7 Perbedaan Antara Kapal dan Perahu

7 Perbedaan Antara Kapal dan Perahu - Meski semua orang tahu perbedaan antara kapal dan Perahu, Tapi masih ada beberapa orang yang sering bingung antara kedua istilah tersebut. Secara teknis, ada garis tipis di antara mereka dan ini sering menyebabkan kebingungan besar. Sementara berbicara tentang perbedaan antara kapal dan perahu, hal pertama yang terlintas dalam benak seseorang adalah ukurannya. Secara tradisional orang menganggap kapal sebagai kapal lautan besar, sedangkan perahu berukuran relatif lebih kecil. Untuk memahami perbedaan antara kapal dan perahu, sejumlah aspek perlu dipertimbangkan. Disebutkan di bawah ini adalah 7 aspek utama yang diperhitungkan untuk membedakan antara kapal dan Perahu.


1. Ukuran

Aspek terpenting yang dipertimbangkan saat menyatakan perbedaan antara kapal dan Perahu adalah ukurannya. Dikatakan bahwa cara terbaik untuk membedakan antara kapal dan kapal adalah dengan mengingat bahwa

"Sebuah kapal bisa membawa perahu, tapi sebuah perahu tidak dapat membawa Sebuah kapal."

Secara teknis, moda transportasi air yang beratnya paling sedikit 500 ton atau lebih dikategorikan sebagai kapal. Sebagai perbandingan, kapal ditetapkan cukup kompak dalam ukuran struktural dan perpindahannya.

2. Wilayah Operasional

Perbedaan utama antara kapal dan perahu  adalah wilayah operasi mereka.
Kapal dioperasikan di daerah samudra dan laut lepas. Mereka biasanya termasuk kapal pesiar , kapal angkatan laut, kapal tanker , kapal kontainer , kapal RoRo , dan kapal lepas pantai . Mereka terutama dibangun untuk transportasi kargo / penumpang di seluruh samudra.
Perahu kontras, dapat dioperasikan di daerah perairan yang lebih kecil / terbatas dan termasuk kapal pengangkut dan penarik, kapal layar, kapal dayung, kayak , kano , kapal patroli dll. Perahu terutama digunakan untuk tujuan yang lebih kecil dan terutama di daerah dekat pantai.

3 . Navigasi dan Teknologi
Secara teknologi, Perahu menggunakan teknologi sederhana dengan peralatan, sistem, dan persyaratan perawatan operasional yang kurang rumit. Sedangkan kapal diwajibkan beroperasi lebih lama dengan durasi waktu dan perjalanan melintasi samudra, kapal tersebut menggunakan mesin teknik, mesin berat, dan sistem navigasi yang canggih.

4. Kru
Inilah salah satu perbedaan utama antara kapal dan Perahu. Kapal berukuran besar dan oleh karena itu dioperasikan oleh navigator dan insinyur yang terlatih secara profesional. Sebuah kapal membutuhkan kapten untuk mengoperasikan kapal dan membimbing awak kapal. Di sisi lain, ukuran awak kapal tergantung pada ukuran kapal. Bisa jadi satu orang atau kru penuh tergantung ukuran dan tujuan kapal.

5. Kapasitas Kargo
Perahu berukuran kecil sampai menengah, yang memiliki daya dukung kargo yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kapal. Kapal khusus dibuat untuk membawa muatan atau penumpang, sedangkan perahu adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai kerajinan air. Terutama Perahu digunakan untuk keperluan rekreasi, memancing, atau mengangkut orang.

6. Konstruksi dan Desain
Ketika menyangkut konstruksi dan desain, kapal adalah struktur rumit yang memiliki berbagai sistem mesin dan aspek desain untuk keselamatan dan stabilitas kapal. Sedangkan Perahu sangat sederhana dalam konstruksinya, dan memiliki desain dan kompleksitas mesin yang lebih rendah.

7. Propulsion
Perahu dapat didukung oleh layar, motor, atau tenaga manusia, sedangkan sebuah kapal telah mendedikasikan mesin untuk mendorong mereka . (Kapal juga bisa digerakkan oleh layar atau teknologi propulsi canggih lainnya) Meskipun semua kapal yang beroperasi di laut lepas disebut kapal, kapal selam secara kategoris disebut sebagai 'kapal'. Hal ini terutama karena fakta bahwa pada abad-abad sebelumnya, kapal selam dapat dikibarkan di kapal sampai mereka diminta untuk digunakan dalam operasi angkatan laut. Namun, saat berbicara tentang perbedaan antara kapal dan perahu, kapal yang mengambang di permukaan air terutama dipertimbangkan.

source: searfer, singsailor

Belum ada Komentar untuk "7 Perbedaan Antara Kapal dan Perahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close