Istilah-Istilah Panduan Ultimate untuk Ukuran Kapal

Kapal dagang diklasifikasikan secara luas berdasarkan ukuran dan area operasinya. Klasifikasi kapal diputuskan tepat pada tahap perancangan berdasarkan rute operasi dan tujuan kapal. Dimensi kapal memainkan peran penting dalam menentukan bidang operasi dari semua jenis kapal dagang. Berbagai parameter seperti rancangan, balok, panjang keseluruhan, tonase kotor, tonase bobot mati dll dipertimbangkan saat merancang dan membangun kapal dagang.

Misalnya untuk merancang sebuah kapal yang bisa melewati Terusan Suez, dimensi kapal akan diputuskan sedemikian rupa sehingga kapal tersebut dapat dengan lancar transit melalui daerah tersempit dan paling dangkal di kanal, keduanya kondisi bongkar muat Ukuran kapal terutama bervariasi pada beban mereka membawa kapasitansi, sama seperti varians mereka mengubah pada kapasitansi konstruksi dari berbagai pelabuhan dan pelabuhan.

Mengingat faktor-faktor yang disebutkan di atas, kapal-kapal tersebut diklasifikasikan ke dalam kategori berikut berdasarkan ukurannya

Panamax dan New Panamax

Panamax dan New Panamax adalah istilah yang digunakan untuk kapal yang dirancang untuk melakukan perjalanan melalui Terusan Panama. Klasifikasi kapal menunjukkan dimensi minimum yang dibutuhkan oleh kapal untuk bisa lewat dengan lancar melalui Terusan Panama. Ukuran kapal Panamax ditentukan dengan mempertimbangkan dimensi kunci terkecil kanal. Kapal-kapal yang tidak termasuk dalam kriteria dimensi kapal panama dikenal sebagai Kapal Post-Panamax.

Perluasan Terusan Panama dengan membuat kunci baru telah melahirkan kelas baru kapal yang disebut kapal New Panamax. Klasifikasi baru Panamax tentang ukuran kapal menunjukkan jenis kapal kargo yang telah dibangun sesuai dengan kunci baru Terusan Panama.
Kapal ini memiliki muatan yang membawa kapasitansi sekitar 13.000 Unit Setara Dua Puluh kaki (TEUs) dengan panjang hingga 427 meter. Perluasan kanal dengan kunci ukuran lebih besar memungkinkan kapal yang lebih besar melewati kanal dengan sangat mudah. Kapal-kapal yang tidak bisa melewati Terusan Panama dikenal dengan Kapal Post-Panamax.

Aframax

Istilah Aframax biasanya digunakan untuk kapal tanker minyak berukuran sedang dengan berat sekitar 1.20.000 DWT. Ukuran kapal ini mendapatkan gelarnya dari skema Asesmen Rata-rata Penilaian Rata-rata yang dibuat oleh Shell konglomerat pengiriman pada pertengahan tahun 1950an. Terutama kapal tanker minyak, kapal Aframax dapat diisi dengan lebih dari 7, 00.000 tong minyak mentah. Kapal tanker Aframax ply di daerah yang memiliki fasilitas pelabuhan terbatas atau kekurangan pelabuhan besar untuk menampung kapal pengangkut minyak raksasa. Balok kapal dibatasi sampai 32,3 meter atau 106 kaki.

Chinamax

Kapal Chinamax adalah salah satu kapal pengangkut curah terbesar di dunia dan sering diklasifikasikan di bawah Very Large Ore Carriers (VLOC). Tidak seperti kapal kargo kargo lainnya yang diukur dari segi ukurannya, kapal kargo Chinamax diukur tidak hanya dalam hal ukurannya tetapi juga dalam hal panjangnya. Kapal-kapal ini awalnya dibangun khusus untuk melayani antara fasilitas pelabuhan China dan negara Amerika Selatan Brasil, meskipun saat ini pengembangan fasilitas pelabuhan yang sesuai telah memastikan penerapannya di luar kedua wilayah ini. Juga terkenal sebagai kapal Valemax, kapal Chinamax memiliki Berat Mati Berat (DWT) hingga 4.000.000 ton dan berukuran sekitar 360 meter memanjang dengan luas sekitar 65 meter dan draft sekitar 25 meter.

