih beragam.

Kemungkinan harga akan turun jika populasi Super Red meningkat di tanah air.

Itulah beberapa daftar jenis ikan Louhan yang paling banyak dicari di pasaran saat ini.

Jika Anda memang ingin berburu Louhan, pastikan Anda mengetahui jenisnya berdasarkan ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas. Jangan sampai salah jenis karena harga yang ditawarkan juga akan jauh berbeda.

Ikan Louhan Golden Base

Yang selanjutnya adalah Louhan Golden Base. Dan tepat seperti namanya, ikan ini memiliki sebuah warna dasar emas dengan gradasi warna merah di atasnya.

Jadi warna emas di bagian bawah akan ditumpuk dengan warna merah samar yang akhirnya ikut berkilau.
 
Ada jenis Louhan lain yang hampir mirip dengan Golden Base yaitu jenis Golden Red yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. keduanya memang memiliki warna dasar emas dengan aksen merah.

Hanya saja, Golden Base memiliki warna emas yang lebih dominan daripada warna merahnya. Warna tersebut juga sudah nampak semenjak Golden Base masih kecil.

Louhan SRD
SRD merupakan singkatan dari Super Red Dragon. Jika Anda pecinta Louhan dengan jenong besar, maka Louhan SRD bisa menjadi pilihan Anda.

SRD terkenal karena memiliki jenong terbesar di antara jenis-jenis Louhan lainnya.

Memang tidak main-main, jenong milik SRD bahkan bisa melebihi besar kepalanya sendiri.

Mungkin inilah yang membuat SRD sangat terkenal di berbagai negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, hingga Kamboja.

Warna fisik SRD didominasi oleh warna kuning dan merah secara selang-seling. Merah pada bagian ekor, lalu kuning pada bagian tubuh, kemudian merah lagi pada bagian kepala.

Louhan Bonsai
Kira-kira apa yang pertama kali datang ke dalam benak Anda ketika mendengar kata bonsai? Bentuk yang kecil dan tidak bisa besar.

Kurang lebih itulah kata yang tepat untuk jenis Louhan yang satu ini.

Louhan bonsai memiliki tubuh yang kecil, kira-kira hanya setengah dari besar Louhan pada umumnya.
Tapi jangan salah, justru karena keunikan ini Louhan bonsai jadi banyak diburu oleh para pencinta Louhan.

Louhan bonsai sendiri masih terbagi lagi ke dalam beberapa jenis seperti Louhan bonsai Blue Super Dragon, bonsai SRD, dan Bonsai Cencu.

Louhan Cencu
Jenis Louhan cencu mungkin adalah jenis Louhan yang paling sering Anda lihat di Indonesia.

Louhan cencu atau Louhan mutiara memiliki warna dasar merah agak oranye dengan bintik-bintik putih seperti mutiara di sekujur tubuhnya.

Pada bagian perut tengah hingga ke ekor, warnanya cenderung kuning cerah. Sedang pada bagian tega tubuhnya ada bercak hitam semacam tulisan yang kadang memiliki pola teratur dan kadang tidak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close