Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut

Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut - Untuk melakukan Operasi Penangkapan Ikan terkadang kita harus menggunakan alat bantu penangkapan. Alat Bantu tersebut selain bertujuan untuk meringankan pekerjaan juga berfungsi untuk meningkatkan hasil tangkapan.

Untuk meningkatan hasil tangkapan di usahakan agar target tangkapan bisa berkumpul dan bisa tertangkap. Alat bantu untuk mengumpulkan ikan diantaranya alat bantu cahaya, alat bantu rumpon dan alat bantu pemanggil ikan.

Trik Mengumpulkan Ikan biasanya di lakukan pada pola pengoperasian penangkapan ikan menggunakan alat tangkap Purse seine. Karena dalam pengoperasian  nya purse seine adalah dengan melingkari gerombolan ikan dan menaikan ke atas kapal.

 Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut

Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut
PENGUMPUL IKAN
Dalam Perkembangannnya Alat bantu pengumpul ikan terus mengalami beberapa perubahan dan inovasi dimana tujuannya untuk terus mendapatkan hasil yang banyak dari penggunaan alat bantu tersebut.

Alat bantu Pengumpul ikan yang sering kita temui di kapal kapal perikanan diantara nya :

Mengumpulkan Ikan dengan Cahaya

Alat bantu Cahaya di nilai sangat efektif untuk bisa mengumpulkan ikan dalam satu kondisi perairan. Pada perkembangannya alat bantu ini semakin besar dan semakin tak terkendali dalam penggunaannya.

Dahulu sebelum penggunaan lampu lampu modern , nelayan masih menggunakan cahaya dari obor atau api dan saat ini perkembangan lampu telah mengalami peningkatan dari mulai lampu pijar, lampu neon, lampu galaxi dan lampu LED,

Penggunaan Cahaya sebagai alat pengumpul ikan bisa di gunakan di atas air dan di bawah air. 

Contoh alat tangkap yang menggunakan Cahaya sebagai alat pengumpul gerombolan ikan antara lain Purse seine , Bagan dan pancing cumi. 

Mengumpulkan Ikan dengan Rumpon

Rumpon perairan pada sangat berguna  bagi masyarakat nelayan maupun bagi kelestarian ekosistem perairan. Hal ini disebab lantaran teknologi rumpon laut dalam atau rumpon perairan ini memudahkan nelayan atau para penangkap ikan lainnya buat dapat mengambil ikan yg berada pada kedalaman diatas 200 meter. 

Selain itu menggunakan adanya rumpon, kapal penangkap bisa berhemat saat & bahan bakar, karena nir perlu lagi mencari dan mengejar gerombolan  ikan dari dan menuju ke lokasi penangkapan.

Jenis-jenis Rumpon


Terdapat tiga jenis rumpon, yaitu:

- Rumpon Perairan Dasar adalah alat bantu penangkapan ikan yg dipasang dan ditempatkan dalam dasar perairan laut. Rumpon terkenal sangat efisien dan efektif dalam mengumpulkan Ikan.

- Rumpon Perairan Dangkal adalah indera bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada perairan   laut yg di pasang dalam kedalaman 20-100 meter   untuk mengumpulkan jenis-jenis ikan pelagis kecl misalnya : kembung,  selar,  tembang, japuh, layang dan lain sebagainya.

- Rumpon Perairan Dalam adalah indera bantu penangkapan ikan yang dipasang & ditempatkan pada perairan laut dengan kedalaman diatas 200 meter.

Bahan dan Komponen Rumpon

Setiap rumpon terdiri dari beberapa komponen. Di Indonesia rumpon masih menggunakan bahan alami seperti daun kelapa, tali plastik yang sudah pasti kekuatannya sangat terbatas. Tim Pengkajian Rumpon IPB (1987) mengemukakan bahwa persyaratan generik komponen & konstruksi rumpon merupakan menjadi berikut:

1.Pelampung

 Sebagai alat pengapung yg dibuat dari besi plat yang dibentuk seperti tabung.


- Mempunyai kemampuan mengapung yg cukup baik (bagian yang mengapung diatas air 1/3 bagian)
- Konstruksi relatif kuat
- Tahan terhadap gelombang & air
- Praktis dikenali berdasarkan jeda jauh
- Bahan pembuatnya gampang didapat;

2.Atraktor

Merupakan pemikat yg bertujuan buat memikat ikan disekeliling rumpon yang terbuat dari daun nyiur atau daun kelapa

Mempunyai daya pikat yang baik terhadap ikan

Tahan usang

Mempunyai bentuk misalnya posisi potongan vertikal dengan arah ke bawah

Melindungi ikan-ikan mini 

Terbuat & bahan yg bertenaga, tahan usang dan murah;

3.Tali-temali

Tali temali ini BerGuna menjadi pengikat pelampung & pemberat bahannya terbuat berdasarkan polyethylene kemudian dibubuhi atau di tambah kawat baja yang berfungsi buat mengikat atraktor agar cepat karam dan tidak mengapung.

Terbuat & bahan yang kuat & jarang mengalami Pembusukan

Harganya relatif murah, mempunyai daya apung yg cukup untuk mencegah ukiran terhadap benda-benda lainnya & terhadap arus

Tidak bersimpul (less knot);

4. Pemberat

Merupakan bahan buat menenggelamkan rumpon & rumpon tidak berpindah tempat yg dibentuk dari semen yg dicor.

Bahannya murah, bertenaga & mudah diperoleh

Massa jenisnya besar , permukaannva tidak licin dan bisa mencengkeram.

Mengumpulkan Ikan dengan Suara

Penggunaan Suara untuk mengumpulkan ikan memang belum teruji betul tetapi peran suara yang di timbulkan alat gelombang ultra sonik setidaknya bisa menjadikan ikan mengenali suara tersebut sebagai pemanggilnya. 

Pada dasarnya Alat atau teknik mengumpulkan ikan di laut lebih sering Kita sebut dengan Istilah Alat Bantu penangkapan Ikan Seperti Contohnya

Alat bantu Purse seine

Alat bantu Gill Net

Alat Bantu Long line

Demikian Cara cara mengumpulkan ikan di laut setidaknya artikel yang sedikit ini bisa memberikan manfaat untuk pembacanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close