GILLNET LINGKAR SOLUSI PENGGANTI PURSE SEINE WARING

Alat tangkap Jaring GillNet lingkar Brebes - Ikan pelagis kecil dan ikan pantai ini terdiri dari berbagai macam kelompok jenis dan ukuran, seperti kelompok scombrid dari jenis ikan tenggiri, kembung, kelompok ikan sardin (lemuru, tembang), kelompok ikan layang (scads), kelompok ikan serinding (apogonidae), kelompok ikan teri (stelophorus) dan kelompok ikan petek (leiognathidae). 

Disamping itu tertangkap ikan kecil atau ikan muda dalam jumlah yang cukup signifikan. Dengan demikian alat tangkap ikan pelagis kecil ini cukup riskan menjadi tidak selektif, terutama bila ukuran mata jaring semakin kecil tanpa batas musim penangkapan (open/free fishing season).

Dalam lima tahun terakhir telah berkembang Purse Seine waring yang sangat rentan dengan hasil tangkapan ikan kecil. Purse Seine Waring ini bermata jaring 1/4 inchi. Dampak penangkapannya sangat tidak selektif dan merusak sumberdaya ikan. 


GILLNET LINGKAR SOLUSI PENGGANTI PURSE SEINE WARING

gillnet lingkar
gillnet lingkar

Meskipun tujuan utamanya adalah ikan teri yang bersifat sangat musiman, namun karena dioperasikan secara terus menerus tanpa batas, sehingga hasil tangkapannya berbagai jenis ikan kecil atau ikan muda lainnya. 

Konstruksi Purse Seine waring yang mencapai dasar atau mendekati dasar sehingga semua jenis ikan mulai dari lapisan permukaan hingga dasar semua tertangkap bahkan ikan yang tergolong juvenil/larva pun tertangkap. 

Disamping itu pengoperasian Purse Seine waring ini juga berkompetisi daerah penangkapan ikan dengan berbagai alat tangkap lain di sekitarnya sehingga mengundang konflik interaksi teknik dan biologi, ekonomi dan sosial. 

Diantara alat tangkap yang cenderung tersaingi hingga menghentikan kegiatannya adalah kelompok gillnet, termasuk gillnet lingkar yang sasaran tangkapannya ikan serinding (famili apogonidae).

Gillnet lingkar di perairan Utara Jawa khususnya yang dioperasikan nelayan dari daerah Brebes – Cirebon – Tegal ini yang dikenal dengan sebutan jaring “koncong” ini nyaris tidak beroperasi akibat terdesak beroperasinya purse seine waring. 

Selama ini pengoperasian jaring koncong pada perairan dangkal dekat garis pantai ini bersifat musiman sehingga cenderung selektif pada sasaran ikan tertentu. 

Namun keberadaanya kian terdesak dan berhenti oleh berkembangnya purse seine waring yang dikenal sangat produktif namun tidak ramah lingkungan. 

Mengingat dari sisi teknologi gillnet lingkar tergolong selektif dan efektif untuk ikan pelagis kecil sehingga diperlukan upaya melalui kerekayasaan untuk membangkitkan kembali dengan peningkatan efisiensi dan peningkatan efektifitas penangkapannya.

Kegiatan kerekayasaan gillnet lingkar ikan pelagis kecil di perairan Utara Jawa pada tahun 2014 oleh tim perekayasa BBPPI Semarang bertujuan : 

(1) membuat rancangan gillnet lingkar yang laik operasi untuk ikan hasil tangkapan yang lebih selektif serta dioperasikan pada perairan yang lebih dalam, 

(2) menguji hasil rancangan gillnet lingkar dan alat bantu pengoperasiannya, dan 

(3) menganalisa hasil uji dan hasil tangkap untuk mengukur parameter biologi ikan tangkapan dan produktifitas alat tangkap gillnet lingkar pelagis kecil pada perairan yang lebih dalam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close