Handymax

Kapal handymax, yang sering diklasifikasikan sebagai kapal induk Handymax bulk, adalah kapal kargo berukuran kecil dengan daya dukung muatan hingga 60.000 ton. Salah satu kapal armada kapal dagang yang paling umum digunakan, kapal Handymax biasanya berukuran 150-200 m. Kapal-kapal ini bisa mudah masuk melalui sebagian besar fasilitas pelabuhan dan pelabuhan, seperti rekan-rekan mereka - kapal kargo super Supermax , dengan kapasitas DWT yang sedikit lebih banyak. Terkadang, klasifikasi ukuran kapal tertentu juga menggabungkan kapal kargo Handysize di bawah kategorisasi Handymax.

Capesize

Istilah Capesize digunakan untuk menandakan kapal-kapal yang tidak dapat melewati kanal-kanal Panama dan Suez dan dengan demikian umumnya melintasi Capes of Good Hope and Horn. Nama mereka berasal dari rute yang awalnya diambil oleh kapal kargo, melewati Tanjung Harapan dan Tanjung Tanduk, sehingga bisa menyelesaikan pelayaran pengiriman yang diperlukan. Kapal capesize biasanya memiliki kapasitas tonase 150.000 DWT dan membentuk sebagian besar kapal pengangkut curah. Mereka biasanya berukuran sedang - kapal berukuran besar, yang juga termasuk Very Large Bulk Carriers (VLBC) dan Very Large Ore Carriers (VLOR) dengan lebih dari 200.000 DWT. Saat ini, ukuran kapal yang berbeda dengan DWT maksimum sekitar 4, 00.000 ton diklasifikasikan dalam kategori kapal Capesize.

Suezmax

Istilah Suezmax digunakan untuk kapal terbesar yang bisa melewati Terusan Suez. Kapal Suezmax khas memiliki kapasitas 120.000 sampai 200.000 DWT dengan draft 20,1 maksimum dengan balok tidak lebih lebar dari 50,0 m (164,0 kaki) atau 12,2 m (40 kaki) draft untuk kapal dengan balok maksimum yang diizinkan 77,5 m. Kapal Suezmax memiliki panjang sekitar 275 meter yang ditetapkan sesuai dengan persyaratan jalur Terusan Suez.

Q-Max

Qatar Max atau kapal Q-Max karena kapal tersebut disebut bahasa sehari-hari adalah kapal tanker LNG yang diketahui paling umum. Q-max's telah dibangun secara khusus agar sesuai dengan pintu masuk depot Gas Alam Liquefied Ras Laffhan di negara Qatar timur tengah. Kapal kargo ini memiliki kapasitas untuk membawa sekitar 266.000 meter kubik LNG.

Malaccamax

Malaccamax adalah istilah yang digunakan untuk ukuran kapal terbesar yang mampu melewati Selat Malaka. Kapal ini sering dikaitkan dengan Very Large Crude Carriers (VLCCs), meskipun penugasan spesifik untuk ukuran kapal mereka telah diberi catatan. Ukuran kapal ini berukuran sekitar 400 meter memanjang dengan DWT hingga 165.000 DWT. Digunakan untuk kapal pengangkut massal dan kapal tanker super, Malaccamax juga digunakan untuk kapal Maersk Triple E Class Container yang baru.

VLCCs (Sangat Besar Crude Carriers)

Supertanker yang memiliki DWT maksimum 3, 20.000 ton diklasifikasikan sebagai VLCC. Kapal jenis ini terutama beroperasi di perairan Mediterania, di samping lautan Afrika Barat dan perairan Atlantik Utara (Laut Utara).

ULCC (Ultra Large Crude Carriers)

Supertanker kargo yang memiliki DWT berkisar 320.000 sampai 550.000 diklasifikasikan sebagai ULCC. Kapal-kapal kargo ini merupakan kapal tanker pengangkut terbesar dengan area operasi pilihan yang menjangkau pelabuhan Eropa dan Amerika Utara dan pelabuhan Asia tertentu dan fasilitas pelabuhan.

Seawaymax

Saint Lawrence Seaway membentuk jalur laut yang penting antara rute air yang menghubungkan Amerika Serikat dan Kanada. Kapal Seawaymax dengan demikian kapal tersebut dapat dengan mudah melewati jalur air yang penting ini. Jenis kapal tersebut memiliki panjang sekitar 226 meter dengan lebar sekitar 24 meter dan draft hingga delapan meter.

Seluruh industri perkapalan bergantung pada kelancaran klasifikasi kapal dagang ini. Kelangsungan operasional kapal dan rezeki telah membantu dalam memelihara domain pengiriman kargo global, sekaligus menjaga integritas pemasangan komersial secara menyeluruh dan menyeluruh melintasi batas-batas.

Belum ada Komentar untuk "Istilah-Istilah Panduan Ultimate untuk Ukuran Kapal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close